Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate

Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate – Bagi para fresh graduate, kerap kali mengalami kebingungan ketika akan memilih pekerjaan. Mulai dari menimbang jenis pekerjaannya, gaji yang di dapat, waktu kerja yang ditentukan, dan yang terpenting adalah apakah pekerjaan itu sesuai dengan minat dan kemampuan. Saking banyaknya sektor lapangan pekerjaan, justru para fresh graduate semakin bingung menentukan arah. Apalagi seluruh sektor itu sangat menjanjikan. Belum lagi ditambah jumlah lulusan sarjana yang tiap tahunnya sangat banyak. Semakin banyak saingan, semakin besar peluang gagal? Tidak juga! Dimana ada usaha, pasti disana ada hasil. Nah bagi kalian para fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan, yuk simak Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate berikut!

1. Kenali Potensi Diri

Mengenal potensi diri sangat berpengaruh dalam menentukan karir yang akan kalian geluti. Jika kalian sudah tau potensi kalian, maka tinggal menyesuaikan dengan pekerjaan yang akan kalian lamar. Pilihlah potensi mana yang sekiranya layak untuk dijadikan sebagai ladang penghasilan. Kalian tentu familiar dengan kalimat ‘hobi yang dibayar adalah pekerjaan yang paling menyenangkan’ bukan? Nah ini dia, dengan mengenal potensi diri maka kalian bisa mendapatkan penghasilan dari hobi kalian!

Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate | sumber: www.pexels.com
Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate | sumber: www.pexels.com

2. Perluas dan Bangun Relasi yang Baik

Ingat, relasi dalam dunia kerja itu penting! Selain sebagai sarana untuk mendapatkan banyak informasi terbaru, kalian juga punya peluang untuk direkomendasikan. Dalam hal ini, semakin bagus relasi yang kalian bangun maka semakin besar peluang kalian untuk dipromosikan ke perushaan tempat relasi kalian bekerja. Meskipun terdengar sederhana, namun relasi ini sangat berarti. Karena tak sedikit perusahaan memilih orang yang sudah punya track record dan direkomendasikan untuk diperkerjakan.

Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate | sumber: www.pexels.com
Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate | sumber: www.pexels.com

3. Tambah Kemampuan Diri

Pesaing di dunia kerja itu tidak sedikit. Oleh karena itu, kalian harus punya nilai tambah dibandingkan pesaing-pesaing lainnya. Meningkat kemampuan diri dan terus belajar adalah salah satu cara untuk mengalahkan pesaing kalian. Seperti halnya kemampuan komunikasi dan bahasa. Mengingat era globalisasi seperti sekarang ini, sepertinya sudah menjadi kewajiban kalian untuk bisa berbahasa Inggris. Oleh karena itu, tekunlah belajar dan terus tingkatkan kemampuan diri. Selain untuk menambah nilai plus ketika melamar, kemampuan komunikasi dan bahasa juga akan mempermudah kalian beradaptasi di lingkungan kerja.

Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate | sumber: www.pexels.com
Tips Cepat Kerja Buat Fresh Graduate | sumber: www.pexels.com

Nah itu dia tiga tips sederhana yang bisa kalian coba. Bagi para fresh graduate kalian tentu memiliki semangat yang berkobar untuk memasuki dunia kerja. Selain tiga tips diatas, yang tak kalah penting adalah berdoa dan berusaha terus dan terus. Jangan mudah menyerah! Kalian juga bisa baca artikel tentang 3 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Wawancara untuk menambah wawasan kalian! Semoga artikel ini bermanfaat!

Bagikan :