Informasi Seputar SKD CPNS 2019

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 sudah dimulai sejak akhir tahun 2019. Tidak sedikit yang mencoba peruntungannya dengan mendaftarkan diri di seleksi CPNS 2019 ini. Tahap demi tahap pun sudah dilalui. Mulai dari pendaftaran hingga seleksi administrasi dan masa sanggah. Sekarang, seleksi CPNS 2019 sudah memasuki babak Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) baru-baru ini telah merilis Informasi Seputar SKD CPNS 2019. Informasi ini berkaitan dengan kisi-kisi tes pada seleksi kompetensi dasar. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya!

1. Tes Karakteristik Pribadi SKD CPNS 2019

Informasi pertama adalah kisi-kisi Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Dalam tes TKP, kalian akan diberikan 35 soal. Penilaian dari TKP ini meliputi: pelayanan publik, jejaring kerja, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, dan profesionalisme. Dengan informasi kisi-kisi ini, maka kalian dapat dengan mudah menentukan apa saja materi yang perlu kalian pelajari. Jangan sampai terlewatkan mendalami semua point-point penilaian tersebut ya!

Informasi Seputar SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com
Informasi Seputar SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

2. Tes Wawasan Kebangsaan SKD CPNS 2019

Informasi kedua adalah tentang Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK. Pada TWK, kalian akan mendapat 30 soal pilihan ganda. Adapun yang menjadi penilaian dari tes ini meliputi: penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan: nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia. Seperti namanya, TWK lebih berfokus pada pengetahuan dan penguasaan kalian mengenai wawasan kebangsaan. Jadi mulai sekarang kalian bisa memperdalam materi seputaran point-point tersebut baik melalui buku atau artikel lainnya.

3. Tes Intelegensia Umum SKD CPNS 2019

Informasi terakhir seputar SKD adalah Tes Intelegensia Umum atau juga disebut TIU. Tes ini terdiri dari 35 soal. Adapun point-point yang menjadi penilaian dari tes ini adalah: kemampuan verbal, kemampuan numerik dan kemampuan figural. Kemampuan verbal adalah kemampuan peserta tes dalam menguasai analogi, silogisme dan analitis. Kemudian kemampuan numerik adalah kemampuan peserta tes dalam menguasai berhitung, deret angka, perbandingan kuantitatif dan soal cerita. Dan terakhir mengenai kemampuan numerik dan kemampuan figural, peserta tes akan diuji mengenai analogi, ketidaksamaan dan serial. Jadi dalam tes ini kemampuan logika berpikir kalian akan diuji. Maka dari itu, perbanyaklah latihan sejak awal ya!

Informasi Seputar SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com
Informasi Seputar SKD CPNS 2019 | image source: www.pexels.com

Nah itu dia Informasi Seputar SKD CPNS 2019. SKD CPNS 2019 dilaksanakan oleh instansi masing-masing dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sehingga, seluruh peserta ujian harus secara aktif mencari informasi pelaksanaan tes baik lokasi hingga jadwal pelaksanaan. Informasi dapat diakses melalui website resmi instansi yang kalian cari. Jangan sampai kelewatan informasi dan silahkan mempersiapkan diri sebaik mungkin! Nah jika kalian lebih tertarik untuk menjadi pengusaha dibanding mengikuti seleksi CPNS, yuk baca tips Langkah Awal Membuka Usaha Sendiri berikut. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :