Tips Mengirim Lamaran Pekerjaan Via Email Yang Baik Dan Benar !

Tips Mengirim Lamaran Pekerjaan Via Email Yang Baik Dan Benar ! – Teknologi memiliki peran besar dalam memudahkan orang-orang mencari kerja. Termasuk ketika akan mengirim lamaran ke lembaga atau perusahaan yang menjadi tujuan. Jika dulu pengiriman dilakukan melalui pos secara manual yang membutuhkan waktu beberapa hari sekarang tanpa membuang waktu lamaran CV langsung masuk ke pihak HRD.

Melalui surat elektronik email setiap perusahaan lebih banyak menjadikannya media yang tepat untuk mendapatkan calon kandidat. Namun Anda sebagai pelamar juga harus paham mengenai etika pengirimannya. Karena tidak sembarang email yang langsung di baca dan di acc. Untuk itu gunakan cara yang tepat agar lamaran Anda bisa diterima dan mendapatkan panggilan interview dengan segera.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

Jangan berpikir bahwa ketika Anda mengirim lamaran CV via email maka akan langsung mendapat respon dari HRD. Karena email yang masuk tidak hanya milik Anda, ada banyak saingan yang juga memperebutkan posisi yang sama. Untuk itu perlu persiapan yang tepat agar surat lamaran Anda menjadi lebih cepat mendapatkan respon. Di sini dibutuhkan etika yang tepat ketika Anda mengirim lamaran yang memiliki kualitas dan nilai yang baik dimata HRD. Berikut yang harus dilakukan :

1. Mengisi subjek email dengan benar

Karena banyaknya email yang masuk, HRD biasanya tidak langsung membaca surat lamaran. Tetapi mendownloadnya sesuai dengan subjek email yang tertulis. Jika Anda ingin menjadi salah satu calon kandidat yang mendapatkan respon cepat maka jangan salah atau melewatkan untuk mengisi subjek email. Biasanya yang di tulis yaitu mengenai posisi lamaran dan nama Anda. Ini bertujuan agar HRD melihat apakah posisi yang anda lamar sedang di butuhkan atau tidak. Jangan sampai email Anda hanya masuk ke folder trash yang tidak akan pernah di baca HRD karena mengkosongkan subjek email.

2. Menulis prakata pada body email

Kesalahan umum dan terbesar para pelamar yaitu ketika mengirim lamaran CV via email tidak dibarengi dengan tulisan pembuka di body email. Biasanya yang dilakukan hanya menyisipkan lampiran yang dibutuhkan saja. Padahal point yang menjadi penilaian yaitu di saat Anda berkomunikasi atau memperkenalkan diri dan menyampaikan tujuan pengiriman surat tersebut. Isinya tidak perlu paniang lebar, hanya beberapa prakata dari mulai salam, pembuka, data diri lalu tutup. Penjelasan yang singat dan padat sehingga mudah dipahami HRD.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

3. Menggunakan akun email formal

Siapa bilang jika akun email Anda tidak menjadi penilaian saat melamar kerja. Ternyata pihak perusahaan mempertimbangkan kepribadian Anda melalui nama email yang di miliki. Sehingga mengharuskan setiap pelamar untuk menggunakan akun yang formal. Ini sebagai bentuk profesionalitas seseorang yang dianggap sudah mampu terjun ke dunia kerja dan sebagai bentuk keseriusan. Jadi jika Anda masih menggunakan akun email yang asal-asalan tentu menjadi sulit mendapatkan pekerjaan. Mulai perbaiki diri di mulai dari mempersiapkan email yang pantas sebagai seorang karyawan.

4. Penulisan yang rapi

Etika yang tepat dan benar bagi seorang pelamar juga di lihat dari penulisannya yang rapi. Anda harus cek ulang kembali secara keseluruhan lamaran CV sebelum di kirim. Gunakan struktur penulisan yang umum dipakai banyak orang. Dari mulai jenis tulisan yang mudah di baca, ukuran huruf  yang proporsional sampai rata kanan kiri. Jika semuanya sudah di atur maka akan lebih nyaman ketika di lihat oleh HRD.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

5. Lakukan pengiriman pada waktu yang tepat

Jangan lupa untuk mengirim lamaran CV melalui email di waktu yang tepat. Karena ini untuk memberikan peluang bagi Anda agar diterima secara langsung. Sehingga kesempatan HRD untuk membaca resume Anda menjadi lebih leluasa. Kirim pada saat jam kerja berlangsung, biasanya sekitar jam 9 sampai jam 4 sore. Di luar jam tersebut lebih baik pertimbangkan lagi untuk mengirimnya. Karena email Anda hanya akan menumpuk dengan email baru lainnya yang di kirim saat jam kerja berlangsung. Juga peluang untuk mendapatkan respon menjadi lebih sedikit.

Demikian artikel Tips Mengirim Lamaran Pekerjaan Via Email Yang Baik Dan Benar ! Bagi Anda para pencari kerja jangan pernah abaikan beberapa etika penting saat mengirim lamaran CV melalui email. Agar surat lamaran Anda tidak sia-sia karena mendapatkan respon yang cepat. Walaupun masih fresh graduate yang belum memiliki pengalaman namun untuk memahami tata cara pengiriman surat lamaran yang tepat penting diketahui.

Bagikan :