Teman Kerja dapat Gaji Lebih Tinggi? Jangan Patah Semangat!

Mungkin kamu akan merasa kecewa saat mengetahui bahwa teman sekantor kamu mendapatkan gaji yang lebih besar. Apalagi jika kamu dan dia melakukan hal yang sama dan memiliki tanggung jawab serta tuntutan yang sama.

Jika sudah seperti itu, mungkin kamu akan merasa kesal dan merasa atasan kamu tidak adil. Atau kamu malah mengalami penurunan semangat kerja serta bermalas-malasan dalam menyelesaikan pekerjaan kamu.

Jangan sampai terjebak dengan hal tersebut! Perasaan iri atau cemburu ini mungkin akan membuat kamu melakukan hal-hal di atas. Tetapi percayalah, jika kamu melakukan hal-hal tersebut, jangankan keadilan, mungkin saja kamu malah kehilangan pekerjaan kamu.

Lantas bagaimana caranya agar tetap semangat bekerja?

1. Jagalah situasi kerja kamu agar tetap Kondusif

Jagalah situasi kerja kamu agar tetap Kondusif | www.pexels.com

Meskipun kamu merasa diperlakukan dengan tidak adil. Apalagi sampai memusuhi teman kerja kamu. Hal itu akan membuat suasana menjadi tidak kondusif dan tidak nyaman dalam melakukan pekerjaan kamu sendiri. Bisa saja teman kamu itu tidak tahu bahwa ada perbedaan angka antara gaji kamu dan gajinya.

Baca juga : Lowongan Kerja Jakarta Barat

Cobalah untuk tetap menjadi teman yang baik bahkan menjadi sahabatnya. Dengan begitu, mungkin kamu bisa mendapatkan bahan untuk ditanyakan kepada atasan kamu. Lagipula suasana yang bersahabat juga sangat diperlukan untuk menjaga produktivitas kamu dan dia.

2. Pelajari dan Cari Tahu

Pelajari dan Cari Tahu | www.pexels.com

Apa saja yang membuat teman kamu memperoleh gaji yang lebih tinggi? Walaupun terlihat kalian berada di posisi yang sama dan mengerjakan pekerjaan yang sama, mungkin saja ada sesuatu yang berbeda. Bisa jadi segi latar belakang pendidikan ataupun pengalaman kerja yang dia miliki lebih tinggi daripada kamu. Dan dia menggunakan hal tersebut untuk menegosiasikan gaji sebelum bekerja.

Sedangkan kamu mungkin hanya menerima gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tanpa melakukan negosiasi. Karena bisa jadi itu adalah salah satu alasan gaji kamu lebih rendah darinya. Cari tahu juga sebenarnya berapa bayaran atau gaji yang pantas untuk di dapatkan dengan jenis pekerjaan kamu. Kalau ternyata gaji kamu jauh dari standar gaji di perusahan lain, kamu harus segera menanyakan ini kepada atasan kamu.

3. Beri Jeda Waktu

Beri Jeda Waktu | www.pexels.com

Setelah mengetahui fakta-fakta yang membuat gaji kamu lebih kecil dari teman kamu, buatlah jeda waktu dengan membuat rencana. Bicarakan masalah ini kepada atasan kamu. Jika kamu memang layak untuk mendapatkan gaji yang lebih baik, utarakan segala hal yang menjadi kelebihan kamu kepada atasan kamu. Kemudian putuskan mau seberapa lama kamu bisa memberi waktu untuk menerima gaji yang lebih rendah dari teman kamu.

4. Buat Pilihan

Jika sampai batas waktu yang sudah kamu tentukan ternyata permintaan kamu tidak dihiraukan atau dibiarkan saja. Berarti sudah saatnya kamu memutuskan untuk melangkah dan mencari perusahaan lain yang lebih bisa “menghargai” kamu dengan layak. Tetapi kamu juga harus bijak dan tetap jangan gegabah dalam membuat sebuah pilihan dan keputusan ini. Pertimbangkanlah segala hal dan kemungkinan apa saja yang akan terjadi setelah kamu membuat sebuah pilihan.

Kuncinya adalah tetap semangat dalam menjalani kewajiban kamu sebagai pekerja walaupun gaji teman kerja kamu lebih besar. Tetapi kamu juga harus membicarakan hal ini kepada atasan. Tentunya dengan cara-cara yang sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Bagikan :