Contoh Jawaban Tepat Saat Ditanya “Alasan Melamar Posisi Pekerjaan Ini?” Saat Interview

Contoh Jawaban Tepat Saat Ditanya “Alasan Melamar Posisi Pekerjaan Ini?” Saat Interview

Contoh Jawaban Tepat Saat Ditanya “Alasan Melamar Posisi Pekerjaan Ini?” Saat Interview – Saat interview kerja, tentunya kamu akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari rekruter. Semua pertanyaan yang dilontarkan haruslah kamu jawab dengan tepat dan sesuai dengan apa yang ditanyakan. Jangan sampai kamu salah menjawab, sebab akan berpengaruh pada diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut. Maka dari itu, ada baiknya kamu pelajari beberapa pertanyaan interview yang kerap ditanyakan oleh rekruter.

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan, salah satunya “Alasan melamar pekerjaan pada posisi ini?”. Pertanyaan satu ini selalu ditanyakan oleh perekrut saat interview dan harus kamu jawab dengan singkat, padat dan jelas. Pertanyaan ini sebernarnya mudah untuk dijawab jika kamu sudah mengerti tentang pekerjaan yang kamu lamar. Namun, tak jarang orang kebingungan saat diberikan pertanyaan satu ini.

Bagi kamu yang kerap kebingungan saat diberikan pertanyaan interview satu ini, kami sudah merangkum beberapa jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Yuk simak jawaban dan penjelasan soal melamar pekerjaan yang tepat dan dapat mudah dimengerti oleh perekrut. Sehingga kamu dapat lolos tahap interview kerja dan segera bergabung dengan perusahaan tersebut.

Contoh Jawaban “Alasan Melamar Posisi Pekerjaan Ini?”

Contoh Jawaban Tepat Saat Ditanya “Alasan Melamar Posisi Pekerjaan Ini?” Saat Interview
Ilustrasi Interview | Image Source : istockphoto.com
  1. “Saya ingin berkarier dalam bidang ini karena sesuai dengan keahlian saya.”

Jawaban ini memberi kesan bahwa kamu memiliki keahlian dan pengalaman kerja sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Kamu menjawab sembari memaparkan skill yang kamu dapatkan selama magang atau bekerja sebelumnya. Namun, pastikan kamu memiliki dokumen yang dapat membuktikan hal tersebut, contohnya sertifikasi kompetensi dari seminar atau refrensi dari kantor yang lama.

  1. “Visi dan misi perusahaan selaras dengan tujuan saya.”

Ini merupakan alasan yang dapat membuat kandidat diterima, sebab ini menunjukan keselarasan nilaimu secara jelas dan langsung kepada perekrut. Perekrut juga akan menilaimu sebagai kandidat yang dapat meneruskan Visi dan target bisnis mereka. Membasah ini juga menandakan bahwa kamu adalah seorang kandidat yang teliti dan melakukan riset yang mendalam.

  1. “Saya ingin bergabung karena perusahaan ini adalah salah satu leading company dalam sektornya.”

Memberikan alasan bahwa perusahaan tersebut lebih unggul dari kompepitornya juga sangat bagus. Ini memberi kesan bahwa kamu telah melakukan riset dan memperhatikan pertumbuhan perusahaan tersebut. Dengan ini, rekruter akan menilaimu sebagai kandidat yang antusias. Jawaban satu ini sangat bagus digunakan saat kamu melamar pada perusahaan besar.

  1. “Perusahaan dan posisi ini bisa memberikan ruang untuk berkarya siginifikan”

Tujuan dari pertanyaan alasan melamar pada posisi pekerjaan adalah guna mengetahui seberapa besar keinginan untuk berkontribusi pada perusahaan. Perusahaan juga ingin memahami kontribusi seperti apa yang akan diberikan oleh kandidat nantinya. Dengan jawaban di atas, perekrut akan melihatmu sebagai kandidat yang mandiri dan dapat berkontribusi dalam bentuk inovasi yang menarik. Perushaan akan selalu mengutamakan kandidat yang kreatif fan inovatif. Sebab, saat ini bisnis dapat berkembang apabila karyaannya gemar menciptakan berbagai inovasi mutakhir.

  1. “Bidang ini adalah lapangan pekerjaan yang menantang dan saya merasa terdorong karena ada target yang harus dicapai”

Ini merupakan salah satu jawaban jitu, sebab perusahaan kini mencari karyawan yang antusias. Dalam kata lain, mereka tidak takut untuk menerima tugas yang berada di luar zona nyamannya. Hal ini terjadi karena pertumbuhan mendorong perubahan. Alhasil, perusahaan yang sedang meningkat terkadang harus menyesuaika diri dengan berbagai bidang kerjaan yang baru. Lalu, kamu jelaskan bahwa alasan melamar adalah karena adanya target yang dicapai. Jawaban ini akan membuat perekrut melihatmu sebagai kandidat yang teratur dan tentunya bisa mencapai semua target bisnis.

Sekian Contoh Jawaban Tepat Saat Ditanya “Alasan Melamar Posisi Pekerjaan Ini?” Saat Interview. Semoga berhasil lolos tahapan interview dan dapat diterima bekerja pada perusahaan tersebut. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya di Lokerjakarta Blog.

Artikel terbaru

Kategori