Tips Menjaga Kesehatan Mata

Apakah kalian termasuk pegawai kantoran yang setiap hari berhadapan dengan layar komputer? Atau pekerjaan kalian menuntut kalian untuk terus menerus mengecek layar handphone yang sering kali membuat mata lelah? Sering kali masalah yang dihadapi oleh para pekerja kantoran adalah mata lelah akibat intensitas tinggi di depan layar komputer. Terlalu sering melihat layar komputer atau layar elektronik membuat mata bekerja lebih keras. Akibatnya, fungsi penglihatan bisa semakin menurun. Jika dibiarkan terus-menerus, fungsi penglihatan yang tidak baik bisa membuat aktivitas terganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata bagi para pengguna komputer sangat penting agar kegiatan harian kalian tidak terganggu. Pada artikel ini akan dijelaskan Tips Menjaga Kesehatan Mata yang bisa kalian lakukan!

Gunakan Kacamata Anti Radiasi

BAgi kalian yang menggunakan kacamata tentu sudah tidak asing dengan kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi dapat membantu melindungi mata dari cahaya layar komputer. Perlu kalian ketahui, cahaya dari layar mengandung radiasi yang dapat mengganggu indra penglihatan. Sehingga, menambahkan anti radiasi pada layar kacamata akan sangat membantu melindungi mata. Tidak hanya ditujukan bagi pengguna kacamata minus, silinder, ataupun plus. Bagi kalian yang tidak mengalami gangguan fungsi mata pun tetap disarankan menggunakan kacamata anti radiasi ketika berhadapan dengan layar komputer.

Tips Menjaga Kesehatan Mata | image source: www.pexels.com
Tips Menjaga Kesehatan Mata | image source: www.pexels.com

Mengatur Pola Makan Sehat

Makanan yang sehat dapat membantu kesehatan mata kalian. Adapun beberapa makanan yang bisa kalian konsumsi untuk menjaga kesahatan mata adalah mulai dari daging hingga sayuran. Sayuran berdaun hijau salah satunya. Seperti bayam, kubis, yang mengandung lutein dan zeaxanthin yang tinggi. Keduanya berguna untuk menurunkan berbagai risiko penyakit mata. Kemudian buah-buahan citrus, seperti jeruk dan lemon karena memiliki vitamin C yang berperan sebagai antioksidan pada kesehatan mata Anda. Kacang-kacangan dan tiram juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Terutama yangg mengandung seng, senyawa mineral yang penting untuk kesehatan mata karena membantu melindungi mata dari cahaya. Sementara untuk daging, kalian bisa mengkonsumsi daging ikan. Jenis ikan yang tinggal di air dingin, seperit salmon, tuna, dan sarden adalah beberapa pilihan yang bisa kalian konsumsi. Karena pada ikan-ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi risiko penyakit mata di kemudian hari.

Tips Menjaga Kesehatan Mata | image source: www.pexels.com
Tips Menjaga Kesehatan Mata | image source: www.pexels.com

Mengatur Letak Komputer

Cara menjaga kesehatan mata lainnya adalah dengan mengatur posisi duduk. JAdi, perhatikanlah posisi duduk dan komputer kalian. Hal ini berpengaruh pada pencahayaan, letak monitor, posisi kursi, hingga durasi istirahat yang membawa dampak pada kesehatan mata. Jadi, posisi layar komputer sebenarnya direkomendasikan harus 15-20° di bawah mata, yaitu sekitar 10-13 cm yang diukur dari tengah layar dan 50-70 cm dari mata. Kemudian untuk mengatur pencahayaan, kalian bisa menutup sumber cahaya dari luar dengan gorden atau tirai dan memakai lampu meja agar terhindar dari silau. Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata selama 15 menit setelah menatap layar komputer lebih dari dua jam tanpa istirahat. Setiap 20 menit sekali, usahakan untuk menatap ke arah selain layar selama 20 detik agar mata Anda berganti fokus. Jangan lupa untuk sering berkedip untuk menjaga permukaan bola mata tetap lembap.

Tips Menjaga Kesehatan Mata | image source: www.pexels.com
Tips Menjaga Kesehatan Mata | image source: www.pexels.com

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Jangan lupa bahwa di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat! Jadi, jangan lupa untuk menyayangi tubuh kalian ya, salah satunya dengan menjaga kesehatan mata. Baca juga artikel tentang Tips Menghadapi Atasan yang Menyebalkan bagi kalian yang merasa kesal tak karuan akibat ulah atasan. Semoga artikel bermanfaat!

Bagikan :