Malas dan Tak Semangat di Pagi Hari

Bertahan Pada Pekerjaan yang Dibenci? Ini Dampak Negatifnya!

Bertahan Pada Pekerjaan yang Dibenci? Ini Dampak Negatifnya! – Ada banyak dari kita yang bernasib kurang baik dengan masuk ke sebuah pekerjaan yang sebenarnya kita benci. Entah karena jenis pekerjaanya, lokasi kerja yang terlalu jauh, adanya konflik dengan rekan atau atasan kerja, atau juga karena gaji yang tidak sebanding dengan beban kerja yang harus dilalui. Jika hal tersebut sudah terjadi, terkadang timbul rasa ingin menyerah dan keluar saat itu juga, tetapi hati kecil selalu berkata untuk coba untuk bertahan sebentar lagi.

Walaupun begitu, sebenarnya ada banyak dampak negatif yang bisa terjadi kalau kamu bertahan pada pekerjaan yang dibenci. Apalagi untuk kesehatan tubuh dan kinerja kamu yang akan menjadi kurang optimal. Tidak percaya? Coba baca penjelasannya dibawah ini

Dampak Negatif Bertahan Pada Pekerjaan Yang di Benci

1. Depresi, Gangguan Tidur dan Kecemasan

Bertahan Pada Pekerjaan yang Dibenci? Ini Dampak Negatifnya!
Depresi, Gangguan Tidur dan Kecemasan | www.pexels.com

Dengan tetap bertahan pada pekerjaan yang dibenci, akan sangat mungkin kamu merasakan depresi, susah untuk tidur dan memiliki rasa cemas yang berlebihan. Hal ini terjadi karena kamu tidak memiliki rasa tenang dan nyaman sehingga membuat kamu menjadi pribadi yang mudah cemas.

Mereka yang mengalami masalah seperti ini juga cenderung akan memiliki masalah emosional. Sebaliknya, orang yang bahagia dengan pekerjaan yang dia lakukan dari awal tidak akan memiliki masalah kesehatan yang berarti.

2. Kekebalan Tubuh Melemah

Bertahan Pada Pekerjaan yang Dibenci? Ini Dampak Negatifnya!
Kekebalan Tubuh Melemah | www.pexels.com

Menurut penelitian, stres yang terjadi karena pekerjaan yang dibenci juga ternyata bersangkutan dengan jumlah sel darah putih yang sedikit. Hal ini akan menyebabkan risiko infeksi. Yang otomatis juga akan membuat daya tahan tubuh kamu melemah dan mudah sakit.

Jika sudah seperti ini, kamu akan jadi lebih sering izin karena sakit dan pastinya mempengaruhi penilaian kerja kamu di mata atasan dan perusahaan tempat kamu bekerja.

3. Malas dan Tak Semangat di Pagi Hari

Malas dan Tak Semangat di Pagi Hari
Ilustrasi Tidak Semangat di Pagi Hari | Image Source : Pexels.com

Bangun di pagi hari yang seharusnya membuat badan menjadi lebih segar karena istirahat semalaman malah membuat kamu tidak enak badan. Setiap dengar alarm di pagi hari rasanya kamu ingin kembali tidur dan tidak masuk kantor hari ini. Sayangnya hal tersebut tidak bisa kamu lakukan, jadi kamu hanya bisa bermalas-malasan dalam mengawali hari kamu hanya karena pekerjaan yang sebenarnya kamu benci harus kamu lakukan.

4. Hasil Kerja yang Tidak Maksimal

Hasil Kerja Tidak Maksimal
Hasil Kerja yang Tidak Maksimal | ww.pexels.com

Yang paling mencolok dari melakukan pekerjaan yang dibenci adalah hasil kerja yang tidak maksimal. Hal ini dikarenakan dari rasa setengah hati dalam menjalankan tugas kantor. Kamu menjalani hari seakan-akan hanya datang, kerjakan tugas itu, selesai, kemudian pulang dan kembali lagi besok harinya. Rutinitas tersebut kamu lakukan berulang-ulang dan tidak dapat kamu nikmati. Hasilnya adalah tidak ada pekerjaan yang kamu selesaikan dengan maksimal.

5. Jauh dari Kenaikan Gaji dan Promosi Jabatan

Jauh dari Kenaikan Gaji dan Promosi Jabatan
Ilustrasi Bingung Karena Tidak Naik Gaji | Image Source : Shutterstock.com

Dari hasil kerja yang tidak maksimal, secara otomatis hasil kerjamu akan dinilai buruk. Dari hal tersebut, perusahaan mana yang mau menaikan gaji karyawan yang pekerjaannya hanya sekedar selesai? Jangankan soal gaji atau bonus, promosi jabatan juga pasti akan sulit kamu dapatkan karena kamu dianggap belum kompeten dengan pekerjaan kamu yang sekarang.

Kalau kamu sudah mengalami 5 hal di atas, ada baiknya kamu mempertimbangkan lagi apakah kamu harus tetap bertahan atau mencari pekerjaan baru. Atau setidaknya bicarakan hal ini kepada atasan kamu agar kamu bisa pindah ke divisi yang lebih sesuai dengan passion atau keinginan kamu.

Karena sesungguhnya mengerjakan pekerjaan yang kamu cintai adalah sesuatu yang berdampak baik untuk masa depan kamu nantinya. Jadi jangan sampai mempertaruhkan kesehatan dan masa depan kamu untuk sebuah pekerjaan yang sebenarnya kamu benci. Sekian artikel tentang Bertahan Pada Pekerjaan yang Dibenci? Ini Dampak Negatifnya! untuk anda. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang merasakan hal serupa. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya seputar dunia kerja hanya disini.

Bagikan :