Contoh Surat Pengunduran Diri dari Jabatan Tertentu dan Format yang Benar

Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja – Saat ini, Surat lamaran kerja dan Curriculum Vitae (CV) mungkin sudah tidak asing lagi dengan dua hal ini. Ngomong-ngomong tentang surat lamaran kerja dan CV, seperti yang kita kehatui bahwa kedua hal ini berperan penting saat akan melamar. Dua dokumen ini harus anda siapkan saat akan melamar kerja.

Dari dokumen inilah perusahaan akan dapat mengetahui latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang anda punya. Maka dari itu, anda wajib menyiapkan surat lamaran kerja dan CV yang menarik agar dapat memikat perhatian HRD. Meskipun surat lamaran kerja dan CV sudah tidak asing ditelinga, ternyata masih ada orang yang kebingungan membuat kedua dokumen ini. Sebaiknya, sebelum anda membuat kedua dokumen ini, anda pelajari dulu cara membuat surat lamaran dan CV yang baik dan benar. Apalgi jika kamu seorang fresh graduate, tentu kamu akan butuh bimbingan untuk membuat cv fresh graduate.

Apa itu Surat Lamaran Kerja dan CV ?

Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat oleh pelamar kerja untuk dikirimkan ke suatu badan usaha/instansi bertujuan agar mendapatkan pekerjaan. Sedangkan Curriculum Vitae (CV) merupakan daftar riwayat hidup yang berisikan perjalanan hidup seseorang dari segi pendidikan dan pengalaman kerja. Kedua dokumen ini memang berkaitan, maka dari itu saat melamar kerja, kedua dokumen ini wajib anda kirim.

Pembuatan surat lamaran kerja dan CV ini tidak bisa dibuat dengan sembarangan karena merupakan dokumen yang bersifat penting. Sangat diwajibkan untuk membuat kedua dokumen ini dengan semenarik mungkin agar HRD/ Pihak perekrut dapat tertarik.

Walaupun anda melihat ada lowongan admin, Lowongan marketing atau lowongan lainnya, tetap CV anda harus menarik.

Selain itu, pembuatan lamaran kerja dan CV yang baik dan benar serta menarik akan memberikan nilai Plus agar dapat diterima.

Hal- hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Kerja dan CV

Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja | Image Source : Pexels.com
  • Hal yang perlu diperhatikan pada surat lamaran kerja, sebagai berikut :

1. Harus Efektif

Surat lamaran tidak hanya berfungsi sebagai duta bagi si pengirimnya, akan tetapi juga harus dapat menarik perhatian dari calon atasan atau perusahaan. Jika surat lamaran ditulis secara efektif, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan balasan yang cukup baik dari pihak perusahaan.

2. Ketahui siapa pembaca surat lamaran anda

Yang perlu diingat adalah anda menulis surat untuk melamar kerja, bukan sedang menulis surat cinta. Jadi harus tahu dan paham siapa saja yang nantinya akan membaca surat lamaran kerja anda, jadi buat yang paling terbaik dan profesional.

3. Perhatikan susunan isi surat lamaran

Saat menulis surat lamaran kerja, anda harus memperhatikan dengan baik karena surat lamaran yang baik dan benar tidak terlepas dari susunan isi yang saling berkesinambungan.

4. Sesuaikan dengan kualifikasi yang ada

Sebaiknya, anda tidak mencoba-coba untuk mengirim surat lamaran kerja dengan kualifikasi pekerjaan yang tidak terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang ada. Maka, anda harus memeriksa kembali apakah kualifikasi pekerjaan yang anda inginkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak SDM (sumber daya manusia) dari perusahaan yang anda lamar.

5. Kualifikasi CV ( Curriculum Vitae)

CV yang baik harusnya mempunyai beberapa hal berikut yaitu bersifat objektif, memuat riwayat pengalaman kerja yang anda miliki, membuat riwayat pendidikan anda, memuat keahlian dan kualifikasi anda, serta beberapa data pribadi anda. Lihat Cara Buat CV disini atau Cek Template CV Menarik disini.

1. Data Pribadi

Data pribadi atau personal information adalah data terutama yang harus ada didalam CV. Dengan adanya data pribadi, perusahaan akan mengetahui calon pekerja yang akan bekerja di perusahaan tersebut. Didalam data pribadi berisikan nama, tempat tanggal lahir, agama, status, agama, alamat, no.hp dan email. Perhatikan no.hp dan email agar tidak salah, karena HRD akan menghubungi anda melalu no.hp ataupun email yang anda cantumkan. Maka dari itu, perhatikanlah agar tidak salah.

2. Deskripsi Diri

Pada bagian ini, diharapkan untuk mengisi hal yang menarik dan menonjolkan tentan kemampuan yang anda miliki. Ini bertujuan untuk mempromosikan dirimu agar dinilai lebih oleh HRD. Cantumkan keunggulan yang kamu miliki seperti prestasi yang pernah kamu capai dengan ringkas. Dengan begitu HRD akan mempertimbangkan nilai anda untuk masuk ke tahap berikutnya. Cantumkan kalimat dengan singkat padat dan jelas, tidak bertele-tele.

3. Riwayat Pendidikan

Hal ini sangat wajib dicantumkan harus lengkap mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Cantumkan riwayat pendidikan lengkap dengan tahun masuk dan lulus serta mencantukan jurusan serta IPK saat lulus perguruan tinggi. Jika anda mengikuti kursus atau pelatihan, anda bisa mencantumkannya dilengkapi dengan sertifikat sah yang anda dapat.

4. Pengalaman Berorganisasi

Penulisan pengalaman berorganisasi bertujuan untuk memberi tahu tentang keaktifan anda dalam kehidupan bersosialisasi dengan orang sekitar. Sehingga HRD mengetahui anda dapat bekerjasama dengan team atau rekan kerja dalam bekerja saat anda direkrut. Cantumkan pengalaman berorganisasi mulai dari nama organisasi, jabatan organisasi, tahun masuk dan keluar, dan kegiatan pada organisasi tersebut.

5. Keahlian Akademik dan Non Akademik

Salah satu hal yang penting dan akan mendapatkan nilai plus dari HRD. Ini bertujuan agar HRD mengetahui apakah anda cocok diposisikan pada posisi yang anda lamar. Contoh, jika anda melamar pada teknisi jaringan, maka cantumkanlan sertifikan CISCO dan yang lainnya agar dinilai lebih oleh HRD.

6. Prestasi Yang Anda Capai

Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi yang pernah anda capai. Baik dari akademik maupun non akademik. Jelas dengan singkat, padat dan jelas jenis prestasi apa saja yang pernah anda capai.

7. Pengalaman Kerja

Hal ini sangat penting untuk anda cantumkan. Karena HRD ingin mengetahui pengalaman kerja anda sebelumnya. Ini menjadi salah satu petimbangan yang penting bagi HRD untuk menerima anda dan menjadi nilai plus untuk anda. Maka, jika anda sebelumnya pernah bekerja, cantumkanlah pengalaman anda lengkap berisikan tahun masuk dan keluar.

Hal-hal diatas harus anda perhatikan saat membuat surat lamaran kerja dan CV agar baik dan benar serta menarik. Selanjutnya kami akan memberikan Contoh surat lamaran kerja dan CV yang menarik untuk anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menarik

Jakarta, 27 Juni 2019

 

Kepada Yth.

PIMPINAN PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk.

Jakarta Pusat

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap                     : Cintya Amelyana Diantara, SE

Tempat & tanggal lahir        : Jakarta, 1 Juli 1994

Alamat                                    : Jl. Cinta itu indah, Jakarta

No Tlp                                    : 0819 9996 6717

 

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan PT. BANK NEGARA INDONESIA (Persero) Tbk. untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  • Fotocopy KTP
  • Pas foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

Cintya Amelyana Diantara, SE

Contoh Curriculum Vitae (CV) Menarik

Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja
Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja | Image Source : BikinCV.com

Sekian Contoh Surat Lamaran Kerja dan CV Menarik untuk Melamar Kerja yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk membuat surat lamaran kerja dan CV untuk melamar kerja. Simak juga berbagai artikel tentang informasi dunia kerja yang menarik lainnya hanya di LokerJakarta.id Blog .

Bagikan :