Mau Melamar Kerja? Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Berikut

Mau Melamar Kerja? Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Berikutnya – Bagi yang sedang sibuk melamar pekerjaan. Pastinya sudah tahu kalau surat lamaran kerja adalah salah satu yang dibutuhkan juga selain CV (curriculum vitae). Surat lamaran kerja menjadi penting bagi perusahaan karena selain dari latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang sudah kamu punya. Perusahaan ingin mengetahui lebih dalam tentang motivasi kamu melamar pekerjaan tersebut.

Saat membuat surat lamaran kerja sebaiknya pelamar mengetahui posisi pekerjaan yang akan dilamar. Agar saat membuat surat lamaran kerja si pelamar bisa lebih jelas menulis isi surat lamaran kerja. Sesuaikan dengan surat yang anda kirim. Jangan lupa untuk ikut sertakan informasi tentang keahlian dan pengalaman anda yang sesuai dengan pekerjaan yang ada lamar.

Mau Melamar Kerja? Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Berikutnya
Mau Melamar Kerja? Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Berikutnya | Image Source : Pexels.com

Surat anda harus menunjukkan kepada manajer perekrutan. Memberikan infomasi singkat mengenai mengapa anda adalah kandidat yang baik untuk bisa diterima diperusahaan yang anda lamar. Selain hal tersebut, ada beberapa hal penting lain yang berkaitan dengan penulisan surat lamaran kerja umum di berbagai bidang :

 

1. Harus Efektif

Surat lamaran tidak hanya berfungsi sebagai duta bagi si pengirimnya. Akan tetapi juga harus dapat menarik perhatian dari calon atasan atau perusahaan. Jika surat lamaran ditulis secara efektif, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan balasan yang cukup baik dari pihak perusahaan.

2. Ketahui siapa pembaca surat lamaran anda

Yang perlu diingat adalah anda menulis surat untuk melamar kerja, bukan sedang menulis surat cinta. Jadi harus tahu dan paham siapa saja yang nantinya akan membaca surat lamaran kerja anda. Jadi, buat yang paling terbaik dan profesional.

3. Perhatikan susunan isi surat lamaran

Saat menulis surat lamaran kerja, anda harus memperhatikan dengan baik. Karena, surat lamaran yang baik dan benar tidak terlepas dari susunan isi yang saling berkesinambungan.

4. Sesuaikan dengan kualifikasi yang ada

Sebaiknya, anda tidak mencoba-coba untuk mengirim surat lamaran kerja dengan kualifikasi pekerjaan yang tidak terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang ada. Maka, anda harus memeriksa kembali apakah kualifikasi pekerjaan yang anda inginkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak SDM (sumber daya manusia) dari perusahaan yang anda lamar.

5. Kualifikasi CV ( Curriculum Vitae)

CV yang baik harusnya mempunyai beberapa hal berikut yaitu bersifat objektif, memuat riwayat pengalaman kerja yang anda miliki, membuat riwayat pendidikan anda, memuat keahlian dan kualifikasi anda, serta beberapa data pribadi anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Yang Baik dan Benar

Mau Melamar Kerja? Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Berikutnya
Mau Melamar Kerja? Simak Contoh Surat Lamaran Kerja Umum Berikutnya | Image Source : Pexels.com

 

Surat Lamaran Kerja

Jakarta, 27 Juni 2019

Kepada Yth.
HRD CIMB NIAGA FINANCE
Jakarta Pusat

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama Lengkap                : Agus Sentausa Negara
Tempat & tanggal lahir : Jakarta, 17 Agustus 1987
Alamat                              : JL. KH. Mas Mansyur No. 17 Jakarta Pusat, Kebon Kacang, Kec. Tanah Abang.
No Tlp                               : 081 999 017 662

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan CIMB NIAGA FINANCE untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat saya,

Agus Sentausa Negara

Download Surat Lamaran Kerja Umum disini.

 

Bagikan :