Cara Menghindari Gosip di Tempat Kerja

Cara Menghindari Gosip di Tempat Kerja

Cara Menghindari Gosip di Tempat Kerja – Hampir disetiap lingkungan kerja ada saja biang gosip yang senang bergosip. Setiap hari ada saja bahan yang kerap dijadikan gunjingan, entah itu sesama rekan kerja, atasan, klien ataupun orang lain. Karena gosip yang mulai tidak terkontrol, alhasil kantor terkesan toxic.

Hal ini tentunya membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dengan lingkungan seperti ini. Meski bukan mereka yang menjadi bahan pembiraan, namun mereka terkadang merasa tidak nyaman. Perlu kamu ketahui, bahwa lingkungan kantor yang penuh gosip merupakan lingkungan kerja yang kurang sehat.

Tak sedikit orang yang memilih resign untuk menghindari gosip yang mulai tidak terkontrol karena merasa kurang nyaman dengan itu. Tentunya resign juga bukan merupakan cara terbaik untuk menghindari hal ini. Oleh karena itu, kami sudah rangkum beberapa cara untuk menghindari gosip di tempat kerja yang perlu kamu ketahui.

Cara Menghindari Gosip di Kator

Cara Menghindari Gosip di Tempat Kerja
Ilustrasi Gosip di Kantor | Image Source : iStockphoto.com

Ada beberapa cara untuk menghindari gosip di tempat kerja kamu. Seperti yang kita katakan di atas, bahwa resign bukanlah jalan terbaik untuk kamu lakukan. Sebab hampir disetiap kantor terdapat orang-orang yang suka bergosip. Untuk mengatasinya, simak beberapa cara yang sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Hindari memulai gosip

Jangan menjadi orang pertama yang memulai gosip, terlebih hanya untuk mengumbar keburukan orang lain. Hindari untuk melakukan hal ini, untuk apa juga kita mengusik keburukan orang lain yang tidak menggunjing keburukan mu. Jika kamu memulai untuk menggosipi orang lain, tentunya ini akan menjadi bumerang untuk dirimu sendiri.

Jangan pernah membicarakan keburukan orang, terlebih lagi jika kinerja mu pada perusahaan tersebut sangat rendah. Tentunya kamu akan dicap sebagai penggosip daripada karyawan teladan. Kamu harus ingat bahwa ada karma yang berlaku pada siapa saja. Jadi lebih baik menjauhi gosip dan tidak mencampuri urasan orang lain. Sehingga hidupmu akan lebih tenang dan fokus dengan pekerjaan.

2. Jaga jarak dengan biang gosip

Tentu kamu tahu siapa saja rekan kerja kamu yang suka menggosip. Maka sebaiknya kamu menjaga jarak atau hindari orang tersebut. Jangan sampai kamu ikut terseret dalam percakapan yang ujung-ujungnya gosip. Jaga jaraklah agar kamu tidak ikut terseret dengan gunjingan yang tidak terkontrol.

Perlu kamu ketahui, bahwa teman yang senang bergosip tidak dapat dipercaya. Selain itu juga, berteman dengan biang gosip atau rekan kerja yang suka bergosip, dapat merubah image mu dimata rekan kerja yang lainnya. Maka dari itu, jaga jaraklah atau bila perlu hindari.

3. Cukup menjadi pendengar

Jika kamu terjebak dalam percakapan gosip tersebut, sebaiknya kamu cukup mendengarkan saja dan jangan tanggapi obrolan mereka. Jangan memberikan komentar apapun, terlebih komentar yang seolah-olah mendukung perkataan mereka. Lebih baik jangan mencampuri urusan orang lain dan katakan jika kamu tidak mengetahui apapun yang mereka katakan. Lebih baik kamu segera meninggalkan tempat tersebut dengan mencari alasan untuk pergi.

4. Hindari kepo

Jika kamu ingin menghindari gosip, maka kamu jangan pernah menjadi orang yang kepo. Ini akan menjebak kamu ikut menjadi penggosip. Karena sifat kamu yang kepo, kamu akan mengulik lebih dalam tentang gosip tersebut, sehingga kamu turut menjadi penggosip. Sebaiknya hilangkan sifat kepo kamu saat ada yang sedang bergosip, lebih baik diam dan dengarkan saja. Alangkah baiknya gunakan rasa ingin tahu kamu kamu miliki untuk belajar lebih dalam tentang pekerjaan.

5. Jangan cari perhatian ke atasan

Persaingan di dunia kerja memang ketat, tak jarang persaingan dapat menjadi bahan gunjingan. Terlebih hingga mencari perhatian, menjadi penjilat, atau bahkan melakukan apa saja agar dinilai baik oleh atasan. Ini justru akan menjadi bahan gosip mereka yang menjadi penggosip.

Hindari Gosip Demi Karier Kedepannya

Cara Menghindari Gosip di Tempat Kerja
Ilustrasi Gosip di Kantor | Image Source : iStockphoto.com

Menghindari gosip perlu kamu lakukan demi karier kamu dan kesehatan mental kamu. Dengan ini kamu akan lebih konsentrasi dalam bekerja dan pikiran dipenuhi dengan pikiran positif. Dengan ini, atasan akan menilai kamu sebagai karyawan yang baik, sebab pekerjaan kamu selesai tepat waktu. Ini akan berdampak bagus untuk karier mu kedepannya.

***

Sekian Cara Menghindari Gosip di Tempat Kerja, semoga bermanfaat dan membantu kamu agar terhindari dari biang gosip. Simak juga berbagai artikel menarik seputar dunia kerja lainnya hanya di Lokerjakarta.id Blog.

Bagikan :