Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan

Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan – Seringkali kita mengalami kegagalan dalam melamar pekerjaan entah itu pada saat interview atau pada saat test, dan satu hal yang harus anda tahu ketika ingin melamar pekerjaan.

Perusahaan tidak memerlukan nilai akademis yang tinggi, tetapi yang dibutuhkan ialah Mental sekuat baja dan keteguhan hati, serta jangan lupa tentang kejujuran yang harus anda terapkan dalam kehidupan anda sejak kecil, walaupun mental sudah seperti baja tetapi akhlaknya pula harus diseimbangkan.

Kesalahan 1 :

Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan
Sumber Gambar (www.pexels.com)

Sudah berapa “cara” yang anda lakukan ? Apakah jawabannya tergantung iklan di surat kabar ? Padahal anda bisa memburunya di internet, buku direktory, yellow pages, tanya teman, dsb. Kelemahan melalui iklan lowongan, biasanya jumlah pelamar terlalu banyak, sehingga lamaran Anda harus betul betul “istimewa” agar dapat menarik perhatian HRD manager.

Kesalahan 2 :

Hanya mengandalkan pada iklan lowongan kerja. Padahal membuat lamaran, tidak harus tergantung pada ada tidaknya iklan. Pada perusahaan yang tertib administrasi, biasanya data lamaran Anda disimpan dan digunakan sewaktu waktu jika diperlukan. Keuntungannya, saingan Anda tidak terlalu banyak.

Kesalahan 3 :

Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan
Sumber Gambar (www.pexels.com)

Jangan “curhat” apalagi “mengemis” dalam surat lamaran Anda. Surat lamaran Anda akan langsung diteruskan ke tong sampah pada kesempatan pertama. Juallah “diri” Anda, kelebihan kelebihan dan prestasi Anda. Berikan alasan mengapa perusahaan harus menggunakan Anda.

Kesalahan 4  :

Format Curriculum Vitae (CV) sangat kuno. Jangan gunakan form CV yang dijual di toko buku. Korbankan sedikit uang Anda untuk membuat format surat lamaran dan CV di rental komputer. Kecuali sebagai persyaratan, lamaran menggunakan tulisan tangan sudah tidak lazim. Pinjam contoh contoh surat lamaran ataupun CV pada teman yang punya saudara asisten manajer ataupun manajer. Biasanya formatnya sudah cukup mengikuti perkembangan terakhir. Tidak semua perusahaan mensyaratkan surat kelakuan baik ataupun surat keterangan dokter, kalaupun diminta biasanya dapat disusulkan setelah Anda diterima. Demikian pula surat lamaran tidak perlu dibuat diatas materai, kalaupun Anda harus membuat pernyataan di atas materai biasanya setelah Anda dinyatakan diterima.

Kesalahan 5 :

Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan
Sumber Gambar (www.pexels.com)

Format CV berantakan. Susun CV Anda dalam format yang fokus, sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda inginkan. Pengalaman pekerjaan Anda yang terlalu beragam mengindikasikan ketidak seriusan Anda dalam bekerja, hilangkan bagian bagian yang tidak relevan. Tetapi jika berhubungan dengan pengalaman berorganisasi ataupun keterampilan individu dapat Anda masukkan sebagai nilai tambah.

Kesalahan 6 :

Memilih jenis pekerjaan asal asalan. Pilih jenis pekerjaan yang betul betul Anda sukai. Ketertarikan Anda pada jenis pekerjaan akan memberikan hasil yang maksimal pada psikotes dan memberikan antusias yang alami dan terpancar sangat kuat pada waktu wawancara.

Kesalahan 7 :

Gagal berkomitmen terhadap jadwal tes ataupun wawancara. Pastikan jadwal tes atau wawancara Anda benar benar longgar. Apabila berbenturan dengan jadwal pribadi ataupun pekerjaan, sebaiknya di klarifikasi dengan pihak HRD Manager, jika perlu buat jadwal baru pada hari dan jam yang berbeda. Keterusterangan Anda mengesankan sikap jujur Anda. Seorang HRD Manajer profesional biasanya sangat terbuka dalam hal penyesuaian jadwal.

Kesalahan 8 :

Pada waktu wawancara jangan hanya mengambil posisi pasif. Menjawab hanya jika ditanya. Biarkan pewawancara banyak bertanya terlebih dahulu, setelah itu mulailah Anda ganti bertanya. Tunjukkan seolah olah Anda seseorang yang ingin tahu dan punya inisiatif, tetapi jangan berlebihan. Hindari jawaban yang memutar, karena Anda tidak sedang di wawancarai wartawan. Sebisa mungkin jawab langsung sesuai pertanyaan (mengesankan Anda adalah pribadi yang tegas) dan kemudian berikan alasan alasannya.

Demikian beberapa Kesalahan Umum Dalam Melamar Pekerjaan, alasan anda tidak dapat diterima karena kompetensi anda yang tidak sesuai, bukan karena ketidak mampuan Anda, melainkan karena perbedaan kompetensi Anda, dengan kompetensi yang dibutuhkan perusahaan. Simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Loker Jakarta Blog.

Buat kamu yang mau melaamar kerja tapi bingung belum punya CV? Yuk Buat CV Online sekarang di BikinCV.com

Bagikan :