Tiga Kata Ajaib Dalam Komunikasi

Tiga Kata Ajaib Dalam Komunikasi – Perkembangan teknologi sudah sangat membantu kehidupan manusia. Dalam segala bidang kehidupan, perkembangan teknologi selalu mengambil andil untuk mempermudah manusia. Salah satu bidang kehidupan manusia yang sangat terbantu dengan adanya perkembangan teknologi adalah bidang komunikasi.Dulu, manusia masih menggunakan cara-cara konvensional dalam berkomunikasi jarak jauh. Seperti misalnya menggunakan contoh surat yang kemudian diantar dengan burung hantu, atau yang lebih modern lagi mengirimkan surat lewat kantor pos. Seiring berkembangnya teknologi, komunikasi menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Hingga sekarang, sarana komunikasi sangat beragam hingga berbasis online. Namun seiring berkembangnya teknologi komunikasi, secara beriringan juga terjadi degradasi etika komunikasi. Penurunan etika komunikasi dirasa ketika setiap orang sudah dengan mudah dapat menghubungi orang lain dan kemudian melupakan bagaimana seharusnya melakoni komunikasi tersebut sesuai budaya Indonesia. Dalam artikel ini akan dibahas tiga kata ajaib dalam komunikasi yang membuat komunikasi lebih baik dan tidak boleh kalian lupakan.

1. Ucapkan kata ajaib ‘tolong’

Sering kali kita melupakan kata tolong ketika hendak meminta orang lain untuk melakukan sesuatu hal yang kita inginkan. Meskipun kedengarannya sangat sepele, ucapan kata tolong sebenarnya membuat komunikasi yang kalian lakukan lebih sopan dan lebih nyaman. Sebab tidak ada yang merasa diperintah atau memerintah. Sekecil apapun hal yang kita minta orang lain untuk lakukan, jangan lupa untuk mengatakan tolong.
Di jaman sekarang ini, sering kali kita lupa untuk meminta tolong baik ketika berkomunikasi langsung ataupun tidak langsung. Salah satu dari tiga kata ajaib yaitu kata tolong, cenderung dilupakan karena kebanyakan orang menganggap apa yang diminta tidak membuat orang lain repot atau keberatan. Padahal kata tolong dalam komunikasi tidak hanya soal repot atau keberatan. Tetapi juga soal bagaiana kita menghargai waktu orang lain yang kita minta untuk melaksanakan apa yang kita inginkan sehingga mereka dapat menolong kita.

Tiga Kata Ajaib Dalam Komunikasi | sumber: pexels.com
Tiga Kata Ajaib Dalam Komunikasi | sumber: pexels.com

2. Ucapkan kata ajaib ‘maaf’

Selain kata tolong, kata maaf juga merupakan salah satu dari 3 kata ajaib yang akan membuat komunikasi menjadi lebih sopan dan nyaman di terima. Mengakui kesalahan dengan meminta maaf tidak akan membuat kita menjadi rendah. Justru orang yang berjiwa besar akan sangat mudah untuk mengakui kesalahannya dan kemudian meminta maaf.
Kebanyakan orang juga melupakan kata ajaib ‘maaf’ karena mengganggap apa yang sudah dilakukan adalah perbuatan yang normal dengan menggunakan standar normal mereka. Padahal tidak semua orang memiliki perasaan yang sama dengan kita dan memiliki pandangan yang sama dengan kita dalam sesuatu hal. Sehingga kadang hal yang kita anggap biasa saja sebenarnya melukai perasaan orang lain.
Maka dari itu, meminta maaf akan membuat rasa nyaman ketika berkomunikasi langsung maupun tidak langsung untuk menghindari miss understanding dan untuk menghindari melukai perasaan orang lain.

 

Tiga Kata Ajaib Dalam Komunikasi | sumber: pexels.com
Tiga Kata Ajaib Dalam Komunikasi | sumber: pexels.com

3. Ucapkan kata ajaib ‘terimakasih’

Yang terakhir yang harus kita ingat adalah mengucapkan ‘terima kasih’ dalam komunikasi kita. Baik setelah kita menerima bantuan ataupun ketika kita sudah menyudahi komunikasi. Mengucapkan kata ajaib ‘terima kasih’ membuat kita menjadi pribadi yang menghargai dan mengapresiasi waktu yang telah dihabiskan untuk bercakap-cakap dengan kita. Sehingga ini akan memberi kesan pribad positif dalam mengakhiri sebuah pembicaraan.

Nah demikian 3 kata ajaib dalam komunikasi yang harus kalian ingat ya! Semoga membantu!

Bagikan :