7 Cara Mencari Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Passion

7 Cara Mencari Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Passion – Mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan adalah hal yang membingungkan dan penuh kecemasan bagi kebanyakan orang. Banyak yang akan mengatakan kepada Anda untuk “mengikuti hasrat Anda” atau “melakukan apa yang Anda cintai,” tapi faktanya itu bukan saran yang sangat berguna.

Sebagian orang belum memiliki pendirian yang teguh ketika merintis karir. Padahal, sebaiknya Anda bekerja sesuai dengan passion agar nyaman dan menjalaninya dengan maksimal. Masih bingung bagaimana bisa menemukan atau mencari pekerjaan sesuai passion? Ikuti tujuh langkah berikut ini.

Sumber Gambar (www.unsplash.com)

1. Luangkan Waktu Mencari Pekerjaan Sesuai Passion

Bila sudah kerja dan tidak puas dengan profesi saat ini, luangkan waktu beberapa hari untuk mencari pekerjaan yang membuat Anda tertarik. Akan tetapi, kalau Anda belum bekerja, cari pekerjaan yang sesuai dengan minat. Sebaiknya, analisis pilihan karir Anda terlebih dahulu sebelum menjalaninya supaya tidak menyesal di kemudian hari.

2. Pertimbangkan Keinginan & Kecintaan Anda Terhadap Satu Bidang

Saat Anda merencanakan untuk bekerja, pertimbangkanlah banyak faktor, terutama apa yang sebenarnya Anda inginkan dan sukai. Namun, jangan pernah memilih pekerjaan karena terpengaruh orang lain atau hanya ingin cepat dapat penghasilan. Anda perlu menganalisis pekerjaan tersebut serta mencocokkan dengan kemampuan diri sendiri. Bila tidak cocok, jangan paksakan diri bekerja di tempat itu.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

3. Pikirkan Keuntungan untuk Anda

Semua orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Maka dari itu, Anda juga perlu memikirkan keuntungan yang diperoleh. Uang memang penting, tapi bukan segalanya. Ingat, kenyamanan dalam pekerjaan bisa lebih menguntungkan daripada memaksakan diri bekerja dengan penghasilan yang cukup besar. Biasakan diri melakukan sesuatu yang Anda cintai agar karir semakin berkembang.

4. Mulai Mencari Pekerjaan

Langkah terakhir setelah ketiganya terjawab, cari pekerjaan yang Anda cintai, sesuai dengan kemampuan, hingga penghasilan yang ingin diperoleh. Kalau sudah bekerja, Anda tidak harus keluar dari profesi saat ini. Coba tetap fokus untuk mulai mencari pekerjaan agar sesuai dengan passion Anda.

5. Mengetahui Kelebihan dan Kekuatan Diri

Kamu patut mencari tahu kelebihan dan kekuatan apa yang kamu miliki. Jika sudah tahu tentang dua hal tersebut, maka pikirkan mengenai passion dan sambungkan semua hal ini dengan karir yang akan kamu tapaki.

Gambarlah sebuah lingkaran yang menghubungkan antara aktivitas yang disuka, hal-hal yang bisa kamu lakukan dengan baik serta posisi yang diinginkan. Lingkaran ini bisa membantuk dalam menemukan solusi atas kebingungan yang kamu hadapi.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

 

6. Jangan Takut Mengambil Keputusan

Hal yang paling ditakutkan oleh kebanyakan orang dalam hidup ini adalah salah memilih jalan hidup, termasuk pekerjaan. Pengalaman akan menuntun kamu pada sebuah kesuksesan.

Oleh karena itu, jangan takut salah langkah karena pengalaman adalah pelajaran hidup yang paling berharga, sehingga kamu bisa belajar dari kesalahan dan menentukan pekerjaan lain yang terbaik untuk diri kamu. Mungkin kamu berpikir jika pekerjaan saat ini tidak sesuai dengan minat kamu, padahal bisa jadi hal ini akan membawa kamu pada pekerjaan yang disuka.

7. Pikirkan Apa Yang Membuat Kehilangan Arah

Mungkin kamu terpaksa mengambil pekerjaan yang telah kamu lamar meskipun pekerjaan tersebut tidak sesuai dengan bidang yang ditekuni. Jika ingin mencari sebuah pekerjaan baru, maka pikirkan matang-matang mengenai hal apa yang sudah membuat kamu kehilangan arah dalam mengambil pekerjaan sebelumnya.

Pengalaman bekerja yang sudah didapatkan setidaknya bisa menjadi pegangan untuk melamar pekerjaan di bidang yang kamu sukai.

Demikian artikel 7 Cara Mencari Pekerjaan Sesuai Passion. Semoga segera mendapatkan apa yang diinginkan. Tetap semangat dan terus berjuang !

Bagikan :