Mencari Pekerjaan Baru Ketika Masih Berstatus Karyawan? Begini Caranya!

Mencari Pekerjaan Baru Ketika Masih Berstatus Karyawan? Begini Caranya! – Berdasarkar survei yang dilakukan oleh jobsDB, ada sebesar 59% responden memiliki keinginan untuk mengganti pekerjaannya dalam satu tahun kedepan. Jika kamu adalah salah satu orang yang termasuk dalam 59% tersebut, sebaiknya kamu mulai bersiap-siap untuk mencari karir yang lebih baik.

Memang pasti akan sulit jika kamu mencari pekerjaan baru setelah seharian menghabiskan waktu bekerja di kantor. Badan dan pikiran kamu pasti sudah lelah dan meminta kamu untuk istirahat dan langsung tidur ketika sampai di rumah. Tenang saja, disini akan dijelaskan bagaimana langkah mudah untuk mencari pekerjaan baru saat kamu masih berstatus karyawan dan bekerja di tempat lain.

1. Buat Profil di Job Portal

Buat Profil di Job Portal | www.pexels.com

Saat ini sudah banyak sekali Job Portal yang bertebaran di Internet. Kamu bisa membuat profil di berbagai job portal tersebut supaya kamu bisa dapat e-mail harian yang berisi tentang lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu, jika kamu sudah meng-upload resume atau CV kamu, kamu bisa dengan mudah melamar berbagai macam pekerjaan hanya dengan beberapa klik saja.

Beberapa job portal besar sekarang juga sudah memiliki versi mobile, jadi kamu bisa mencari lowongan kerja dimanapun dan kapanpun. Jadi kamu tidak perlu merasa kekurangan waktu untuk mencari pekerjaan setelah jam pulang kantor.

2. Tetap Realistis

Tetap Realistis

Mencari lowongan pekerjaan bukanlah hanya tentang mencari perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja. Tetapi juga tentang profil perusahaan tersebut, mengedit resume sesuai dengan pekerjaan tersebut dan membuat objektif karir. Tentu saja hal ini memerlukan waktu dan pikiran.

Mulailah dengan mengerjakan yang lebih kecil seperti meng-update resume dengan pengalaman kerja terbaru kamu. Pada umumnya, untuk mengirimkan lamaran pekerjaan dibutuhkan satu jam atau bahkan lebih. jadi sebaiknya kamu mengirimkan satu lamaran kerja saja dalam satu hari agar tidak terlalu lelah.

3. Beritahu Orang Lain

Beritahu Orang Lain | www.pexels.com

Ketika kamu sedang mencari pekerjaan baru, ada baiknya keluarga, teman atau kolega kamu juga mengetahui hal tersebut. Karena mungkin saja mereka mengetahui info lowongan kerja yang sesuai dengan keinginan kamu. Atau mungkin saja ada lowongan kerja di tempat mereka bekerja.

Kamu bisa mulai untuk menghubungi kenalanmu satu persatu dan katakan keinginan kamu dengan jujur. Terkadang info dari mulut ke mulut dapat dengan sukses mengantarkan kamu ke pekerjaan yang lebih baik.

 

Tetapi kamu juga harus tetap berhati-hati dalam bercerita kepada siapa kamu memberi info tersebut. Sebaiknya jangan memberitahu teman satu kantor kamu, karena hal tersebut bisa membuat kamu langsung keluar dari pekerjaan kamu sekarang sebelum kamu mendapatkan pekerjaan baru.

Bagikan :