Kerja Freelance : Definisi dan Lowongan Kerja Freelance

Kerja Freelance : Definisi dan Lowongan Kerja Freelance

Kerja Freelance : Definisi dan Lowongan Kerja Freelance – Banyak orang memilih untuk Kerja Freelance, terutama kaum milenial sampai “Gen Z”. Tapi apakah kamu mengetahui tentang Kerja Freelance ? Pada artikel ini kamu akan mengetahui definisi, jenis pekerjaan, dan lowongan Kerja Freelance yuk simak di bawah ini!

Apa Itu Kerja Freelance ?

Nah istilah untuk pekerjaan ini berasal dari bahasa inggris yang berarti pekerjaan lepas atau fleksibel. Jadi dapat diartikan, Kerja Freelance adalah jenis pekerjaan di mana seseorang bekerja secara mandiri, bukan sebagai karyawan tetap dalam suatu perusahaan. Freelancer biasanya bekerja untuk beberapa klien atau proyek secara bersamaan, dan mereka tidak terikat oleh kontrak jangka panjang dengan satu perusahaan tertentu. Berbeda dengan pekerjaan karyawan tetap, freelancer memiliki kebebasan lebih besar dalam menentukan jadwal kerja mereka, tempat kerja, dan jenis proyek yang mereka pilih. Mereka seringkali bekerja dari rumah atau dari lokasi yang mereka pilih sendiri. Para Freelancer biasanya dalam mengerjakan sebuah proyek berpatokan dengan jangka waktu yang diberikan oleh kliennya.

Salah satu keuntungan apabila kamu berminat untuk melakukan jenis pekerjaan ini, kamu dapat bekerja dengan lebih dari satu perusahaan dan juga kebebasan untuk bekerja sebanyak atau sedikit mungkin tergantung kemampuan dan kebutuhan kamu. Terdapat beberapa tempat yang menyediakan lowongan kerja atau biasa kamu kenal dengan istilah loker, bagi kamu yang berminat untuk menjadi Freelancer. Tapi sebelum itu kamu harus mengetahui apa saja sih contoh pekerjaan Freelance ?

Jenis Pekerjaan Untuk Para Freelancer

Terdapat beberapa jenis atau contoh pekerjaan bagi kamu yang berminat untuk menjadi seorang Freelancer, yuk simak di bawah ini !

Desainer Grafis 

Desainer Grafis
Desainer Grafis – Sumber : Istock

Jenis pekerjaan yang dapat kamu pilih apabila kamu berminat untuk menjadi seorang Freelancer adalah menjadi seorang Desainer Grafis. Tugas utama seorang Desainer Grafis ini adalah mengkomunikasikan ide atau pesan melalui gambar dan tata letak visual.

Web Developer 

Web Developer Kerja Freelance
Web Developer – Sumber : Istock

Apabila kamu memiliki pengalaman dalam merancang sebuah website dari awal, menciptakan coding, dan mengembangkan sebuah website yang sudah ada tapi kamu tidak ingin memiliki kontrak dalam satu perusahaan saja, kamu dapat menjadi seorang Web Developer Freelance.

Content Writer (Penulis Konten) 

Seorang Penulis Konten Freelance
Seorang Penulis Konten – Sumber : Istock

Apabila kamu memiliki minat dalam menulis, kamu dapat mencoba bekerja sebagai seorang penulis konten lepas atau sering disebut sebagai Freelance Content Writer. Kamu dapat mengisi Blog dari perusahaan dengan artikel – artikel yang kamu buat.

Penerjemah 

Penerjemah
Penerjemah – Sumber : Istock

Salah satu contoh pekerjaan freelance berikutnya adalah sebagai penerjemah, di mana kamu dapat menyediakan layanan menerjemahkan dokumen, teks, atau konten audio dari satu bahasa ke bahasa lain sesuai dengan kebutuhan klien.

Content Creator 

Content Creator Wanita
Pembuat Konten – Sumber : Istock

Content Creator adalah seseorang atau sekumpulan orang yang membuat konten baik itu tulisan, gambar, dan video yang ditampilkan di berbagai platform media sosial yang populer seperti Instagram, Youtube, Tiktok dan lain – lain. Banyak perusahaan yang sekarang memerlukan jasa seorang Content Creator Freelance untuk memasarkan produk yang mereka jual. Kegiatan tersebut biasanya disebut dengan Endorsement.

Fotographer 

Freelance Photographer
Freelance Photographer – Sumber ; Istock

Apabila kamu memiliki bakat dalam dunia Fotografi, kamu dapat  memilih untuk menjadi Freelancer Fotographer. Kamu dapat mengembangkan keahlian khusus dalam berbagai kategori fotografi, termasuk pemandangan, potret, jurnalisme, fesyen, dan banyak lainnya. Banyak proyek fotografi yang akan kamu dapat di sebuah acara seperti pernikahan, sebuah fashion show, konser dan acara – acara lainnya. Kamu juga dapat menjual foto – foto kamu di platform seperti Istock.

Video Editor 

Video Editor Freelance
Video Editor Freelance – Sumber : Istock

Selanjutnya, salah satu contoh pekerjaan freelance adalah menjadi Video Editor. Kamu dapat melakukan pengeditan dan produksi video, baik untuk konten online maupun proyek media lainnya.

Website Lowongan Kerja Freelance

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa pekerjaan yang kamu dapat lakukan secara Freelance atau lepasan. Sekarang yuk disimak beberapa tempat yang menyediakan lowongan kerja atau loker Freelance di internet.

Loker Jakarta

lokerjakarta.id

Glints 

Indeed

Jobstreet 

Freelancer Indonesia

 

 

Nah itu tadi beberapa website untuk mencari pekerjaan lepas atau Freelance, kamu dapat memilih lowongan di website – website tersebut sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kamu. Yuk simak ulasan menarik lainnya tentang info terkini di Jakarta, Dunia kerja dan lain – lain selalu di Lokerjakarta.id.

Bagikan :