Contoh Slip Gaji Karyawan Beserta Formatnya

Contoh Slip Gaji Karyawan Beserta Formatnya – Sebagai seorang pekerja, slip gaji menjadi salah satu berkas penting yang wajib diterima oleh karyawan setiap bulannya. Slip gaji juga menjadi bukti resmi pembayaran upah yang kita terima sebagai hak karyawan.

Pembuatan Slip Gaji merupakan salah satu tertib administrasi pada sebuah perusahaan, dan juga sebagai hak dokumen yang wajib diberikan kepada karyawan. Slip Gaji dibutuhkan oleh Karyawan sebagai bukti penerimaan gaji dan juga digunakan untuk memenuhi persyaratan tertentu seperti pengajuan kredit.

Hak karyawan mendapat slip gaji sebagai bukti pembayaran upah yang sah tertuang dalam Pasal 17 ayat 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 yang isinya sebagai berikut.

“Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang memuat rincian upah yang diterima pekerja saat upah dibayarkan.”

Tidak hanya sebagai hak, slip gaji juga dibutuhkan dalam mengurus administrasi tertentu, terutama yang berhubungan dengan bank. Bagaimana format dan contoh slip gaji karyawan? Simak penjelasannya berikut ini.

Komponen Contoh Slip Gaji

Ada beberapa komponen informasi yang perlu tertera dalam slip gaji. Pertama, pastikan Anda mencantumkan informasi perusahaan Anda seperti nama dan logo, alamat, dan nomor telepon. Kemudian, cantumkan juga data pribadi karyawan yang mencakup nama, NIK, posisi dalam perusahaan, status kontrak karyawan, nomor NPWP, hingga informasi akun bank karyawan. Hal yang terpenting adalah keterangan lengkap pendapatan atau gaji karyawan termasuk dengan fasilitas dan pemotongan, misalnya sebagai berikut.

  • Gaji pokok
  • Tunjangan seperti transportasi, komunikasi, makan siang, dan lainnya, bersifat kondisional
  • Fasilitas seperti asuransi atau BPJS
  • Bonus atau Tunjangan Hari Raya, bersifat kondisional
  • Pajak penghasilan yang dibayarkan perusahaan
  • Penambahan gaji terkait lembur
  • Dan lain sebagainya, tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing

Penting untuk juga mencantumkan periode pembayaran gaji, mengingat besaran gaji yang dapat berbeda antara bulan satu dengan bulan lainnya.

Format Contoh Slip Gaji Karyawan

Format Slip Gaji

Format slip gaji karyawan untuk tiap perusahaan bisa berbeda tergantung dari komponen-komponen yang ingin dimasukkan :

1. Nama Perusahaan

Ini adalah koponen utama yang berguna untuk memastikan jika perusahaan yang membuat slip gaji karyawan itu.

2. Menyatakan Kerahasiaan Dokumen

Di bawah nama perusahaan adalah penjelasan yang menegaskan kerahasiaan slip gaji ini. Kerahasiaan tersebut bisa berupa kalimat “Private and Confidential”. Hal ini beraarti bahwa slip gaji tersebut adalah dokumen rahasia dimana karyawan yang namanya tertera di dalamnya saja yang boleh mengetahui.

3. Tanggal Pembayaran dan Data Karyawan

Selanjutnya dari format slip gaji karyawan yakni tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen serta data karyawan. Data karyawan bisa berupa nama karyawan, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Besarnya gaji dan jumlah potongan

Komponen berikutnya dari format slip gaji karyawan yaitu jumlah gaji dan potongan yang didapat oleh setiap karyawan. Penghasilan atau gaji meliputi gaji pokok, tunjangan serta insentif lain. Sedangkan, potongan meliputi premi kesehatan BPJS, saving plan karyawan, utang karyawan ke perusahaan serta iuran keanggotaan karyawan, contohnya ke koperasi perusahaan.

5. Keterangan lengkap pembayaran

Komponen terakhir yaitu keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji, dimana hal ini berisi penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan dan nama bank sebagai institusi pembayar.

Demikian artikel mengenai Contoh Slip Gaji Karyawan Beserta Formatnya. Semoga dapat membantu teman-teman yang akan membuat slip gaji karyawan. Terima Kasih.

Artikel terbaru

Kategori