Selama Work from Home (WFH), Bagaimana Kamu Tetap Bisa Produktif?

Selama Work from Home (WFH), Bagaimana Kamu Tetap Bisa Produktif? – Hampir semua pekerja kantoran harus dengan cepat mengganti metode kerjanya atau melakukan pekerjaan dari rumah (WFH) karena dampak covid-19 begitu cepat menyebar. Sejak Presiden Joko Widodo menginstruksikan semua masyarakat Indonesia untuk mulai kerja dari rumah, maka salah satu tantangan para pekerja adalah produktifitas yang dituntut untuk tetap konsisten walaupun dikerjakan dari rumah. Setiap orang punya cara sendiri untuk mengatasi kebutuhan tersebut, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan selama bekerja dari rumah.

 

Bangun Pagi & Siapkan Diri Seperti Harus Berangkat ke Kantor

Sumber: Pexels.com

Pastikan kamu punya pola pikir untuk bekerja dengan normal setiap harinya. Bagaimana cara melakukannya, misalnya dengan bangun pagi seperti biasanya, dan mandi pada jam yang normal. Semua harus disiapkan dan jangan berpikiran bahwa bekerja dari rumah, akan membebaskan kamu dari jam kantor dan bisa bangun lebih siang. Dengan bangun sesuai jadwal, maka kamu punya pola pikir bekerja yang normal.

 

Siapkan Meja Kerja yang Nyaman

Sumber: Pexels.com

Rumah memang tidak diatur seperti tempat kerja, yang mungkin barang-barang akan lebih bertumpuk dan berantakan karena bercampur dengan peralatan rumah tangga lainnya. Tetapi untuk membangun mood kerja, siapkan area atau meja kerjamu yang nyaman, seolah seperti di kantor. Untuk sementara, ada baiknya kamu menggunakan meja khusus, dan singkirkan barang-barang yang tidak kamu gunakan selama bekerja. Dengan pengaturan meja kerja yang pas untuk peralatan kerja (laptop, buku catatan, dll), kamu bisa lebih berkonsentrasi. Tapi ada baiknya juga kamu mengatur meja kerja senyaman mungkin, misal dengan menambahkan speaker untuk mendengarkan musik, dan pengharum meja.

 

 

Siapkan To-do List dan Agenda Diskusi Harian dengan Tim

Sumber: Pexels.com

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu harus menghentikan sebagian pekerjaan yang tidak memungkinkan dilakukan tanpa pertemuan. Kamu bisa mengatur agenda diskusi harian dengan tim, misalkan dengan meeting call. Dalam pertemuan tersebut, kamu dan tim bisa tetap menyiapkan target dan to-do list yang harus dikerjakan masing-masing, dan ada waktunya untuk saling update. Di era teknologi saat ini, ada banyak tools yang bisa kamu gunakan, misalkan dengan Microsoft Teams, Zoom Meeting, Webex, dan lainnya. Jika dalam skala kecil, kamu bisa menggunakan fasilitas videocall di WhatsApp maupun Line.

 

 

Tidak Curi Waktu untuk Santai, Tapi ada Waktu untuk Perenggangan

Sumber: Pexels

Memang bekerja dirumah banyak godaannya, termasuk menonton TV atau tiduran. Tetapi untuk tetap konsisten dengan produktivitas kerja, kamu harus tetap bekerja selama jam kerja yang sebenarnya. Jangan mencoba untuk bersantai terlalu lama, karena akan menghambat target kerjamu. Tetapi jangan sampai kamu terlena dengan pekerjaan tanpa memperhatikan fisik kamu, ya! Secara berkala, kamu bisa mengambil waktu 5 menit untuk stretching, agar badan tetap bugar.

Bagikan :