Tips Hari Pertama Bekerja Di Tempat Kerja Baru

Tips Hari Pertama Bekerja Di Tempat Kerja Baru – Siapapun pasti pernah merasakan canggungnya hari pertama di kantor baru. Lingkungan baru, ruangan baru, rekan kerja baru, semua serba baru.

Semua orang juga pasti butuh waktu untuk beradaptasi, terutama di kantor baru karena pasti banyak hal yang harus disesuaikan, dari mulai hal besar hingga yang terkecil sekalipun.

Apa yang harus dilakukan saat menjalani hari pertama di kantor baru? Simak tips di bawah ini untuk membuatmu “bersinar” di hari pertama kerja.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

Berinisiatif memperkenalkan diri terlebih dahulu

Jangan malu memulai. Apalagi memang kamu dalam posisi harus mengenal orang lain dan mereka belum mengenalmu. Di manapun, cobalah menyapa semua orang. Di ruangan, di pantry, di toilet, di mana saja.

Mungkin lebih baik untuk memulai dari kelompok terkecil di sekitarmu, seperti rekan satu tim atau satu divisi.

Berkenalan dengan senior

Tidak harus semua, tapi coba cermati beberapa orang yang sudah lama bekerja di kantor itu. Mereka pasti tahu banyak hal dan mungkin bisa membantumu mengenali situasi kantor dan para penghuninya lebih cepat.

Beberapa pengalaman menyatakan bahwa, di antara sekian banyak orang yang masih cuek melihatmu, pasti ada satu atau dua yang menyambut dengan ramah.

Menetapkan ekspektasi

Cobalah untuk langsung menyesuaikan dengan jadwal dan ritme kantor baru. Meski sulit di awal, tapi cobalah untuk mencatat agenda-agenda penting sepanjang minggu, satu bulan atau tiga bulan ke depan.

Kalau kamu ada di posisi managerial, akan penting untuk menetapkan ekpektasi dengan bawahan. Minggu pertama akan sangat menentukan masa depanmu di kantor tersebut. Caramu berkomunikasi dengan tim juga akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi semua.

Mempelajari kebiasaan yang sudah ada

Biasanya, tidak semua anak baru mengetahui banyak hal detail yang menjadi kebiasaan di kantor. Misalnya, di mana letak mesin kopi atau bagaimana pembagian space di kulkas pantry atau siapa office boy yang bertugas di hari apa dan banyak urusan detail lainnya.

Jalan terbaik adalah memerhatikan dengan baik semua hal yang sedang berlangsung dan serap semua aktivitas yang dilakukan.

Lakukan apa yang kamu janjikan

Apapun yang kamu janjikan saat wawancara kerja, mulailah lakukan semua itu di hari pertama kamu bekerja. Jangan menunggu-nunggu dan mengulur waktu. Misalnya, jika kamu berkata bahwa kamu adalah ahli di media sosial, cobalah mulai aktif mendemonstrasikannya.

Cobalah mencatat semua pencapaian, kontribusi dan setiap feedback positif yang kamu dapatkan sejak hari pertama. Itu penting sebagai dokumentasi pribadi dan pasti bermanfaat di masa depan.

Ubah kebiasaan

Membiasakan diri untuk menjadi terorganisir akan bermanfaat sangat baik di masa depan. Pekerjaan kamu juga pasti akan lebih mudah mengerjakan banyak hal. Ini juga adalah momen yang tepat untuk mengubah kebiasaan buruk di masa lalu. Kalau tadinya kamu memiliki manajemen waktu yang buruk, saatnya berubah.

Perbarui jaringan

Saat kamu memulai hari pertama di kantor baru, saatnya juga untuk memperbarui jaringan. Update profil di social media, termasuk LinkedIn dan sampaikan informasi bahwa sekarang kamu bekerja di perusahaan baru.

Informasi ini akan menjadi sangat penting untuk jaringan baru di masa depan dan untuk terus menjalin hubungan dengan jaringan lama. Setiap kali bertemu dan berkenalan dengan orang baru, cobalah untuk terhubung dengan mereka di media sosial juga.

Cari lokasi makan siang

Nah, ini terkesan sepele tapi penting, lho! Makan siang adalah momen yang krusial bagi kamu untuk bersosialisasi. Karena itu, mulailah mencari informasi tentang lokasi makan siang yang oke. Di awal-awal, ikuti saja ke mana orang kebanyakan pergi untuk makan siang. Anggap saja untuk mendekatkan diri dengan banyak orang.

Sumber Gambar (www.pexels.com)

Jika baru pertama kali ke Jakarta dan kamu perlu Info Kost Jakarta atau sedang Cari Apartemen Jakarta, pilihlah yang sesuai dengan budget kamu.

Demikian beberapa tips hari pertama kamu bekerja ditempat kerja yang baru. Ingatlah untuk selalu menjadi dirimu sendiri, bekerja sesuai aturan dan membiasakan diri dengan orang lain, itulah hal utama yang harus kamu jalani. Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Bagikan :