Cara Membuat CV: Perhatikan 3 Hal Penting Ini

Cara Membuat CV: Perhatikan 3 Hal Penting Ini – Bagi kalian yang akan mencari pekerjaan, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah CV (curriculum vitae), portfolio atau surat lamaran. Hal-hal tersebut merupakan komponen utama dalam melamar kerja. Meskipun terkesan mudah dan merupakan hal yang kecil, tetapi sebenarnya ketiga komponen itu sangat penting untuk menentukan dipanggil atau tidaknya kalian oleh perusahaan tempat kalian melamar. Terutama CV. Terkadang kita sering kali menyepelekan hal-hal kecil dari CV yang notabene akan berdampak besar pada penilaian HRD kepada kita. Nah dalam tulisan ini akan disampaikan cara membuat CV dengan memperhatikan 3 hal penting ini.

3 Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat CV
3 Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat CV | sumber: pexels.com

1. Gunakan Tabel

cara membuat CV menjadi hal paling utama yang harus kalian perhatikan. Biodata diri, latar belakang pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, akan lebih baik jika ditulis dalam bentuk tabel. Hal ini akan memudahkan HRD perusahaan tempat kalian melamar pekerjaan untuk membaca CV kalian. Jangan sekali-sekali membuat CV dalam bentuk narasi. Karena akan mempengaruhi psikis HRD karena melihat tulisan yang banyak dan membuat mereka menghabiskan waktu untuk membaca kata per kata sehingga pada akhirnya membuat mereka enggan untuk membacanya. Jadi gunakan lah tabel untuk mendeskripsikan data diri kalian.

3 Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat CV
3 Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat CV | sumber: pexels.com

2. Memasukkan data diri secara terstruktur

Mungkin sebagian orang ketika menginput data dirinya ke dalam CV tidak memperhatikan urutan data apa saja yang dicantumkan terlebih dahulu. Padahal sangat penting untuk menginput data diri dengan urutan yang mudah dipahami oleh HRD, atau menginput dengan terstruktur. Berikut contoh urutan data diri yang perlu kalian input pada CV kalian:

  • Identitas Diri: nama lengkap, jenis kelamin, status, alamat, nomor telepon dan alamat email;

  • Pendidikan: pendidikan terakhir, jurusan dan IPK;

  • Keterampilan: keterampilan yang Anda miliki seperti kemampuan bahasa asing atau sejenisnya

  • Pengalaman: bagi fresh graduate mungkin bisa memasukkan pengalaman organisasi atau magang. Sedangkan bagi kalian yang sudah bekerja bisa memasukan pengalaman kerja.

  • Training/Pelatihan Terbaru: pelatihan yang telah diikuti 2-3 tahun terakhir. Ini dapat menambah nilai kalian dimata HRD;

  • Personalitas: gambaran singkat karakter diri Anda.

  • Informasi lain tentang diri anda: hobi, referensi atau hal lain tentang diri Anda yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Gunakan bahasa yang singkat, padat, jelas dan sopan

Hal terakhir yang paling penting dalam membuat CV adalah menggunakan bahasa atau pemilihan diksi yang singkat, jelas, padat dan sopan. Jangan sampai membuat HRD bingung karena kalian menjelaskan diri kalian dengan kata-kata yang ribet dan tidak jelas pointnya apa, atau bahkan menggunakan kata-kata yang tidak sopan. Itu akan snagat berpengaruh pada penilaian HRD terhadap karakter anda.

3 Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat CV
3 Hal Penting yang Harus diperhatikan Dalam Membuat CV | sumber: pexels.com

Jadi perhatikanlah ketiga hal tersebut diatas dalam membuat CV. Perihal kreatifitas bisa kalian ekspresikan dengan bebas dalam CV kalian asalkan masih dalam batas wajar. Semoga artikel ini membantu kalian ya!

 

Bagikan :