Contoh Surat Keterangan Kerja Mahasiswa untuk Keperluan Kuliah

Cara Cepat Mendapat Pekerjaan Agar Tidak Lama Nganggur

Cara Cepat Mendapat Pekerjaan Agar Tidak Lama Nganggur – Banyak orang yang masih berusaha keras mendapat pekerjaan yang mereka inginkan. Dalam banyak kasus, kemampuan akademis yang tinggi juga seringkali bukan jaminan untuk bisa diterima bekerja.

Orang-orang yang sudah mengirimkan puluhan surat lamaran tetapi tidak kunjung diterima bekerja seringkali menjadi frustrasi dan akhirnya putus asa.

Apakah Anda dipecat, baru saja lulus, atau sudah tidak tahan dengan pekerjaan Anda saat ini tidak ada satupun orang yang ingin hidup tanpa pekerjaan selama berbulan-bulan. Proses mencari pekerjaan mungkin saja menjadi memakan waktu lama dan membuat frustasi jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Mendapatkan pekerjaan untuk zaman sekarang memang terasa sulit bagi sebagian orang. Tidak dipungkiri jika jumlah lapangan pekerjaan lebih sedikit dari para pencari pekerjaan itu sendiri. Sehingga banyak dari kaum muda indonesia yang kini banyak menjadi pengangguran.

Ilustrasi Mendapat Kerja | Sumber Gambar (www.pexels.com)
Ilustrasi Mendapat Kerja | Sumber Gambar (www.pexels.com)

Yang pasti jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan kuncinya tetap lah berusaha dan jangan mudah putus asa. Jika belum diterima di tempat kerja yang Anda inginkan janganlah berputus asa, mungkin belum rezeki dan masih banyak pekerjaan yang lebih baik untuk Anda jika mau berusaha. Untuk itu sambil Anda berdoa juga berusaha, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk cepat mendapatkan pekerjaan.

Cek ulang CV

Sudah berapa puluh lembar kertas Anda habiskan untuk membuat surat lamaran kerja dan cv daftar riwayat hidup? Atau, berapa kali Anda sudah mengirimkan surat elektronik untuk melamar pekerjaan?

Daripada bermuram diri dan meratapi kemalangan, akan lebih baik jika Anda memikirkan hal-hal yang menjadi kekurangan. Coba cermati setiap baris surat lamaran kerja serta riwayat hidup yang telah dibuat. Sambil membacanya, posisikan diri Anda sebagai pihak HRD yang sedang mencari karyawan untuk perusahaan. Bagaimana, apakah berkas yang telah Anda buat cukup menarik? Jika tidak, maka ada yang perlu Anda benahi.

Nah, kamu juga bisa buat CV online lewat aplikasi BikinCV. Caranya mudah, buatnya juga cepat, cuma 5menit langsung download PDF.

Latihan Wawancara

Sesi wawancara kerja adalah saat di mana Anda menjual diri. Untuk itu, katakan bahwa Anda mempunyai kelebihan yang tak dimiliki oleh orang lain, dan yakinkan dengan betul-betul bahwa diri Anda yang selama ini mereka cari. Ingat, bukan saatnya Anda merasa rendah diri. Untuk bisa melewati hal ini, Anda bisa mencoba untuk melatih diri Anda sendiri. Bisa dengan mencoba berbicara di depan kaca, atau membuat daftar mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin keluar ketika wawancara.

Bersifat terbuka

Jika Anda adalah seorang fresh graduate yang baru saja melakukan transisi kehidupan, maka yang terpenting bagi Anda adalah mencari pengalaman terlebih dahulu. Jarang sekali terjadi dalam catatan sejarah, pertama kali kerja,  fresh graduate dapat menempati posisi sebagai seorang manager.

Dengan kata lain, pengalaman adalah harga mati yang harus Anda bayar untuk meraih posisi yang lebih tinggi lagi. Bersifatlah terbuka. Ketimbang menunggu waktu untuk mengejar perusahaan besar ternama, ada baiknya untuk bergabung dengan perusahaan yang sedang berkembang. Kesempatan Anda untuk melibatkan diri dalam perusahaan tersebut akan terbuka lebar. Tentunya, ini bisa Anda jadikan sebagai portofolio jika suatu saat nanti Anda ingin merealisasikan niat untuk bergabung dengan perusahaan besar.

Jadi relawan

Jika Anda termasuk mahasiswa yang semasa kuliah aktif berorganisasi dan mempunyai banyak pengalaman di luar bidang akademis, maka itu adalah fondasi yang menguatkan Anda di dunia kerja. Namun apabila Anda tidak pernah terlibat organisasi seperti itu maka kini saatnya Anda menjajal kegiatan tersebut agar mampu memperindah CV yang dimiliki.

Anda bisa mencoba ikut berbagai kegiatan yang membutuhkan banyak sumber daya relawan. Selain menambah pengalaman dan keahlian baru, kegiatan seperti ini juga dapat memperluas jaringan pertemanan Anda.

Demikian beberapa tips Cara Cepat Mendapat Pekerjaan, dapat anda jadikan referensi dan untuk diterapkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memperoleh suatu pekerjaan.  Jangan lupa juga follow instagram kami di @lokerjakarta.id untuk mendapatkan info terbaru lowongan kerja di jakarta.

Bagikan :