Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan

Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan

Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan – Pengunduran diri dari tempat kerja tentunya sudah tidak asing lagi di telinga. Merupakan salah satu hal yang kerap dilakukan oleh seorang karyawan yang ingin keluar dari tempat kerjanya. Setiap karyawan yang mengundurkan diri mempunyai alasan keluar dari tempat kerjanya. Namun banyak yang belum mengetahui bahwa saat mengundurkan diri/Resign, ada satu hal yang wajib anda berikan kepada pimpinan perusahaan.

Untuk anda yang ingin Resign, anda wajib membuat Surat Pengunduran Diri. Jika sebelumnya anda sudah pernah Resign, tentunya anda sudah tahu tentang surat ini. Banyak yang belum mengetahui tentang surat ini dan cara membuatnya. Surat ini haruslah anda buat dengan baik dan benar karena merupakan surat penting. Sangat dianjurkan untuk tidak membuatnya dengan sembarangan. Bukan berarti saat anda Resign, anda dapat membuat surat ini dengan sembarang. Sebelum anda membuat surat ini, sebaiknya anda pelajari terlebih dahulu tentang Surat Pengunduran Diri ini.

Apa itu Surat Pengunduran Diri ?

Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan
Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan | Image Source : Freepik.com

Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat untuk memberitahukan keinginan anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja. Surat ini sangat diperlukan guna sebagai salah satu syarat administrative dalam mengajukan pengunduran diri. Maka dari itu, Surat Pengunduran Diri (Resign Letter) ini wajib anda buat jika anda ingin mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja. Pentingnya membuat surat ini dengan baik bertujuan untuk tetap menjaga hubungan dan nama baik serta koneksi dalam dunia kerja.

Hal Yang Penting dan Harus Tercantum Dalam Surat Pengunduran Diri

1. Tujuan yang logis

Terangkanlah alasan anda mengundurkan diri dari sebuah perusahaan tempat anda bekerja dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar, serta selalu ingat untuk berkata sopan.

2. Gunakanlah kata yang sopan

Dalam membuat surat ini, anda juga diharuskan untuk berkata yang sopan dan penuh hormat. Ketika Resign  bukan berarti anda bebas untuk  berbicara semau anda. Tetaplah ingat, koneksi anda pada dunia kerja sangatlah penting, maka dari itu tetaplah bersikap professional. Memiliki nama baik juga dapat anda gunakan sebagai batu loncatan untuk karier anda dimasa depan.

3. Identitas diri

Hal yang penting satu ini harus tetap anda cantumkan. Cantumkan identitas diri anda secara lengkap seperti,

  • Nama
  • Alamat
  • Jabatan pada perusahaan tersebut

4. Ucapkan rasa Terima Kasih

Ucapan ini biasanya di isi pada paragraph kedua setelah penjelasan alasan pengunduran diri. Jangan lupa berterima kasih karena telah diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Ini jelas akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang professional dan rendah hati.

5. Ucapkan permohonan maaf

Anda juga harus mencantumkan kata maaf pada surat Resign ini. Sampaikan permohonan maaf jika masih ada tugas yang belum terselesaikan. Juga meyampaikan permohonan maaf jika selama bekerja ada kesalahan secara disengaja atau tidak disengaja.

Contoh Surat Pengunduran Diri / Resign Letter

Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan
Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan | Image Source : Pexels.com

Bandung , 22 Januari 2020

Kepada

Yth. Pimpinan

PT. Nuansa Raya Nusantara

Bandung

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama             : Junanda Pramuditya Perkasa

Alamat            : Jl. Bahureksa No.11, Bandung

Jabatan          : Staff Administrasi

NIP                : 19950817 201507 1 043

Dengan surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan Bapak/Ibu. Terhitung pada tanggal 22 /1 /2020  Dikarenakan saya ingin mengembangkan potensi saya di perusahaan lain.

Sebelumnya saya mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya karena Bapak/Ibu sudah memberikan kesempatan bagi saya untuk belajar dan bekerja dengan profesional. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan yang selama ini telah diberikan baik secara tidak langsung ataupun secara langsung. Tidak lupa, saya juga ingin mengucapkan rasa terima kasih pada rekan-rekan kerja yang sudah berjuang bersama dalam mencapai target perusahaan.

Saya memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Saya juga mohon maaf bila selama ini saya melakukan kesalahan secara sengaja atau tidak sengaja. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat Saya,

Junanda Pramuditya Perkasa

Sekian Contoh Surat Resign Atau Pengunduran Diri Dari Pekerjaan Yang Sopan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membuat surat pengunduran diri yang sopan. Simak juga artikel menarik tentang dunia kerja lainnya hanya di LokerJakarta.id Blog.

Terima kasih.

Bagikan :