Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja – Pernah mendengar tentang surat penguunduran diri? Tentunya hal ini sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun meski demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui tentang cara pembuatan surat satu ini. Jika anda seorang karyawan, tentunya anda sudah mengetahui tentangg cara pembuatan surat pengunduran diri ini. Beberapa orang masih membuat surat ini dengan sembarangan. Perlu anda ketahui bahwa pembuatan surat ini tidak boleh dibuat sembarangan. Surat pengunduran diri merupakan surat penting,maka dari itu sangat diharapkan membuat surat ini dengan professional dan baik.

Pembuatan surat ini sangatlah mudah, formatnya masih sama dengan surat pernyataan lainnya. Bagian pembedanya hanya pada bagian isi surat saja, pada bagian suratnya menerangkan alasan anda untuk Resign. Untuk anda yang kebingungan dengan cara pembuatan surat ini, yuk simak contohnya dibawah ini.

Pengertian Surat Pengunduran Diri

Sekian Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja
Sekian Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja | Image Source : Unsplash.com

Sebelum melanjutkan ke contoh, ada baiknya anda memahami sedikit tentang surat pengunduran diri ini agar dapat membuatnya dengan baik. Surat pengunduran diri adalah surat yang dibuat untuk memberitahukan keinginan anda untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat anda bekerja. Surat ini sangat diperlukan guna sebagai salah satu syarat administrasi dalam mengajukan pengunduran diri. Maka dari itu, surat pengunduran diri atau surat resign ini harus dibuat dengan baik.

Hal Yang Penting Dalam Surat Pengunduran Diri

Sekian Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja
Sekian Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja | Image Source : Unsplash.com

Perlunya membuat surat pengunduran diri yang dimana bertujuan untuk tetap menjaga hubungan dan nama baik serta koneksi dalam dunia kerja. Berikut hal- hal yang penting dalam surat pengunduran diri :

1. Tujuan yang logis

Dalam pengunduran diri, tentunya anda mempunyai alasan kenapa anda memilih untuk resign dari perusahaan tersebut. Terangkanlah alasan anda mengundurkan diri dari sebuah perusahaan tempat anda bekerja dengan singkat, padat, dan jelas. Tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar, serta selalu ingat untuk berkata sopan.

2. Gunakanlah kata-kata yang sopan

Dalam membuat surat ini, anda diharuskan untuk menggunakan kata-kata yang sopan. Ketika anda Resign dari perusahaan tersebut,  bukan berarti anda bebas untuk  berbicara sesuka anda. Ingatlah, koneksi anda pada dunia kerja sangatlah penting, maka dari itu tetaplah bersikap professional. Memiliki nama baik juga dapat anda gunakan sebagai batu loncatan untuk karier anda dimasa depan. Tentunya hal ini sangat penting untuk anda perhatikan.

3. Cantumkan identitas diri

Dalam membuat surat pernyataan, umumnya anda haruslah mencantumkan identitas diri anda dengan lengkap. Sama seperti pada surat pengunduran diri ini, anda haruslah mencantumkan identitas anda. Hal yang penting satu ini harus tetap anda cantumkan, cantumkanlah identitas diri anda secara lengkap, seperti :

  • Nama
  • Alamat
  • Jabatan pada perusahaan

4. Ucapkan rasa Terima Kasih

Ucapan ini biasanya di isi pada paragraph kedua setelah penjelasan alasan pengundurqan diri. Jangan lupa berterima kasih karena telah diterima untuk bekerja di perusahaan tersebut. Ini jelas akan memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang professional dan rendah hati.

5. Ucapkan permohonan maaf

Anda juga harus mencantumkan kata maaf pada surat pengunduran diri ini. Sampaikan permohonan maaf jika masih ada tugas yang belum terselesaikan. Juga meyampaikan permohonan maaf jika selama bekerja ada kesalahan secara disengaja atau tidak disengaja. Dengan ini anda akan terlihat lebih professional dalam berkarier.

Contoh Surat Penguduran Diri Karyawan Swasta

SURAT PENGUNDURAN DIRI

 

Surabaya, 10 Juni 2019

Kepada Yth,

PT. Bersama Taklukan Dunia

Jl. Banyu Urip No.10

Surabaya

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Juna Febri Baskara

Tempat/ Tanggal lahir : Surabaya, 16 Maret 1995

Jabatan : Staff Content Creator

Alamat : Jl. Banyu urip, Gg. Buwung Puyuh No.05, Surabaya

NIP : 19950817 201507 1 043

Melalui surat ini, saya Mustafa Musa bermaksud mengajukan pengunduran diri dari PT. Bergerak Maju Bersama sebagai Staff Gudang terhitung mulai tanggal 20 Juni 2019.

Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang saya dapatkan ketika bekerja pada PT. Bergerak Maju Bersama. Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh rekan-rekan karyawan dan manajemen PT. Bergerak Maju Bersama jika selama saya bekerja sempat terjadi kesalahan dan kekeliruan yang saya lakukan.

Saya berharap, PT. Bergerak Maju Bersama semakin berkembang pesat, sukses selalu dan sesalu menjadi yang terbaik.

 

Hormat Saya,

Juna Febri Baskara

Sekian Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Swasta dari Tempat Bekerja. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membuat surat pengunduran diri. Lihat juga artikel menarik lainnya seputar dunia kerja LokerJakarta.id Blog.

Artikel terbaru

Kategori