Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar

Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar

Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar – Bukan hal yang awam lagi, dan mungkin sudah sering digunakan. Jika kamu sudah bekerja, tentu kamu pernah menggunakan atau mendengar tentang surat keterangan kerja. Surat ini begitu penting yang digunakan untuk mengurus suatu hal yang bersifat penting.

Pengertian Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja merupakan salah satu surat yang digunakan sebagai pernyataan. Isi surat menjelaskan tentang pernyataan bahwa kita benar-benar mempunyai ikatan pekerjaan pada instansi atau perusahaan tersebut. Selain itu, pada surat juga wajib mencantumkan data diri dan menjelaskan perilaku kita pada perusahaan.

Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar
Ilustrasi Surat Keterangan Kerja | Image Source : Shutterstock.com

Surat ini berfungsi sebagai pernyataan yang menyatakan bahwa kita benar-benar seorang karyawan pada instansi atau perusahaan. Digunakan ketika kita berurusan dengan pihak ketiga atau digunakan saat melalukan hal-hal, seperti pengambilan asuransi, kredit, pinjaman bank, dll.

Isi Surat Keterangan Kerja

  • Kop surat
  • Perihal surat
  • Data diri yang jelas
  • Posisi jabatan terakhir
  • Penilaian atasan
  • Penutup
  • Bagian pengesahan

Jadi, surat ini tidak bisa dibuat dengan sembarangan, harus dibuat sesuai dengan ketentuan pembuatannya. Dalam surat juga harus berisi data yang jelas dan bagian pengesahan sebagai tanda bahwa surat ini merupakan surat yang resmi, serta agar tidak di salah gunakan.

Contoh Surat Keterangan Kerja 

1. Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

Surat satu ini sangat penting saat pengurusan visa. Digunakan agar visa tidak disalah gunakan oleh seorang turis untuk mencari kerja ilegal di Negara tujuan.

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Visa

2. Contoh Surat Keterangan Kerja PNS

Surat satu ini digunakan untuk memberikan informasi dengan jelas tentang masa kerja seseorang di instansi pemerintahan. Selain itu, dipergunakan juga untuk membuktikan bahwa memang benar mempunyai ikatan pekerjaan pada instansi tersebut.

Contoh Surat Keterangan Kerja PNS

3. Surat Keterangan Kerja Perusahaan Untuk Bank

Surat ini juga digunakan saat kamu mengurus sesuatu hal pada bank. Contohnya, saat kamu ingin membuka rekening bank. Surat ini digunakan untuk memberikan keterangan bahwa kamu memiliki ikatan pekerjaan pada instansi atau perusahaan.

Contoh Surat Keterangan Kerja Perusahaan Untuk Bank

Sekian Berikut Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Baik dan Benar. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu untuk mengetahui tentang surat ini. Jangan lupa untuk simak berbagai artikel menarik lainnya hanya di Lokerjakarta Blog

Bagikan :