Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong – Kemudahan mendapatkan informasi memang memberi banyak manfaat positif. Seperti salah satunya kemudahan mendapatkan informasi lowongan kerja. Jika dulu, sebelum teknologi semaju sekarang ini, iklan lowongan kerja hanya bisa di dapatkan di media cetak. Salah satunya koran. Baik bagi pencari tenaga kerja maupun pencari lowongan kerja, sama-sama harus menggunakan koran sebagai media informasi. Namun kini, informasi lowongan kerja dapat dengan mudah diakses dimana saja. Internet seolah-olah memudahkan segalanya. Sekarang, siapapun dapat memasarkan informasi lowongan kerja tanpa harus mengeluarkan biaya mahal seperti halnya memasang iklan di media cetak. Kemudahan ini tentu membawa dampak positif. Namun, di sisi lain juga membawa dampak negatif. Salah satunya adalah banyaknya penipuan iklan lowongan kerja. Penipuan lowongan kerja seperti ini sering kali memakan korban. Maka dari itu, kalian harus waspada terhadap iklan-iklan perusahaan bodong seperti ini. Nah untuk menghindari termakan iklan perusahan bodong, kalian harus memperhatikan Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong berikut!

1. Menggunakan Email Gratisan dan Bukan Domain Sah (Resmi) Perusahaan

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong | sumber: www.pexels.com
Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong | sumber: www.pexels.com

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali adalah dengan melihat alamat email yang digunakan. Biasanya, perusahaan bodong sering kali menggunakan domain email gratisan atau bahkan domain bodong. Pada umumnya perusahaan besar akan menggunakan domain resmi perusahaan sebagai alamat email untuk mengirim lamaran. Jika kalian mendapat informasi lowongan kerja yang mengatasnamakan perusahaan besar ternama, kalian harus memperhatikan alamat email yang digunakan. Sering kali penipuan lowongan kerja mengatasnamakan perusahaan besar seperti Pertamina, Angkasa Pura, PLN, dan lain-lain. Mereka pun akan membuat domain email abal-abal yang menyerupai nama perusahaan tersebut. Untuk mencari tahu apakah email yang digunakan benar atau tidak, kalian perlu mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang akan kalian lamar. Jadi berhati-hatilah!

2. Domain Website Perusahaan Tidak Jelas

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong | sumber: www.pexels.com
Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong | sumber: www.pexels.com

Penipuan lowongan kerja biasanya memanfaatkan domain gratisan sebagai alamat website perusahaan bodongnya. Biasanya, para penipu itu memanfaatkan blogspot.com, wordpress.com, dan domain gratis lainnya untuk dijadikan alamat website perusahaan. Jadi, jika kalian menemukan domain perusahaan yang tidak jelas, serta tampilan websitenya pun tidak karuan-karuan, kalian wajib waspada. Bisa jadi, itu adalah perusahaan bodong yang punya tujuan menipu kalian.

3. Mengajak ke Tempat Interview Menggunakan Agen Travel

Nah ini dia yang paling mencurigakan. Penipu lowongan kerja biasanya akan menjelaskan bahwa proses interview dilakukan di lokasi tertentu. Biasanya lokasinya jauh dari domisili kalian. Untuk berangkat ke lokasi interview, si penipu akan meminta kalian berangkat menggunakan agen travel yang sudah mereka sediakan. Kalian pun akan dimintai biaya travel. Jika kalian mengiyakan, kalian akan benar-benar diantar oleh agen travel ke lokasi interview yang ditentukan. Namun jangan heran jika nanti lokasi yang ditentukan itu tidak jelas dan tidak ada diselenggarakan interview. Jadi kalian harus waspada dan jangan langsung membayar biaya travel begitu saja.

4. Meminta Uang Administrasi

Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong | sumber: www.pexels.com
Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong | sumber: www.pexels.com

Ini adalah modus yang paling umum digunakan oleh para penipu. Mereka biasanya akan meminta uang administrasi saat interview. Dengan iming-iming kalian akan diterima di perusahaan tersebut. Padahal, uang tersebut hanya akan dimanfaatkan oleh penipu untuk kebutuhan mereka. Jadi, jangan dengan mudah percaya dan memberikan uang begitu saja.

Nah itu dia Ciri-Ciri Lowongan Kerja Bodong yang perlu kalian ketahui. Nah untuk menambah pengetahuan kalian juga untuk menghindari penipuan saat wawancara, baca juga artikel Waspada Penipuan Lowongan Kerja Pada Tahap Wawancara. Semoga artikel ini membantu.

Bagikan :