5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda

5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda Pekerjaan sebagai wirausaha seperti sudah menjadi primadona di kalanganan generasi muda jaman now. Seperti berlomba-lomba, menjadi karyawan tidak lagi diinginkan. Kalau pun masih ada generasi muda yang bercita-cita sebagai karyawan, kebanyakan dari mereka tetap berusaha untuk membuat usaha sampingan alias bisnis kecil-kecilan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini dimana teknologi informasi sangat mendukung kemajuan di dunia bisnis. Bagi anak muda, menjadi wirausaha muda adalah pilihan terbaik jika ingin hidup sejahtera tanpa harus menjadi seorang karyawan. Namun kesuksesan berwirausaha tentu tidak di dapatkan dengan mudah dan instan. Dibutuhkan proses yang cukup panjang dan usaha yang tidak kenal lelah. Bagi kalian yang ingin memulai terjun di dunia wirausaha, yuk simak 5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda yang harus kalian lakukan!

1. Mencoba berkali-berkali.

5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com

Mungkin kalian pernah mendengar kutipan yang mengatakan bahwa “kita tidak pernah tau usaha keberapa yang akan berhasil. Maka dari itu, teruslah mencoba.” Yap, kata-kata itu memang benar. Jika kita hanya mencoba sekali-dua kali, kita belum bisa melihat hasil dari usaha kita. Bagaimanapun juga, namanya kita berusaha memang harus kerja keras dan terus mencoba dan mencoba. Jangan pernah berhenti mencoba membuka usaha hanya karena kegagalan diawal atau penolakan yang tak kunjung henti. Sebagai calon wirausaha sukses, keinginan untuk terus mencoba dan berusaha harus kita miliki sebagai modal awal.

2. Miliki mental baja untuk menghadapi kemungkinan terburuk.

5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com
5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com

Dalam mencoba dan melakukan usaha, tentu tidak menutup kemungkinan kita akan menghadapi masa-masa sulit dan kemungkinan terburuk. Seperti ulasan sebelumnya, kita tidak akan tahu usaha keberapa yang akan berhasil dan berapa kali kita akan menghadapi kegagalan. Namun kegagalan tersebut bukan alasan kalian untuk berhenti berusaha dan mewujudkan impian usaha kalian. Milikilah mental baja alias mental kuat yang siap untuk menghadapi kemungkinan terburuk dimana kalian bisa saja gagal atau kemungkinan terburuk lainnya.

3. Jangan pernah berhenti belajar.

5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com
5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com

Sebagai anak muda, miliki lah semangat belajar untuk terus menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Dalam hidup ini, selain pelajaran yang kalian dapatkan di kelas ketika mengenyam pendidikan, masih banyak pelajaran dalam hidup ini yang akan kalian dapatkan di kehidupan bermasyarakat. Jadi jangan hanya berpuas diri ketika sudah berhasil menamatkan pendidikan dan merasa sudah cukup ilmu. Ketika kita mempelajari hal baru, tanpa kita sadari kita juga akan menemukan kesempatan dan peluang baru dalam membuka usaha. Jadi sebagai anak muda jangan cepat berpuas diri dan teruslah belajar menambah pengetahuan ya!

4. Selalu siapkan rencana cadangan dan tetap optimis.

5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com
5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com

Karena rencana kita tidak selalu berjalan lancar dan mulus, maka kita harus menyiapkan rencana cadangan. Rencana cadangan disiapkan bukan berarti rencana awal sudah pasti tidak akan berhasil. Namun rencana cadangan perlu disiapkan agar ketika menghadapi kemungkinan terburuk pun kalian tetap memiliki langkah-langkah yang akan kalian kerjakan untuk mewujudkan usaha kalian. Dalam menyusun rencana cadangan dan menjalankannya kalian harus tetap optimis. Sikap pesimis dalam hal ini harus diusir jauh-jauh. Sebagai calon wirausaha sukses kalian harus berpikir optimis dan selalu inovativ. Percayalah bahwa tiada usaha yang mengkhianati hasil, maka dari itu tetaplah berusaha dan menjadi optimis.

5. Lebih banyak mendengar daripada berbicara.

5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com
5 Langkah Menjadi Wirausaha Muda | sumber: www.pexels.com

Hal terakhir yang harus kalian jadikan pegangan adalah lebih banyak mendengar daripada berbicara. Karena jika kalian hanya terus berbicara maka kalian hanya mengulang apa yang kalian tau. Kalian hanya akan terus berbicara mengenai hal-hal yang kalian tau terus dan terus secara berulang. Sementara jika kalian mendengar, kalian akan mendapatkan lebih banyak informasi dari lawan bicara kalian. Yang terpenting dari mendengar adalah bukan melihat siapa yang berbicara, tapi mendengar apa yang dibicarakan. Semakin banyak kalian sharing dan mendengarkan pengalaman orang lain, kalian akan mendapat ilmu baru yang sebelumnya tidak kalian ketahui. Jadi jangan bosan mendengar yah! Namun tetap diingat ketika mendengar kalian juga perlu menyaring informasi yang kalian dapat, jangan diterima mentah-mentah.

Jadi bagaimana, sudah siapkah menjadi wirausaha muda yang sukses? Yuk mulai dari usaha yang sederhana dengan menerapkan 5 hal yang sudah dipaparkan diatas! Membuka usaha juga bisa dilakukan sambil berkuliah lho. Selain membuka usaha, kerja sambil kuliah pekerjaan apa yang cocok ya? Yuk simak di artikel “Kerja Sambil Kuliah, Apa Pekerjaan yang Cocok?“. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :