Pendaftaran CPNS 2019 Resmi di Buka, Siapkan Dokumen dan Begini Cara Daftar CPNS 2019

Pendaftaran seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah resmi dibuka , Senin (11/11/2019) Pukul 11.11 WIB. Masih sama dengan pendaftaran tahun-tahun sebelumnya yaitu pendaftaran CPNS dilakukan secara online melalui situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/.

Dalam proses pendaftaran CPNS ini diharapkan para peserta sudah menyiapkan dokumen-dokumen penting dengan lengkap. Pada tahap pertama dari seleksi CPNS 2019 adalah seleksi administrasi. Oleh karena itu, peserta harus benar-benar memastikan dokumen yang dipersyaratkan lengkap sesuai dengan formasi yang akan dilamar.

CPNS 2019 Resmi Dibuka
CPNS 2019 Resmi Dibuka | Sumber Gambar kumparan.com

Dokumen CPNS 2019 yang harus disiapkan

Adapun dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebelum melakukan perdaftaran di portal SSCASN adalah sebagai berikut :

  1. Pas foto berwarna dengan latar merah

  2. Swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun

  3. KTP/Surat Keterangan Kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

  4. Ijazah serta Transkip Nilai

  5. Surat Lamaran

  6. Dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan sesuai dengan instansi yang akan dilamar.

Dokumen-dokumen tersebut pada intinya akan diunggah melalui portal SSCASN. Seleksi pendaftaran CPNS tahun 2019 pelamar dibagi menjadi 2 yaitu pelamar khusus (cumlaude, disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat) dan pelamar umum yaitu pelamar yang tidak termasuk dalam kriteria pelamar khusus. Setelah dokumen-dokumen sudah lengkap selanjutnya adalah mengetahui alur pendaftaran.

Alur Pendaftaran CPNS 2019

  1. pelamar membuat akun pada https://sscasn.bkn.go.id/ dengan cara :

a. Isi Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) kepala keluarga pada Kartu Keluarga (KK);

b. Isi biodata dan kolom lainnya;

c. Unggah pasfoto dengan latar belakang warna merah ukuran 4×6 dalam format JPG;

d. Cetak Kartu Informasi Akun.

  1. Pelamar log in ke https://sscasn.bkn.go.id/ dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan;

  2. Pelamar mengunggah swafoto dengan Kartu Identitas dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya;

  3. Pelamar harus melengkapi data diri;

  4. Pelamar memilih instansi Badan Kepegawaian Negara dilanjutkan dengan memilih jenis formasi, jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, lokasi formasi, dan lokasi tes, serta mengisi data lain yang harus dilengkapi;

  5. pelamar mengunggah dokumen dalam bentuk scan sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.

  6. Pastikan dokumen yang diunggah dapat terbaca. Kesalahan dalam mengunggah dokumen dapat mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi.

  7. Simpan data yang telah dicek pada “form Resume” dan pastikan data tersebut telah terisi dengan lengkap dan benar; dan

  8. Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019 untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan pendaftaran.

CPNS 2019 Resmi Dibuka | Sumber Gambar dream.co.id
CPNS 2019 Resmi Dibuka | Sumber Gambar dream.co.id

Setelah tahap pendaftaran selanjutnya pelamar bisa menunggu hasil dari tahap seleksi administrasi dan pengumuman hasil seleksi diumumkan melalui www.bkn.go.id, https://sscasn.bkn.go.id/, https://twitter.com/BKNgoid, https://facebook.com/BKNgoid dan pada Papan Pengumuman di Kantor Pusat BKN dan Kantor Regional BKN.

Nah informasi diatas semoga bisa membantu para pejuang ASN yahh dan tetap percaya dengan informasi resmi untuk mengurangi adanya penipuan. Selamat Berjuang!

Bagikan :