Mengenal Undangan Pernikahan Online dan Manfaatnya

Mengenal Undangan Pernikahan Online dan Manfaatnya

Saat ini banyak calon pengantin yang lebih memilih menyebar undangan pernikahan online, daripada undangan dalam bentuk kertas. Tidak perlu mencetak banyak kertas, cukup menggunakan satu undangan online saja, bisa disebar ke banyak orang.

Tingkatkan ketertarikan seseorang terhadap undangan ini memang semakin meningkat. Berdasarkan data dari Google Trends, undangan digital memiliki minat 57% dan kartu undangan 46%.

Apa Itu Undangan Pernikahan Online?

Jenis undangan ini juga memiliki sebutan lain yaitu undangan pernikahan digital. Sesuai dengan namanya, pembuatan undangan ini menggunakan media digital, yaitu website yang terdapat tulisan, gambar, dan juga video di dalamnya. Selain proses pembuatannya yang secara online, menyebarkan undangannya ke orang lain juga secara online.

Pengguna hanya perlu mengirimkan link invitation ke orang lain melalui aplikasi pesan instan atau media sosial.

Keuntungan Menggunakan Undangan Pernikahan Digital

Bukan tanpa alasan mengapa saat ini seseorang banyak menggunakan undangan digital atau e-invitation, sebab ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan yaitu:

1. Hemat Biaya

Menghemat Biaya Pernikahan
Menghemat Biaya Pernikahan – Sumber : Istock

Keuntungan pertama, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk membuat undangan. Jika kamu menggunakan undangan fisik, maka mau tidak mau harus memesan banyak yang pastinya menghabiskan banyak uang.

Lain halnya jika kamu menggunakan website undangan pernikahan digital, cukup membeli satu saja. Dari satu undangan tersebut, kamu bisa membagikannya ke banyak orang.

2. Hemat Kertas

Menghemat Kertas
Menghemat Kertas – Sumber : Istock

Terlalu banyak menggunakan kertas dapat menimbulkan banyak masalah, terutama yang berhubungan dengan limbah. Saat ini, sudah terlalu banyak sampah kertas dan plastik yang menggunung.

Web digital adalah solusi atas masalah lingkungan yang satu ini. Menggunakan e-invitation ini, praktis kamu tidak menggunakan kertas sama sekali. Dari proses pembuatan sampai pengiriman ke tamu undangan semuanya secara online.

3. Hemat Bahan Bakar

Hemat Bahan Bakar
Hemat Bahan Bakar – Sumber : Istock

Ketika kamu menyebar undangan fisik, maka harus mendatangi rumah orang tersebut. Tentu saja, hal ini membuat kamu harus berkendara dengan sepeda motor, alhasil bahan bakar pun terbuang.

Undangan pernikahan digital adalah dapat membantu menghemat bahan bakar kendaraan. kamu tidak perlu keluar rumah, tinggal bagikan saja undangannya secara online.

4. Informasi Cepat Tersampaikan

Informasi Cepat Tersampaikan
Informasi Cepat Tersampaikan – Sumber : Istock

Keuntungan menggunakan undangan digital lainnya adalah membuat informasi menjadi cepat tersampaikan. Saat akan melaksanakan pernikahan, keluarga dan rekan-rekan bisa tahu dengan cepat bahwa kamu akan menikah.

Sebab, proses pengiriman undangannya sangat cepat. Cukup melalui WhatsApp atau aplikasi perpesanan lainnya dengan cara mengirimkan link undangannya. Kamu tidak perlu lagi datang ke rumah masing-masing orang.

5. Perubahan Mudah

Wanita Sedang Mengedit Undangan Pernikahan
Wanita Sedang Mengedit Undangan Pernikahan – Sumber : Istock

Terkadang, walaupun undangan pernikahan sudah jadi, masih ada saja kesalahan penulisan. Baik itu nama, lokasi, tanggal, atau yang lainnya.

Jika kamu menggunakan undangan fisik, maka harus mencetaknya dari nol lagi dan hal ini membuat kamu harus mengeluarkan uang kembali. Kalau mencoretnya dengan pena, undangan kamu menjadi tidak bagus lagi.

Lain halnya jika kamu menggunakan undangan digital, jika ada kesalahan lebih mudah untuk mengubahnya. Kamu tinggal mengeditnya saja melalui dashboard website yang sudah tersedia.

6. Desain yang Variatif

Undangan Digital Memiliki Design yang Menarik
Undangan Digital Memiliki Design yang Menarik – Sumber : Istock

Undangan digital memiliki banyak pilihan desain yang bisa kamu pilih sesuai selera. Bahkan, kamu bisa request warna atau bentuk-bentuk tertentu sesuai keinginan.

Berbagai pilihan desainnya ada yang menyesuaikan dengan konsep pernikahannya. Misalnya, jika kamu akan menyelenggarakan pernikahan dengan adat Jawa, maka tampilan desainnya berhubungan langsung dengan budaya Jawa.

7. Elegan dan Mewah

Pasangan Muda Melihat Undangan Pernikahan Online
Pasangan Muda Melihat Undangan Pernikahan Online – Sumber : Istock

Tampilan undangan pernikahan daring terlihat sangat elegan dan mewah. Layoutnya sangat interaktif dan atraktif sehingga tidak membosankan.

Berbeda dengan desain undangan fisik yang cenderung tradisional dan konvensional. Tidak seperti undangan digital yang desainnya lebih modern bahkan bisa kamu edit sesuai kebutuhan.

8. Manajemen Tamu Lebih Tertata

Tamu Lebih Tertata
Tamu Lebih Tertata – Sumber : Istock

Benefit lain dari undangan pernikahan digital adalah manajemen tamu yang lebih tertata. Kamu tidak perlu lagi mencatat di buku undangan setiap tamu yang datang ke acara.

Sebab, semuanya sudah tercatat oleh sistem. Melalui website, kamu bisa mengecek berapa tamu yang datang ke acara.

Demikian informasi selengkapnya mengenai undangan pernikahan online. Bisa menjadi pilihan bagus untuk kamu yang ingin menyelenggarakan acara pernikahan secara lebih efisien.

Bagikan :