Berikut Adalah Contoh Surat Kuasa dari Advokat

Berikut Adalah Contoh Surat Kuasa dari Advokat

Berikut Adalah Contoh Surat Kuasa dari Advokat – Surat kuasa pengacara atau advokat mungkin sudah kalian ketahui atau pernah kalian dengar. Seperti yang kita ketahui, Surat kuasa merupakan surat yang berisi pemberian kuasa atau wewenang kepada seseorang yang sudah dapat kepercayaan atau orang yang telah dipercayai sehingga orang tersebut dapat bertindak atas nama pemberi kuasa.Surat kuasa ini diberikan oleh pemberi kuasa karena tidak dapat melakukannya.

Sementara itu, surat kuasa advokat atau pengacara ini merupakan surat pemberian kuasa untuk mewakili kliennya dalam melakukan tindakan hukum berdasarkan kuasa. Diberikan untuk Biasanya surat ini digunakan ketika akan mengurus sertifikat penting, seperti serah terima warisan, dll.

Menurut Undang-UIndang No.18 Tahun 2003 tentang Advokat Pasal 1, advokat adalah orang yang berprofesi memberi jasa hukum, baik di dalam maupun di luar pengadilan yang memenuhi persyaratan dan berdasarkan ketentuan UU dari advokat.

Pemberian surat ini biasanya berkaitan dengan suatu perkara dan diberikan kepada pengacara atau lawyer. Pemberian surat kuasa dalam suatu perkara pidana dan perdata sebenarnya memiliki perbedaan yang terkadang tidak diperhatikan dalam pembuatannya.

Pembuata surat kuasa satu ini masih sama dengan surat kuasa pada umumnya. Hanya saja berbeda pada bagian isi suratnya. Surat kuasa advokat ini biasanya diberikan berupa surat pdf atau doc agar surat tertata rapi dan tidak dapat di copy dengan sembarangan.

Contoh Surat Kuasa dari Advokat

"Berikut

Surat Kuasa Advokat

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Kusuma Putra, SH

Pekerjaan : Pegawai Negeri Sipil

Alamat : Jl. Raya Padjajaran No.32 Bogor

Dalam hal ini memilih domisili hukum di kantor kuasa tersebut di bawah ini, menerangkan bahwa memberi kuasa kepada Farman Saputra, SH Advokat/Asisten Advokat/Pembela Umum/Asisten Pembela Umum pada Kantor Hukum Farman & Partners yang beralamat di Jl. Empanx II No.18 Bogor yang bertindak secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama.

—— KHUSUS ——

Untuk dan atas nama pemberi kuasa mengajukan gugatan di Pengadilan Negeri Cibinong mengenai hutang-piutang terhadap Tn/Ny Susanti pekerjaan, bertempat tinggal di Jl. Contoh Surat N0.235. Untuk itu penerima kuasa diberi hak untuk menghadap di muka Pengadilan sera badan-badan kehakiman atau pembesar-pembesar lainnya, mengajukan permohonan-permohonan yang perlu, menjalankan perbuatan-perbuatan, atau memberikan keterangan-keterangan yang menurut hukum harus dijalankan atau diberikan oleh seorang kuasa, menerima dan mendatangani kuitansi-kuitansi, menerima dan melakukan pembayaran dalam perkara ini, membalas segala perlawanan, mengadakan perdamaian dengan persetujuan pemberi kuasa dan pada umumnya melakukan hal-hal yang dianggap perlu oleh penerima kuasa.

Surat kuasa ini diberikan dengan hak subsitusi.

Cibinong, 8 Agustus 2016

Yang menerima kuasa,                                       Yang memberi kuasa,

                                                                  materai

(Kusuma Putra, SH)                                         ( Farman Saputra, SH)

Sekian Berikut Adalah Contoh Surat Kuasa dari Advokat, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda yang sedang berkeinginan untuk mengetahuinya. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya di Loker Jakarta Blog. Follow juga Instagram @lokerjakarta.id untuk mendapatkan informasi seputar info lowongan kerja terbaru.

Artikel terbaru

Kategori