Contoh Surat Lamaran Kerja Word Terbaru

Contoh Surat Lamaran Kerja Word Terbaru – Apakah kamu baru saja lulus kuliah? Lulus SMA atau SMK? Baru saja menyelesaikan program pasca sarjana? Atau mau pindah tempat kerja, biar dapat tantangan kerja yang lebih bervariasi lagi? Tepat sekali, siapapun boleh mengembangkan karir sesuai dengan apa yang mereka dicita-citakan, dan menjawab tantangan masa depan pribadi.

Untuk masuk ke dunia kerja, selain skill, niat, dan keberanian, ada  hal administratif dan teknis yang tidak boleh dilupakan. Apalagi, jika kalian ingin mengembangkan karir di perusahaan atau institusi pendidikan yang sifatnnya sangat formal.

Pastinya harus melamar kerja terlebih dahulu, agar bisa diterima di perusahaan dan mendapat posisi seperti yang kalian inginkan, sehingga kamu harus menulis surat lamaran kerja terlebih dahulu. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui apa itu surat lamaran kerja dan contoh lamaran kerja agar mudah untuk menulis surat lamaran kerja.

Hal-Hal yang Harus Kamu Perhatikan pada Saat Menulis Lamaran Kerja

1. Penulisannya Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Pada umumnya, hampir semua perusahaan atau industri menginginkan penulisan surat lamaran kerja dengan bahasa yang baik dan benar. Dengan penggunaan bahasa tersebut, maka pelamar kerja akan dianggap lebih serius untuk bekerja di perusahaan tersebut.

2. Surat Lamaran Kerja Ditulis oleh Diri Sendiri

Yang ingin kerja kan mau, masa yang menulis surat lamaran kerja harus orang lain. Surat lamaran kerja yang tidak ditulis oleh diri sendiri bisa dibilang akan merugikan pelamar itu sendiri. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau pelamar diberi cap oleh perusahaan sebagai individu yang tidak jujur.

3. Harus Mempersiapkan dan Melengkapi yang Dibutuhkan dalam Surat Lamaran Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa dalam menulis surat lamaran kerja dibutuhkan beberapa berkas yang harus dipersiapkan. Hal ini demi mendukung keaslian surat lamaran kerja, pengalaman, dan kemampuan yang dimiliki oleh seorang pelamar.

4. Format Penulisan Tidak Boleh Berantakan

Hal keempat yang harus kamu perhatikann ketika sedang menulis lamaran kerja adalah jangan menulis berantakan, apalagi kalau kamu menulis surat lamaran kerja menggunakan tulisan tangan, kemungkinan besar tulisannya akan sulit untuk dimengerti. Selain itu, pelamar kerja harus menjelaskan tujuan ditulisnya surat ini.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Memang dalam menulis surat lamaran kerja hampir bisa dibilang tidak ada aturan pasti, bahkan terkadang ada beberapa instansi yang memiliki format lamaran kerja sendiri. Namun, secara garis besar, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dalam menulis surat lamaran kerja, yaitu:

1. Gunakan bahasa yang baik dan benar

2. Menjelaskan siapa diri kamu

3. Memperhatikan tempat dan tanggal pembuatan surat lamaran kerja

4. Harus ada nama perusahaan yang akan dilamar

5. Memakai salam pembuka dan salam penutup

6. Melampirkan beberapa dokumen pendukung

7. Berikan tanda tangan serta nama pelamar

Struktur Surat Lamaran Kerja yang baik dan benar

Didalam membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, agar mudah diterima HDR silahkan ikuti format berikut:

  • Tanggal dan Tempat Penulisan
  • Nama Perusahan dan Alamat Lengkap Perusahaan
  • Salam Pembuka / Salam Hormat
  • Tulis Kata Pengantar yang Baik
  • Lengkapi Biodata Diri
  • Cantumkan Pengalaman Kerja atau Keahlian yang anda miliki (jika ada)
  • Penutup dan salam

Pastikan Poin-poin diatas ada pada surat lamaran kerja kalian.

Contoh Lamaran Kerja Word Yang Baik dan Benar

Untuk lebih jelasnya, kita simak beberapa contoh lamaran kerja yang baik dan benar, agar kalian semua memiliki gambaran dalam menulis lamaran pekerjaan.

Demikian artikel Contoh Surat Lamaran Kerja Word Terbaru, semoga dapat memberikan gambaran dalam membuat surat lamaran pekerjaan dalam bentuk word. Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.

Bagikan :