Tips Sukses Wawancara Kerja Fresh Graduate

Tips Sukses Wawancara Kerja Fresh Graduate – Apakah anda sedang bingung ditengah kegembiraan setelah lulus kuliah ? merasa sangat gembira dan senang ketika lulus masa pendidikan memang hal yang wajar. Namun, terkadang ada rasa yang mengganjal dalam memikirkan langkah selanjutnya untuk mendapatkan perkerjaan. Inilah yang di pikirkan  setelah lulus kuliah “Aku harus segera mendapatkan pekerjaan”. Selain mempersiapkan wawancara dengan bahasa Indonesia kalian juga harus mempersiapkan jika di tanya menggunakan Bahasa Inggris.

 

Mendapat pekerjaan yang sesuai memang menjadi keinginan setiap orang apalagi seorang Fresh Graduate. Untuk mendapatkan pekerjaan tentunya harus melewati berbagai tahapan. Salah satu tahapan yang wajib dijalani adalah wawancara atau interview secara langsung bertatap wajah. Bagi yang merasa kebingungan dan membutuhkan jawaban, maka simaklah artikel berikut untuk Tips Sukses Wawancara Kerja Fresh Graduate. Kalian bisa juga cek CV kalian apakah sudah layak untuk melamar

Sumber Gambar (www.pexels.com)
  • Persiapkan Diri Semaksimal Mungkin

    Untuk hal yang satu ini merupakan syarat wajib untuk menghadapi wawancara kerja fresh graduate. Kesehatan tubuh, suasana hati atau mood benar-benar harus dijaga. Ada hal yang perlu diperhatikan bahwa kadangkala saat tes wawancara penguji sengaja membiarkan kita dalam keadaan menunggu panggilan yang cukup lama. Bukan berarti anda untuk tidak datang tepat waktu. Ontime adalah syarat yang utama.
  • Penuh Percaya Diri

    Merupakan salah satu aspek penting yang diperhatikan oleh perusahaan untuk calon karyawan yang nantinya akan bekerja di bidang yang bersinggungan dengan banyak orang. Kemungkinan sangat kecil untuk lolos interview kerja jika satu hal ini belum bisa anda kuasai.
    Kepercayaan diri tidak hanya berfungsi agar si karyawan dapat berkomunikasi dengan orang lain lebih baik lagi, namun juga agar karyawan lebih memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tugas kerja yang dibebankan, semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin percaya perusahaan tersebut memperkerjakan anda.
  • Berfikir Positif

    Anda mungkin sudah sering dengar dalam pendidikan psikologi dan ilmu kehidupan, jangan pernah berfikiran negatif, don’t be negative thinking, selalu berpikirlah positif, be positive thinking. Itu artinya anda diminta untuk tidak sekali-kali mengatakan TIDAK, namun katakan YA!.
    Singkatnya seperti ini, otak kita jika dijejali hal-hal yang negatif atau selalu mengatakan tidak maka alam bawah sadar kita akan merespon itu semua, oleh sebab itu seringkali jika kita mengatakan tidak maka hal-hal negatif akan datang pada kita. Namun sebaliknya jika sobat suka mengatakan YA maka otak kita atau entah bagaimana akan mencari jalan keluar demi suksesnya kata YA tersebut, alam bawah kita akan menuntun untuk kesuksesan kata YA tersebut.
  • Jawab Dengan Tegas

    Pada poin ini banyak sekali para peserta tes wawancara kerja fresh graduate yang melakukan kesalahan yang seharusnya tidak perlu mereka lakukan. Banyak dari fresh graduate yang memberikan jawaban wawancara kerja bertele-tele saat ditanyai oleh pihak HRD (Human Resource Departement) perusahaan.
    Dengan memberikan jawaban wawancara kerja yang bertele-tele atau berputar-putar maka anda akan dicap oleh sang HRD sebagai orang yang tidak tegas dan lebih buruknya anda akan dianggap orang yang pandai berkilah. Dengan begini kesempatan anda untuk masuk ke perusahaan yang anda inginkan semakin sempit dan bahkan tertutup.
  • Berikan Jawaban Yang Normatif Saat Ditanya Mengenai Gaji

    Ini nih bab yang membuat seorang pelamar pekerjaan di tahap wawancara kerja, apalagi wawancara kerja fresh graduate yang notabene belum pernah gajian. Namun anda tidak boleh bingung jika menerima pertanyaan dari penguji mengenai jumlah nominal gaji yang anda inginkan jika diterima diperusahaan yang anda lamar.
    Jawaban yang normatif dalam artian jawaban yang anda berikan tidak perlu menjawab pertanyaan secara spesifik tetapi jawaban yang lebih luas. Saat anda ditanya mengenai hal ini oleh HRD banyak fresh graduate yang melakukan kesalahan dengan mengajukan gaji yang terlalu muluk-muluk.
    Sebagai fresh graduate yang masih miskin pengalaman ada baiknya jika ditanya “Berapa gaji yang Anda inginkan?” cukup sobat jawab, “Cukup sesuai dengan standar perusahaan dan standar pemerintah saja.” itulah contoh jawaban saat interview. Jawaban seperti ini akan membuat tim HRD berpikir bahwa anda orang yang kompeten dan siap bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang lebih. Jika anda menjawab bagian ini dengan terlalu muluk-muluk bukan tidak mungkin jika anda tidak akan lolos dari tes wawancara kerja ini.
    Baiklah, demikian yang bisa kami tuliskan mengenai Tips Sukses Wawancara Kerja Fresh Graduate. Bagikan informasi ini kepada teman-teman anda. Agar mereka juga mendapatkan manfaat atas jerih payah mereka dan anda selama menempuh pendidikan atau kuliah. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi anda yang bingung seputar Tips Sukses Wawancara Kerja Fresh Graduate.

 

Bagikan :