Mengajukan Resign Dengan Baik

Mengajukan Resign Dengan Baik – Bagi kalian para fresh graduate pasti pernah mendengar atau menerima ucapan “welcome to reality” ketika lulus kuliah. Atau ucapan lain seperti “selamat datang di dunia kerja” dengan senyum jenaka. Mungkin saat menerima ucapan itu kalian para fresh graduate masih tidak mengambil pusing. Karena semangat untuk mengejar cita-cita sedang berapi-api dan euphoria kelulusan masih menyelimuti. Namun ketika sudah mulai bekerja, tidak sedikit dari para pekerja fresh graduate yang tidak bertahan lama di tempat kerjanya. Entah karena perasaan kurang nyaman, karena tidak sesuai dengan bidang yang ditekuni, atau tidak sesuai dengan passion. Ketika sudah jenuh dengan pekerjaan yang digeluti, munculah keinginan untuk mencari pekerjaan baru dan mencoba karir di dunia baru. Alhasil, keputusan untuk melakukan pengunduran diri alias resign pun menjadi yang terbaik. Mungkin bagi sebagian fresh graduate merasa bingung untuk mengajukan resign. Bagaimana agar bisa resign dengan tetap menjaga hubungan baik dengan kantor merupakan salah satu beban pikiran yang akan dirasakan ketika akan mengajukan resign. Nah artikel ini akan membantu kalian untuk Mengajukan Resign Dengan Baik. Yuk baca selengkapnya!

1. Mengikuti tata tertib perusahaan untuk mengajukan resign

Masing-masing perusahaan biasanya mempunyai tata tertib untuk para karyawannya. Tata tertib tersebut sudah barang tentu tidak sama antar satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Begitu pula dengan tata tertib untuk mengajukan resign. Nah bagi kalian yang akan resign, alangkah baiknya untuk mengikuti tata tertib di perusahaan kalian. Itu akan menambah nilai plus dimata atasan karena dengan mengikuti tata tertib perusahaan kalian sudah menghargai perusahaan kalian. Biasanya, setiap perusahaan akan menentukan peraturan 1 month notice atau pengajuan resign 1 bulan sebelumnya. Maka dari itu, persiapkan diri kalian sebelum mengajukan resign dan pastikan kalian sudah melakukan sesuai tata tertib perusahaan.

2. Mencari waktu yang tepat untuk mengajukan resign

Nah setelah menyiapkan segala kelengkapan untuk mengajukan resign, sekarang saatnya mengajukan resign tersebut. Pemilihan waktu untuk mengajukan resign ini sangat penting lho! Karena jika kalian tidak mengajukan disaat yang tepat, permohonan resign kalian bisa saja ditolak. Alangkah baiknya mengajukan resign ketika suasana kantor sedang baik dan terlebih lagi ketika suasana hati atasan sedang bahagia. Biasanya pembicaraan mengenai pengajuan resign kalian akan bisa dibahas lebih baik dengan kepala dingin dan suasana hati yang tenang.

3. Jangan lepaskan tanggung jawab begitu saja setelah mengajukan resign

Jika sudah mengajukan resign, jangan langsung meninggalkan tanggung jawab pekerjaan begitu saja. Justru tanggung jawab pekerjaan harus kalian selesaikan sebelum resign. Kerjakan dan selesaikanlah tanggung jawab tersebut dengan maksimal. Tetap bekerja sepenuh hati dan sungguh-sungguh meskipun sudah mengajukan resign akan menambah nilai positif untuk kalian. Karena hal ini menunjukkan bahwa kalian adalah pribadi yang bertanggung jawab dan tidak lari begitu saja dari tugas.

Nah itu dia hal-hal yang perlu kalian perhatikan untuk mengajukan resign dengan baik. Ketika kalian memutuskan untuk resign, pastikan kalian sudah mantap dengan keputusan resign tersebut dan sudah mempunyai alasan resign yang tepat. Sekalipun kalian akan memutuskan untuk hengkang dari perusahaan, semua hal harus tetap dikomunikasikan baik-baik. Jangan sampai kalian meninggalkan kesan yang tidak baik sebelum resign. Semoga artikel ini bermanfaat! Baca juga Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD bagi kalian yang mau mengajukan lamaran kerja!

Bagikan :