10+ Oleh - Oleh Khas Jakarta yang Wajib Kamu Beli!

10+ Oleh – Oleh Khas Jakarta yang Wajib Kamu Beli!

Oleh – Oleh Khas Jakarta – Jakarta terkenal dengan gedung – gedung pencakar langit dan padat penduduk. Walaupun dikenal sebagai kota metropolitan, kota Jakarta sering menjadi tujuan wisata bagi wisatawan dari luar daerah.

Kota Jakarta juga memiliki kekayaan budaya yang luhur, sejarah yang menarik, beragam kuliner, hingga Oleh – Oleh Khas Jakarta. Bagi kamu yang sedang liburan di Jakarta dan berniat untuk membeli oleh – oleh untuk keluargamu di rumah, yuk disimak ulasan di bawah ini karena terdapat 10+ Oleh – Oleh Khas Jakarta yang Wajib Kamu Beli!

Rekomendasi Oleh – Oleh Khas Jakarta

1. Roti Buaya

Roti Buaya
Roti Buaya – Sumber : Pinterest @dailyasia

Makanan ini merupakan salah satu yang populer di Jakarta. Roti Buaya biasanya ditemui di momen pernikahan adat suku Betawi di Jakarta karena dianggap sebagai lambang cinta. Roti ini dapat kamu beli sebagai Oleh – Oleh Khas Jakarta. Memiliki cita rasa yang unik, manis, dan gurih, harga dari roti ini bervariasi tergantung ukuran dan varian rasa.

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi
Dodol Betawi – Sumber : klasika.kompas.id

Dodol adalah permen khas Indonesia yang biasanya terbuat dari ketan, kelapa, dan gula. Makanan ini memiliki rasa khas dan dapat dijadikan oleh-oleh manis dari Jakarta.

3. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang
Kue Kembang Goyang – Sumber : detikfood

Sering muncul pada perayaan Hari Raya, kue Kembang Goyang adalah camilan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan. Dengan tekstur yang kriuk dan cita rasa manis, membuat camilan ini diminati oleh banyak orang. Camilan ini cocok untuk kamu jadikan sebagai oleh – oleh untuk kerabat dan keluarga kamu di daerah asal karena harganya yang terjangkau dan tahan lama.

4. Miniatur Monas

Miniatur Monas
Miniatur Monas – Sumber : carousell

Monumen Nasional (Monas) telah menjadi simbol Kota Jakarta yang dikenal oleh semua masyarakat Indonesia. Selain menikmati kunjungan dan berfoto di sekitar Monas, pengalaman tersebut tak lengkap tanpa membawa pulang miniatur Monas sebagai souvenir khas dari Jakarta.

5. Kue Semprong

Kue Semprong
Kue Semprong – Sumber : fimela

Salah satu jenis jajanan khas Jakarta yang sudah terkenal di seluruh Indonesia adalah Kue Semprong. Umumnya berbentuk tabung kecil yang panjang, kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Kue Semprong sering menjadi pilihan oleh-oleh karena kelezatan rasanya yang manis dan harganya yang terjangkau.

6. Bir Pletok

Bir Pletok
Bir Pletok – Sumber : Istock

Bir Pletok merupakan minuman khas dari suku betawi yang sudah eksis dari zaman penjajahan Belanda. Walaupun namanya bir, minuman ini tidak mengandung alkohol karena campurannya berasal dari rempah – rempah. Minuman ini bisa menjadi salah satu cinderamata bagi keluarga kamu di rumah.

7. Miniatur Ondel – Ondel

Miniatur Ondel - Ondel
Miniatur Ondel – Ondel – Sumber : Pinterest

Ondel – ondel merupakan boneka besar yang terbuat dari anyaman bambu dan kain. biasanya ondel – ondel diarak keliling kampung yang ada di Jakarta saat hari – hari tertentu seperti pernikahan suku betawi, selametan, hajatan dan lain – lain. Ondel – ondel menjadi salah satu ikon di Jakarta yang dapat kamu beli miniaturnya sebagai Oleh – oleh.

8. Batik Betawi

Batik Betawi
Batik Betawi – Sumber : indonesiakaya.com

Oleh – oleh khas dari Jakarta selanjutnya adalah Batik Betawi. Batik adalah seni tradisional Indonesia dan setiap daerah memiliki coraknya sendiri. Batik Betawi khas Jakarta memiliki corak dan motif yang mencerminkan kebudayaan Betawi.

9. Kerak Telor

Kerak Telor
Kerak Telor – Sumber : dapurkobe.co.id

Makanan tradisional Jakarta yang terbuat dari campuran beras ketan, telur ayam, udang, dan rempah-rempah. Kerak telor memiliki cita rasa gurih yang pastinya enak untuk di makan dan dijadikan sebagai oleh – oleh untuk keluarga kamu di rumah.

10. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa
Kue Akar Kelapa – Sumber : Pinterest

Kue Akar Kelapa, camilan tradisional yang memiliki bentuk menyerupai akar kelapa. Sangat diminati karena kombinasi rasa manis dan gurih mentega. Meskipun namanya berisi kata kelapa, kue ini tidak mengandung kelapa. Bahan-bahan utama kue ini terdiri dari tepung beras, tepung ketan, mentega, dan telur.

11. Telur Gabus Keju

Telur Gabus Keju
Telur Gabus Keju – Sumber : detikfood

Salah satu camilan tradisional yang sering dijumpai di hari – hari tertentu seperti Hari Raya Idul Fitri. Telur gabus keju memiliki bentuk ujung yang tajam di kedua sisinya, sementara bagian tengahnya memiliki tekstur yang mengembang. Cita rasa gurihnya dengan sentuhan sedikit asin menjadikan camilan ini cocok untuk di jadikan Oleh – Oleh Khas Jakarta.

Nah, itu dia rekomendasi Oleh – Oleh Khas Jakarta yang dapat kamu beli. Banyak hal menarik lainnya yang kamu bisa eksplor di jakarta seperti tempat wisata di Jakarta, budaya, dan lain – lain. Simak informasi terkini tentang jakarta dan lowongan kerja di jakarta selalu di lokerjakarta.id!

Bagikan :