Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara

Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara – Penipuan seperti menjadi hal yang sudah biasa terjadi di lingkungan sekitar kita. Penipuan merupakan kejahatan yang memakan korban cukup banyak dan tidak pandang bulu. Semakin hari modus penipuan semakin ada-ada saja. Mulai dari modus penipuan beli pulsa, hingga modus penipuan minta tolong pun juga di halalkan oleh para pelaku penipuan.

Bahkan kini, para pencari kerja pun harus siap siaga terhadap bahaya penipuan ini. Tidak sedikit para penipu menjadikan ajang mencari kerja sebagai lahan penipuan mereka, khususnya pada tahap wawancara. Tidak sedikit job seekers yang sudah menjadi korban dari modus satu ini. Untuk itu kita harus selalu waspada penipuan lowongan kerja pada tahap wawancara.

Untuk menghindari diri dari ancaman penipuan lowongan kerja pada tahap wawancara, mari simak tiga langkah yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat dan mempercayai undangan wawancara yang Anda terima.

Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara | sumber: pexels.com
Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara | sumber: pexels.com

1. Memastikan yang menghubungi Anda memang benar tempat Anda mengajukan lamaran

Jika Anda mendapatkan undangan wawancara dari suatu perusahaan, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah riwayat lamaran Anda dan posisi yang Anda lamar. Periksalah dan yakinkan apakah benar Anda pernah melamar di perusahaan untuk posisi yang tertera pada undangan wawancara yang baru saja Anda terima.

2. Periksa alamat perusahaan yang mengundang Anda wawancara

Setelah Anda memeriksa apakah benar Anda memang menaruh lamaran dengan posisi sesuai undangan yang Anda terima, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengkroscek alamat perusahaan yang bersangkutan. Anda bisa melakukan kroscek pada website resmi perusahaan atau website lowongan kerja terpercaya mengenai kebenaran apakah perusahaan tersebut membuka lowongan dan alamat perusahaan tersebut sesuai dengan alamat undangan yang diberikan. Dalam hal ini, Anda tidak perlu segan untuk menghubungi perusahaan terkait untuk menjawab keraguan Anda.

Baca juga : Tips Menghindari Atasan yang Menyebalkan

3. Jangan langsung percaya apabila diminta biaya administrasi

Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara | Sumber : www.lokerbali.info
Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara | Sumber : www.lokerbali.info

Setelah kroscek selesai Anda lakukan, maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah tanamkan pada diri Anda untuk tidak langsung percaya dengan user yang meminta biaya administrasi pada Anda. Tanyalah dengan detail mengenai biaya administrasi yang diminta sampai Anda paham dengan jelas bahwa uang tersebut bukan tipu muslihat perusahaan yang mengundang Anda wawancara. Lebih baik Anda bertanya dengan lengkap dan jelas daripada Anda kebingungan dan berujung pada penipuan atau lowongan kerja bodong.

Jadi, penting untuk diingat bahwa sebagian besar perusahaan terpercaya tidak akan melakukan pemungutan biaya administrasi untuk tahap wawancara. Jikalaupun ada biaya administrasi yang diminta oleh perusahaan tersebut, mereka pasti mampu menjelaskan dengan detail dan dikuatkan oleh bukti-bukti pendukung formal yang dapat dipercaya.

Semoga para jobseekers tidak sampai tertipu oleh oknum-oknum ‘nakal’ yang menjadikan ajang pencarian kerja sebagai lahan penipuan ya. Semoga beruntung dan sukses selalu! Baca juga artikel tentang cara membuat CV pada artikel Cara Membuat CV: Perhatikan 3 Hal Penting Ini untuk membantu kalian menyiapkan CV dan melamar pekerjaan.

Bagikan :