Tidak Bahagia dengan Pekerjaan Sekarang? Mungkin Anda Perlu Ganti Pekerjaan!

Tidak Bahagia dengan Pekerjaan Sekarang? Mungkin Anda Perlu Ganti Pekerjaan! – Perjalanan meniti Karir tentu tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar. Kamu harus berani membuat sebuah terobosan baru dalam sebuah pekerjaan. Mengapa demikian? Karena berangkat kerja setiap pagi dan pulang saat matahari mulai terbenam adalah sebuah rutinitas yang membosankan. Ditambah lagi jika kamu sudah lama bekerja di sebuah perusahaan dan tidak ada kenaikan gaji atau kenaikan pangkat yang bisa merubah kehidupan kamu.

Sebuah penilitian dari Ohio State University menyatakan bahwa jika kamu bertahan di sebuah lingkungan kerja yang tidak kondusif dan membosankan dapat memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh kamu. Tingkat produktivitas dan kepuasan kerja pun akan terus menurun jika kamu tetap bertahan di tempat tersebut. Jika hal ini terus menerus terjadi, dikhawatirkan dapat memicu masalah mental.

Tetapi jangan terburu nafsu untuk melepaskan pekerjaan kamu sekarang. Pahami dan kenali dulu apa yang sebenarnya mengikat atau membuat kamu tidak berkembang. Coba bicarakan hal tersebut dengan atasan kamu. Mungkin kamu hanya merasa lelah dan mungkin memerlukan beberapa liburan.

Agar kamu tidak salah mengira kondisi yang terjadi di kantor kamu, ini 5 tanda-tanda pemicu kebosanan di tempat kerja:

1. Tidak Berkembang

Tidak Berkembang | www.pexels.com

Jika di tempat kerja kamu sekarang bisa memberikan sebuah tantangan dan ruang untuk pengembangan diri kamu, kemampuan kamu pun akan berkembang. Begitu juga sebalikanya, jika potensi diri kamu malah terkubur dalam rutinitas kerja, kamu tidak akan dapat mengembangkan potensi diri kamu. Jika hal tersebut terjadi selama terus menerus, bisa jadi potensi diri kamu yang sebenarnya akan benar-benar terkubur.

Jika hal ini yang terjadi dalam kantor atau pekerjaan kamu, itu bisa jadi salah satu tanda bahwa kamu memang harus mencari pekerjaan lain.

2. Mempengaruhi Kesehatan

Pada kenyataannya memang tidak semua orang dapat bekerja pada bidang yang diminatinya. Tetapi jika sampai terjadi menurunnya kondisi kesehatan secara terus menerus, ini merupakan salah satu indikator yang menandakan bahwa pekerjaan tersebut tidak cocok atau tidak tepat untuk kamu. Jika sebuah pekerjaan itu memberikan dampak negatif pada kesehatan, berarti kamu harus segera meninggalkannya.

3. Tidak Percaya Diri dengan Pekerjaan Sekarang

Tidak Percaya Diri dengan Pekerjaan Sekarang | www.pexels.com

Apakah kamu pernah merasa malu bercerita tentang pekerjaan kamu kepada orang-orang terdekat kamu? Jika iya, berarti kamu tidak merasakan sebuah rasa bangga dengan pekerjaan tersebut. Bisa jadi ini waktunya untuk kamu mempertimbangkan pekerjaan baru yang menjadi passion kamu yang sebenarnya.

4. Sering Melamun Memikirkan Masa Depan

Sering Melamun Memikirkan Masa Depan | www.pexels.com

Apakah kamu pernah membayangkan tentang bagaimana rasanya bebas dari pekerjaan? Atau membayangkan tentang pekerjaan lain? Jika iya dan kamu selalu membayangkannya secara terus menerus, ini berarti kamu sudah masuk dalam fase bosan dalam pekerjaan yang sekarang.

5. Tidak Pernah Dapat Penghargaan

Sebuah pekerjaan haruslah dapat memberikan sebuah dorongan atau kepuasan untuk terus maju. Kamu harus dapat merasakan sebuah kebahagiaan dalam sebuah pencapaian dalam pekerjaan walaupun hanya pekerjaan kecil.

Tetapi kalau kamu tidak pernah mendapatkan penghargaan yang sesuai dengan apa yang sudah kamu kerjakan, ini bisa membuat kamu sendiri merasa tidak dihargai. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, rasa tidak puas dari dalam diri kamu pun akan muncul.

Nah, dari ke 5 poin di atas, apakah ada yang sedang kamu rasakan sekarang? Jika iya, coba bicarakan hal tersebut ke atasan kamu agar kamu dapat solusi yang terbaik dari rasa kebosanan kamu.

Tetapi jika memang tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa depresi dan kebosanan kamu, ini sudah saatnya untuk kamu membangun karir baru.

Bagikan :