Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly

Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly

Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly – Di masa kini, tak jarang banyak orang yang memilih untuk bekerja sambil kuliah. Ini tentu sangat baik untuk dilakukan, sebab kamu dapat mengenyam pendidikan sembari mencari pengalaman kerja.

Pengalaman kerja tentu sangat diperlukan ketika memulai untuk melamar kerja. Seperti yang kita ketahui bahwa mencari kerja tanpa pengalaman tentunya sangat susah. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika kamu mengeyam pendidikan sembari bekerja untuk menadapatkan pengalaman kerja.

Ada beberapa kendala yang akan ditemui saat mencari kerja saat kamu masih berstatus mahasiswa aktif. Biasanya ketika sudah melamar pekerjaan di beberapa perusahaan untuk bekerja magang atau part-time namun tak kunjung ada panggilan.

Baca juga : Contoh CV Magang SMK

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua perusahaan akan meneruma calon pekrtja yang masih aktif sebagai mahasiswa dengan alasan tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Namun jangan menyerah, masih ada kok perusahaan yang mau menerima mahasiswa aktif untuk bekerja magang atau part-time di perusahaan mereka.

Terkadang tak kunjung mendapatkan balasan interview bukan hanya karena kamu belum memiliki pengalaman, melainkan juga karena terdapat kesalahan pada CV yang kamu buat. Pasalnya, perusahaan akan menilai kamu melalui CV yang kamu buat sebelum menerima kamu untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Saat melamar kerja, CV yang kamu buat haruslah baik dan benar. Sebab, inilah yang akan mengantar kamu ke pekerjaan yang kamu lamar. Terlebih saat ini para HRD mengoreksi CV mengunakan software pembantu untuk memeriksa Curriculum Vitae yang kamu buat. Ialah Applicant Tracking System (ATS).

CV ATS sangat diperlukan pada saat ini, sebab jika Curriculum Vitae yang kamu buat tidak sesuai saat dikoreksi atau bisa dibilang tidak lolos sistem ini, maka kamu gagal lolos ke tahap selanjutnya. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan cara membuat CV untuk mahasiswa aktif yang ATS friendly.

Tips Pembuatan CV Mahasiswa Aktif

Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly
Ilustrasi CV Lamaran Kerja | Image Source : Shutterstock.com

1. Kelengkapan Data Diri

Data diri merupakan salah satu hal yang sangat penting dan harus dicantumkan di dalam CV anda. Data diri ini meliputi,

  • Nama lengkap
  • Tempat dan tanggal lahir
  • Nomor telepon (nomor telepon yang masih aktif)
  • Serta email (email yang masih aktif)

Pastikan nomor telepon dan email yang anda cantumkan pada email masih aktif. Karena, biasanya perusahaan akan menghubungi anda via telepon atau email.

Baca juga : Contoh Surat Keterangan Kerja Mahasiswa

2. Penjelasan Yang Tidak Bertele-tele

Jika anda memiliki prestasi, tentunya prestasi anda tersebut bisa anda cantumkan pada CV anda. Namun perlu diingat, jika anda mempunyai segudang prestasi, tidak semua prestasi anda perlu anda cantumkan pada CV anda. Cantumkanlah beberapa prestasi yang anda miliki, karena informasi yang tidak terlalu terkait akan menyebabkan penurunan keunggulan lain yang anda miliki. Sebaiknya anda membuat CV yang langsung sesuai dengan posisi yang akan dilamar.

3. Isilah Data Pendidikan Yang Lengkap

Hal ini sangat penting untuk anda cantumkan pada CV anda. Cantumkan semua riwayat pedidikan anda dan cantumkan pula tempat anda sedang mengeyam perguruan tinggi. Jika anada memiliki pengalaman kursus atau pelatihan yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar, anda juga dapat mencantumkannya.

4. Pengalaman Organisasi

Jika anda memiliki pengalaman berorganisani, anda juga dapat mencantumkan hali ini dala CV anda. Biasanya, pihak perekrut akan menilai anda lebih jika anda memiliki pengalaman dalam berorganisasi. Pengalaman organisasi yang anda miliki juga dapat mengambarkan bagaimana anda bekerja dalam tim dengan berbagai macam karakter orang. Jikalau anda kurang dalam hal ini, anda masih bisa menambah peluang anda dengan skill yang anda miliki.

5. Prestasi dan Skill

Anda dapat mencantumkan beberapa skill yang anda miliki yang tentunya relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Begitu juga prestasi, sama seperti yang sudah disampaikan diatas, cantumkanlah prestasi yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa anda haruslah mencantumkan prestasi dan skill anda yang relevan dengan pekerjaan yang anda lamar.

Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly

CV ATS Friendly
CV ATS Friendly – src : BikinCV.com

Daftar Riwayat Hidup

Data Pribadi

Nama                                  : Cintya Ranatika
Tempat, Tanggal Lahir   : Jakarta, 16 Oktober 2000
Jenis Kelamin                   : Perempuan
Agama                                : Islam
Alamat                                : Jl. Jati Padang Utara 2, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Telp./HP                            : 086112661716

Latar Belakang Pendidikan

 Pendidikan formal

      • 2019 – Sekarang Fakultas Akuntansi Universitas Nasional
      • 2017 – 2019 SMA 28 Jakarta
      • 2015 – 2017 SMP Negeri 218 Jakarta

Pengalaman Organisasi

      • 2020 – Sekarang Anggota BEM UNAS
      • 2018 – 2019 Ketua OSIS SMAN 28 Jakarta
      • 2016 – 2017 Katua OSIS SMPN 218 Jakarta

Prestasi 

      • 2016 – Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP
      • 2018 – Juara 2 Lomba Lari Tingkat SMA

Hobi 

      • Membaca
      • Beramain Musik

Kemampuan

        1. Bahasa Inggris
        2. Ms. Excel
        3. Ms. Word
        4. Adobe Photoshop

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

Jakarta, 18 Februari 2021

 

Cintya Ranatika

Ingin buat CV dengan mudah dan cepat? Yuk buat di BikinCV. Platform pembuatan CV Online terpercaya yang tentunya cepat, murah dan praktis.

Keunggulan BikinCV :

  • Cepat, Mudah, Murah
  • Banyak Pilihan Design CV
  • Edit Dimana Saja, Kapan Saja
  • User Friendly Design

Jadi buat saja CV lamaran kerja kamu di BikinCV.com.

Sekian Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly, semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang berkeingan untuk kuliah sambil kerja. Simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerjakarta.id Blog.

Bagikan :