Kerja Remote : Arti, Manfaat, dan Jenis Pekerjaan

Kerja Remote : Arti, Manfaat, dan Jenis Pekerjaan

Kamu pasti asing dengan istilah Kerja Remote, perkembangan dunia kerja membuat beberapa perusahaan menerapkan Kerja Remote atau bisa disebut juga dengan Remote Working bagi para karyawannya. Terus apa itu Kerja Remote ? simak ulasan di bawah ini yang akan berisi definisi dan juga jenis pekerjaan – pekerjaan yang dapat menerapkan sistem Remote Working.

Kerja Remote, Apa itu ?

Mengacu pada Skill Crush, Kerja Remote atau yang bisa kamu sebut dengan Remote Working adalah suatu metode bekerja yang kamu dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa perlu pergi ke kantor. Kamu dapat bekerja dimana saja yang kamu mau, bekerja di rumah, co-working space, cafe, atau tempat-tempat lainnya dengan suasana yang nyaman untuk bekerja. Dengan menggunakan metode kerja ini, dianggap akan membuat karyawan menjadi lebih fleksibel dan nyaman. Dengan itu, produktivitas mereka akan meningkat dan mampu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan maksimal. Metode kerja ini sangat bergantung pada internet untuk berkomunikasi dengan para karyawan.

Manfaat Kerja Remote

Terdapat beberapa manfaat bagi kamu yang menggunakan metode kerja ini. Adapun manfaat Remote Working, meliputi:

1. Hidup yang Lebih Fleksibel

Wanita Sedang Berkerja di Cafe
Wanita Sedang Berkerja di Cafe – Sumber : Istock

Biasanya karyawan yang bekerja di kantor diharapkan untuk bangun pagi, menyiapkan diri, dan berangkat sesuai jadwal. Bagi beberapa orang, pola rutin seperti itu dapat dianggap monoton. Oleh karena itu, metode kerja tersebut menjadi alternatif yang sesuai bagi mereka yang menginginkan gaya hidup yang lebih fleksibel.

Dengan bekerja di luar kantor, seseorang dapat memulai tugas mereka dengan berbaring di atas tempat tidur, sambil menikmati sarapan, atau melakukan aktivitas lain yang membuat mereka merasa lebih nyaman misalkan shopping di mall. Hal ini memungkinkan mereka untuk tidak harus berada di kantor sepanjang hari dan memulai kegiatan baru setelah menyelesaikan pekerjaan, tanpa perlu melakukan perjalanan pulang.

2. Kesehatan Fisik dan Mental Terjaga

Pria Sedang Tersenyum
Pria Sedang Tersenyum – Sumber : Istock

Keuntungan lainnya dari Remote Working bagi para karyawan adalah menjaga kesehatan fisik dan mental. Hal ini disebabkan oleh kemampuan bekerja secara remote yang memungkinkan seseorang menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Selain itu, fleksibilitas tersebut memungkinkan pekerja untuk bekerja dari berbagai lokasi tanpa perlu hadir di kantor sesuai dengan kebijakan perusahaan. Dengan demikian, karyawan memiliki kesempatan lebih besar untuk menjaga kesehatan tubuh dan menghindari potensi risiko stres.

3. Meningkatkan Produktivitas

Pria Sedang Bekerja
Pria Sedang Bekerja – Sumber : Istock

Beberapa studi menunjukkan bahwa banyak karyawan merasa lebih produktif saat WFH (Work From Home) . Faktor-faktor seperti kurangnya gangguan, lingkungan kerja yang dapat disesuaikan, dan fokus yang meningkat dapat meningkatkan produktivitas.

4. Work – Life Balance

Kerja Remote Membuat Work - Life Balance
Kerja Remote Membuat Work – Life Balance – Sumber : Istock

Remote Working memberikan kesempatan untuk menciptakan keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Pekerja dapat lebih mudah menyesuaikan pekerjaan dengan komitmen keluarga, olahraga, atau kegiatan lainnya.

5. Mengurangi Biaya

Menabung di Celengan
Menabung di Celengan – Sumber : Istock

Dengan menerapkan metode Remote Working, kamu akan dapat mengurangi biaya perjalanan kamu dari tempat tinggal ke kantor. Biaya – biaya seperti tiket, bensin dan lain – lain dapat kamu alokasikan ke biaya lain – lainnya.

Pekerjaan Remote 

Apabila kamu berminat untuk bekerja secara Remote, nah bisa kamu simak di bawah ini terdapat beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan seperti itu.

  1. Copywriting
  2. Sales
  3. Programmer
  4. Data Analysist
  5. Graphic Designer
  6. Digital Marketer

Cara Mendapatkan Kerja Remote

Untuk mencari pekerjaan Remote tidak terlalu sulit, terdapat beberapa untuk mendapat pekerjaan dengan metode kerja tersebut. Adapun cara untuk mendapatkan Kerja Remote meliputi:

Mengetahui Pekerjaan yang Dapat Menggunakan Metode Kerja Remote

Cara pertama untuk kamu yang berminat bekerja secara Remote adalah mengetahui pekerjaan yang membuat kamu dapat menggunakan metode Kerja Remote. Selain itu, kamu juga harus menyesuaikan rencana karier kamu untuk kedepannya apabila memilih profesi tersebut.

Membuat Portofolio yang Menarik

Membuat portofolio yang menarik penting bagi kamu dalam memperoleh pekerjaan remote. Hal ini dikarenakan, tantangan utama dalam pekerjaan jarak jauh adalah keterbatasan waktu dan jarak. Dengan demikian, membuat portofolio yang menarik dan informatif dapat membantu HRD untuk memahami kualifikasi kamu dengan lebih baik.

Mencari Perusahaan yang Menerapkan Sistem Remote

Setelah kamu mengetahui jenis pekerjaan Remote dan membuat portofolio yang menarik, sekarang kamu perlu untuk mencari perusahaan yang menerapkan metode kerja tersebut. Pada saat ini terdapat banyak yang menerapkan metode itu, jadi kamu akan mudah mencari perusahaan yang membuka lowongan Remote. Kamu dapat mencari di Internet, Media Sosial, dan berbagai macam aplikasi serta situs penyedia lowongan kerja. Gunakan keyword “Lowongan Kerja Remote” agar kamu mudah untuk menemukan lowongan yang menggunakan sistem Remote.

Nah, sekian penjelasan tentang jenis pekerjaan ini. Yuk simak Blog Loker Jakarta dan temukan informasi – informasi menarik lainnya.

Semoga Bermanfaat!

Bagikan :