Contoh Surat Sakit Izin Masuk Kerja

Contoh Surat Sakit Izin Masuk Kerja – Contoh surat izin sakit kerja diperlukan oleh setiap karyawan yang tidak bisa masuk kerja karena kondisi badan yang sedang tidak fit atau alasan lain. Surat izin ini diperlukan untuk meninggalkan pekerjaan sementara.

Tidak hanya sebagai pemberitahuan, mengajukan surat izin tidak masuk kerja bisa menjadi bentuk profesionalitas pekerja di tempat kerja. Banyak orang mengira membuat surat izin tidak masuk kerja merupakan sesuatu hal yang sepele. Namun, dalam menyusun surat izin masuk kerja tergolong susah apalagi bagi yang belum pernah membuat surat jenis ini. Di samping itu ada perbedaan untuk mengajukan izin tidak masuk kerja karena sakit dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Ada yang harus disertai surat dokter, ada juga yang tidak asal tidak lebih dari sehari, dan lain sebagainya.
Maka dari itu, penting bagi seorang karyawan untuk mengetahui kebijakan perusahaan tentang persyaratan dan prosedur pengajuan izin tidak masuk kerja. Jika sudah mengetahui prosedur pengajuan izin yang tepat, kamu bisa memperhatikan cara membuat surat izin tidak masuk kerja karena sakit atau hal mendesak lainnya. Saat membuat surat izin tidak masuk kerja harus menggunakan bahasa yang formal dan tidak bertele-tele. Pastikan segala sesuatu yang tertulis harus benar, singkat, dan jelas.

Struktur Surat Sakit Izin Masuk Kerja

1. Tanggal Penulisan

Hal pertama yang harus dicantumkan dalam surat izin kerja adalah tanggal penulisannya. Tanggal ini ditujukan agar atasan mengetahui secara jelas kapan kamu mulai izin untuk tidak masuk kerja.

2. Penerima

Setelah tanggal, bagian atas surat harus berisi informasi penerima surat izin kerja tersebut. Jangan lupa untuk sisipkan kata-kata “Kepada yth.” atau “Kepada yang terhormat” sebelum nama atasanmu, ya.

3. Data Diri

Cantumkan data diri secara jelas yang juga mencantumkan posisimu dalam perusahaan. Misalnya mencantumkan nama, jabatan, divisi, nomor kepegawaian dan alamat.

4. Alasan Tidak Masuk Kerja

Selanjutnya, tuliskan alasanmu tidak masuk kerja secara jelas dan mudah dimengerti oleh atasan. Misalnya ada urusan keluarga yang mendesak, sakit, cuti menikah, atau hal-hal lainnya. Jika meminta izin karena sakit, kamu wajib melampirkan surat dokter sebagai dokumen pendukung.

5. Lama Izin

Tak lupa cantumkan pula berapa lama kamu izin untuk tidak masuk kerja. Informasi ini wajib agar atasan bisa mengetahui dengan jelas kapan kamu akan masuk kerja lagi. Jika ada pekerjaan yang tidak bisa ditunda, maka atasan biasanya akan melimpahkan pekerjaanmu ke pegawai lainnya.

6. Ucapan Terima Kasih

Di bagian akhir surat, jangan lupa mencantumkan ucapan terima kasih kepada pihak yang bersangkutan. Bagian ini sangat penting sebagai bentuk kesopanan dan menjaga keharmonisan hubungan di tempat kerja.

Contoh Surat Sakit Izin Masuk Kerja

Berikut contoh surat izin sakit kerja yang bisa menjadi referensi:

Contoh Surat Izin Sakit Kerja 1

Pekalongan, 8 Januari 2022

Yang terhormat,

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

PT. Aneka Upaya

Pekalongan

Dengan hormat,

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada 8 Januari 2022 sehubungan dengan kondisi badan yang kurang baik (sakit). Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas pada hari ini.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Sinta

Contoh Surat Izin Sakit Kerja 2

Jakarta, 6 Juni 2020

Hal: Permohonan izin tidak masuk kerja

Lampiran: Surat keterangan dokter

Yang terhormat,

Kepala bagian HRD

PT ABCD

Jl. alamat kantor

Jakarta Selatan

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama lengkap: Ririn

Jabatan: Staff Admin

Alamat: Jl. alamat rumah

Dengan ini memohon izin untuk tidak dapat masuk kerja pada Senin – Rabu, 8-10 Juni 2005 karena alasan sakit. Sehubungan dengan hal tersebut terlampir surat keterangan sakit dari dokter sebagai bukti.

Demikian surat izin ini saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ririn.

Contoh Surat Izin Sakit Kerja 3

Pekalongan, 8 April 2017

Perihal : Permohonan IzinTidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

PT. Aneka Bintang Maju

Jalan Gesang No 89, Wiradesa, pekalongan

Dengan hormat,

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada 8 April 2017 sehubungan dengan kondisi badan yang kurang baik (sakit). Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari Bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas pada hari ini.

Apabila besok kondisi badan masih belum baik, saya akan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau hasil pemeriksaan dokter dan saya sampaikan ketika masuk kembali ke kantor.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Arista Wati

Contoh Surat Izin Masuk Kerja 4

Yogyakarta, 17 September 2018

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan….

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya bermaksud meminta izin tidak masuk kerja selama 2 hari (17 – 18 September 2018) karena sakit.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Aqilah

Contoh Surat Izin Sakit Kerja 5

Yogyakarta, 20 September 2018

Yth. Bapak/Ibu Pimpinan Perusahaan…

Di tempat

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya memberitahukan bahwa saya tidak bisa masuk kantor karena sedang sakit. Adapun perihal surat izin dari dokter akan saya berikan esok hari.

Demikian surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perkenan Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Maddie

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja 6

18 April 2022

Hal: Izin tidak masuk kerja

Yth. Ibu Titin Suraetin

Kepala HRD PT Maju Mundur

di Tempat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Muhammad Ridwan

Alamat: Jalan Sukasenang No.66, Bandung

NIP: 12345666

Jabatan: Sales

Divisi: Pemasaran

Dengan ini mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja pada Senin, 18 April 2022 sampai dengan Rabu 22 April 2022 karena sakit.

Permohonan izin ini saya ajukan karena menurut keterangan dokter saya harus menjalani masa istirahat selama 3 (tiga) hari (Surat Keterangan Dokter terlampir).

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja ini saya sampaikan. Atas izin yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Muhammad Ridwan

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja 7

Semarang, 4 Januari 2018

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian Personalia

PT. Angkasa Jaya

Jalan Padi Kapas No. 8 Semarang

Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada Selasa, 4 Januari 2018 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya karena ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Roy Saputra

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja 8

Bandung, 1 April 2015

Yang terhormat,

Kepala Staff HRD / SDM

PT. Utama Raya

di Bandung

Hal : Surat Permohononan Ijin Tidak Masuk Kerja

Dengan hormat,

Dengan ini saya mengajukan permohonan izin tidak masuk kerja untuk hari ini Rabu, 1 April 2015 karena anak kandung saya sakit.

Permohonan izin ini saya ajukan karena anak saya dirawat di rumah sakit dan tidak ada yang menunggui. Apabila diperlukan, saya akan melampirkan surat keterangan dokter atau surat keterangan dari rumah sakit perihal keadaan anak saya.

Demikian permohonan izin ini saja sampaikan. Atas perhatian dan izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Billy Syahputra

Demikian artikel Contoh Surat Sakit Izin Masuk Kerja. Semoga dapat membantu dan memberikan informasi tambahan. Terima Kasih.
Bagikan :