Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri

Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri

Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri – Tahun baru identik dengan resolusi baru, dimana salah satu resolusi paling umum adalah mendapatkan pekerjaan. Mungkin bagi kalian yang sudah mencoba mencari pekerjaan tetapi belum juga mendapatkan yang cocok, bisa mempertimbangkan untuk membuka usaha sendiri. Bagi para generasi millenial, menjadi pengusaha merupakan profesi yang menjanjikan. Apalagi jika kalian memang lebih suka mengatur pekerjaan sendiri agar lebih fleksibel dengan waktu kalian. Kalian bisa mencoba membuka usaha mulai dari usaha kecil-kecilan. Untuk menjadi pengusaha sukses, tentu tidak mudah dan instan. Jika kalian bingung harus memulai darimana, yuk baca Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri yang bisa kalian lakukan berikut.

1. Rencanakan Usaha Dengan Matang

Setiap pekerjaan yang akan diambil, tentu perlu direncanakan sebelumnya. Begitu juga dengan membuka usaha. Rencana menjadi langkah awal yang paling dasar untuk dikerjakan. Dalam membuat rencana usaha, kalian harus memikirkan matang-matang tentang usaha apa yang akan kalian buat. Mulai dari bidang usaha, produk yang akan menjadi main business kalian, hingga nama dan logo usaha. Pada tahap ini, kalian bisa sharing dengan kawan, kerabat, serta mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya guna mematangkan rencana usaha kalian. Kalian juga harus mempertimbangkan resiko <em?plus-minus dari usaha yang akan kalian mulai. Perencanaan yang matang akan sangat membantu eksekusi agar berjalan baik.

Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri
Ilustrasi Sedang Memikirkan Usaha | Image Source : Pexels.com

2. Buat Kalkulasi Keuangan Untuk Kebutuhan Usaha

Setelah rencana usaha kalian matang, kalian bisa menyempurnakannya dengan membuat perhitungan secara materi alias keuangan. Pada tahap ini kalian bisa memperhitungkan modal yang dibutuhkan, pengeluaran untuk menjalankan usaha, hingga perhitungan untung-rugi dan balik modal. Kalkulasi keuangan yang matang akan membantu kalian menjalankan usaha agar tidak collapse diawal alias bankrut. Umumnya, tahun pertama hingga kedua usaha kalian, kalian belum bisa merasakan keuntungan yang banyak dikarenakan kalian harus balik modal dan mempersiapkan biaya operasional terlebih dahulu. Jika usaha kalian sudah berjalan stabil, barulah keuntungan mulai dirasa. Maka dari itu, kalkulasi keuangan yang baik sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan usaha kalian.

Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri
Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri | Image Source : Pexels.com

3. Ciptakan Keunggulan dan Keistimewaan Dari Usaha Kalian

Banyaknya generasi millenial yang memutuskan untuk menjadi pengusaha membuat persaingan di dunia usaha semakin ketat. Mungkin kalian akan merasa bingung, harus membuat usaha apa agar fresh dan tidak ada saingan dengan produk/usaha serupa. Jika kelamaan berpikir dan bingung membuat eksekusi kalian terhambat, mulailah untuk membuka jenis usaha yang sudah ada namun dengan keunggulan dan keistimewaan yang belum ditawarkan oleh usaha lainnya. Jenis usaha boleh sama, namun bagaimana kalian mengemas dan mengeksekusi tentu akan berbeda. Oleh karena itu, mulailah melakukan observasi pada beberapa usaha yang sudah ada dan ciptakan keunggulan yang istimewa dari usaha kalian yang membedakannya dengan yang lain.

Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri
Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri | Image Source : Pexels.com

4. Konsisten Menjalankan Usaha dan Yakin Terhadap Kemampuan Diri

Nah terakhir tetapi bukan akhir, dalam membuka usaha kalian harus konsisten dan yakin. Kalian harus konsisten untuk terus membuat roda usaha kalian bergerak. Seberapa sulit rintangan yang dihadapi, kalian harus tetap berjuang dan konsisten untuk menjalakan usaha kalian. Yakinlah terhadap kemampuan diri, jangan mudah berkecil hati. Jika kalian sudah yakin dan konsisten untuk terus melangkah maju, maka niscaya usaha kalian akan berhasil! Jangan cepat menyerah dan teruslah lakukan yang terbaik!

Konsisten Menjalankan Usaha dan Yakin Terhadap Kemampuan Diri
Konsisten Menjalankan Usaha dan Yakin Terhadap Kemampuan Diri | Image Source : Pexels.com

Nah itu dia Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri yang bisa kalian lakukan. Dekade sudah berganti, masa masih nganggur-nganggur saja? Ayo mulai menjadi produktif! Ingat, jadilah produktif, bukan sibuk. Mau tau bedanya produktif dengan sibuk? Baca artikel Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif berikut! Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian artikel menarik  tentang Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Jangan lupa simak berbagai artikel menarik lainnya hanya disini.

Bagikan :