Cara Membentuk Kesan Pribadi Positif di Tempat Kerja

Cara Membentuk Kesan Pribadi Positif di Tempat Kerja

Cara Membentuk Kesan Pribadi Positif di Tempat Kerja – Saat kamu bekerja di suatu tempat, bukan hanya keahlian dan latar bekalng kamu saja yang diperhitungkan. Tetapi juga ada hal-hal lain seperti kepribadian, etika dan perilaku kamu yang akan membentuk sebuah kesan pribadi. Ketika kamu membuat atau membentuk sebuah kesan pribadi di mata atasan, bawahan atau bahkan teman kerja kamu. Entah itu kesan positif ataupun kesan negatif, hal tersebut akan sangat berpengaruh pada bagaimana kamu akan diterima di lingkungan kerja bahkan tingkat kemajuan karir kamu.

Sering terjadi jalur karir yang terlihat bagus harus berhenti hanya karena seorang karyawan gagal membentuk kesan pribadi positif di lingkungan kerjanya yang bisa mendatangkan gosip. Oleh karena itu kesan pribadi yang positif sangatlah diperlukan dan tidak boleh diremehkan oleh para pekerja.

Membentuk atau membuat kesan pribadi yang positif tidak perlu dengan cara-cara seperti bersikap royal, menyapa secara berlebihan dan semacamnya yang justru akan membuat kamu terlihat tidak tulus. Ada banyak cara yang lebih sederhana dan tepat sasaran serta memiliki dampak positif untuk kamu dan orang lain jika kamu bisa melakukannya dengan benar.

Cara Membentuk Kesan Pribadi Positif

1. Berpakaian dan Berdandan

Cara Membentuk Kesan Pribadi Positif
Berpakaian dan Berdandan | Image Source : Pexels.com

Hal umum yang harus dilakukan di semua lingkungan kerja adalah menghindari segala hal yang berlebihan. Salah satunya adalah dari cara kita berpakaian dan menjaga penampilan. Jangan menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan jenis pekerjaan kita, parfum yang terlalu menyengat atau dandanan yang terlalu berlebihan.

Bahkan kalaupun kamu adalah seorang seniman, kamu juga tidak boleh asal berpakaian ataupun cuek seperti datang ke kantor dengan wajah kusam, tubuh yang mengeluarkan bau kurang sedap atau pakaian yang masih kusut karena tidak disetrika.

2. Ijin Sakit di Waktu yang Tepat

Ijin Sakit Diwaktu Yang Tepat
Ilustrasi Ijin Kerja Karena Sakit | Image Source : Pexels.com

Pernahkah kamu datang pagi ke kantor, kemudian tiba-tiba ada tumpukan pekerjaan teman kamu yang tidak masuk karena sakit dan baru memberitahu pagi itu? Hal ini tentu saja menyebalkan, apalagi jika teman kamu memang sering melakukan hal tersebut.

Salah satu trik untuk meminta izin sakit tanpa membuat orang lain kesal adalah dengan mengenal kondisi fisik kamu sendiri. Ketika kamu sudah merasa ada yang tidak beres dengan badan kamu, berantisipasilah dengan meminta ijin beristirahat di esok harinya. Kecuali jika kamu kecelakaan atau terkena sesuatu yang datangnya secara tiba-tiba sehingga kamu tidak bisa masuk ke kantor.

3. Atur Waktu dengan Baik

Mengatur Waktu Dengan Baik
Ilustrasi Mengatur Waktu | Image Source : Pexels.com

Gunakanlah waktu kamu seefektif mungkin dan usahakan jangan pernah menunda pekerjaan kamu. Jika kamu sering terlambat menyerahkan pekerjaan kamu atau sering datang terlambat saat ada pertemuan, maka kesan kurang kompeten akan tercetak pada diri kamu, meskipun kamu sangat cerdas.

Lagipula bekerja dengan efektif juga akan memberi kamu waktu istirahat yang lebih efektif juga kan?

4. Jangan Menyalahkan

Cara Membentuk Kesan Pribadi Positif di Tempat Kerja
Jangan Menyalahkan | Image Source : Shutterstock.com

Saat kamu melakukan kesalahan dalam suatu pekerjaan, usahakan jangan menyalahkan orang lain atau mencari-cari alasan. Bersikaplah jujur dan akuilah kesalahan kamu. Tetapi jangan lupa juga tekankan kepada atasan bahwa kamu siap untuk bertanggung jawab atau bahkan memberikan solusi untuk menebus kesalahan kamu.

Dengan begitu, walaupun kamu tetap mendapat omelan atau sanksi, kamu juga akan mendapat nilai plus dalam hal sikap.

5. Pertahankan Etika Kerja

Hal-hal yang termasuk pelanggaran etika kerja bukan hanya berupa sesuatu yang berat, tetapi juga bisa berupa hal kecil seperti terlalu sering bermain handphone saat bekerja, tertawa dan mengobrol dengan keras di ruang kerja di luar jam istirahat, tidak mematikan handphone saat rapat penting, dan yang lainnya. Hal-hal kecil yang demikian ini tidak bisa kamu anggap remeh karena dapat menimbulkan kesan yang mendalam pada orang lain.

Itulah beberapa cara untuk membentuk Kesan Pribadi yang Positif di Tempat Kerja kamu. Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil! Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerjakarta.id.

Bagikan :