Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview

Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview

Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview – Saat melakukan interview kerja, tentu kamu akan diberikan beberapa pertanyaan. Salah satu pertanyaan yang umum ditanyakan ialah “Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?”. Pertanyaan tersebut sering lontarkan oleh para perekrut. Meski sering ditanyakan, apakah kamu sudah menjawabnya dengan benar?

Meski terdengar mudah dijawab, pertanyaan ini menjadi penentu apakah kamu diterima atau tidak pada perusahaan tersebut. Maka dari itu, pertanyaan ini haruslah dijawab dengan baik dan benar. Meski mudah, nyatanya masih ada beberapa orang kebingungan dalam menjawabnya.

Pertanyaan ini kerap ditanyakan oleh pihak perekrut, sebab perekrut ingin mengetahui tujuan karier serta kesiamapanmu dalam menghadapi interview. Perekrut ingin mengetahui apakah kamu telah melakukan riset tentang perusahaan atau tidak. Jawaban singkat, padat dan jelas menjadi bukti jika kamu telah melakukan riset yang menadalam tentang perusahaan yang dilamar.

Hal ini akan meyakinkan HRD bahwa kamu merupakan tipe orang yang selalu menyiapkan segala sesuatu dan tipe karyawan cerdas. Pertanyaan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah kamu telah memikirkan kariermu dan apa yang akan kamu cari. Perlu kamu ingat, bahwa perusahaan tidak ingin merekrut orang yang melamar semua pekerjaan yang ada di internet. Mereka ingin menadapatkan orang yang memiliki tujuan dalam karier dan menginginkan pekerjaan yang spesifik.

Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?” 

Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview
Ilustrasi Interview Kerja | Image Source : istockphoto.com

Bagi kamu yang masih kebingungan dengan cara menjawab pertanyaan satu ini saat interview, berikut kami akan berikan tips menjawab dengan benar. Agar kamu dapat menghindari kesalahan-kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang penting tersebut saat interiew.

  1. Fokus dengan keunggulan perusahaan yang berkaitan dengan keunggulanmu

Hindari menjawab karena perusahaan sedang membuka lowongan pekerjaan, sedang membutuhkan pekerjaan atau sedang membutuhkan uang. Jawaban tersebut sangat tidak disarankan, karena tidak akan memuaskan pewawancara meski terdengar jujur. Hal tersebut akan memberikan kesan sangat klisa dan lugu.

Fokuslah untuk memberi jawaban tentang kelebihan yang dimiliki perusahaan tersebut, yang tidak dimiliki oleh perusahaan lainnya. Kemudian, kamu dapat menghubungkan hal tersebut dengan pengalaman atau keterampilan yang kamu miliki. Tentu jawabanmu akan lebih memuaskan pihak perekrut, dan memperbesar peluangmu untuk diterima.

  1. Jelaskan kaitan antara keterampilan yang kamu miliki dengan posisi yang kamu lamar

Pengalaman dan keterampilan kerja akan sangat mempengaruhi proses perekrutan. Jika ingin diterima, sebaiknya sebutkan semua keterampulan dan prestasi yang pernah kamu raih. Kaitkan semuanya dengan posisi yang kamu lamar dengan bahasa yang tenang, tegas dan meyakinkan. Hal ini akan memberikan perekrut ekspektasi yang baik tentang pribadimu.

Jika kamu belum memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa mengaitkannya dengan visi misi perusahaan. Mengaitkan tujuan bergabung dengan visi misi yang diemban oleh perusahaan. Jika ingin menjawab demikian, baiknya pelajari dulu visi misi perusahaan dan susun dengan kalimat yang perusasif.

Gunakan kata-kata yang sopan saat mulai berbicara dengan pewawancara. Usahakan tetap tenang dan jangan terbata-bata saat berbicara. Ketahuilah bahwa perekrut juga akan menilai pribadi kamu saat interview. Jangan sampai perekrut menilai pribadimu mudah gugu-p atau tidak mempersiapkan diri untuk interview dengan baik. Tenangkanlah diri sebelum melakukan interview.

  1. Hubungkan tujuan dengan branding produk

Kamu bisa mengaitkan dengan produk saat menjawab pertanyaan tersebut. Sebaiknya, pahami tentang citra brand produk yang dimiliki perusahaan. Akan lebih baik jika kamu pernah mencoba atau menggunakan produk-produk tersebut. Tunjukan semangat yang tinggi untuk bisa bekerja di tempat yang memiliki hubungan erat dengan kebutuhan hidupmu. Hal ini akan menjadi pertimbangan besar bagi pihak perekrut.

Kesalahan Umum Saat Menjawab “Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?”

Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview
Ilustrasi Interview Kerja | Image Source : istockphoto.com

Setelah mengetahui cara menjawabnya, kini kamu harus mengetahui juga kesalahan yang umum terjadi. Berikut kesalahan umum yang kerap terjadi, agar kamu dapat menghindarinya saat melakukan interview.

  1. Jawaban terlalu umum

Kebanyakan dari pelamar menjawab pertanyaan interview dengan jawaban umum yang berlaku untuk semua perusahaan. Kamu mungkin mengatakan kata-kata manis seperti perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan bagus. Meski demikian, jawaban semacam ini bukanlah hal yang akan diingat perekrut dan mungkin juga dianggap tidak bisa dipercaya.

  1. Terlihat tidak melakukan riset

Seperti yang sudah dibahas di atas, kamu sangat disarankan untuk mengaitkan keunggulan perusahaan dengan keunggulan yang kamu miliki. Jika kamu tidak melakukan riset tentang perusahaan tersebut, kamu akan terlihatkesulitan untuk menemukan keunggulan perusahaan yang dilamar. Hal yang paling merusak peluangmu adalah kamu sama sekali tidak mengatahui sedikitpun tentang perusahaan yang kamu lamar.

  1. Tidak semangat

Hindari sikap yang tidak semangat atau jawaban kurang antusias. Hal ini akan membuat perekrut akan berpikir berulang-ulang apakah kamu benar-benar menginginkan pekerjaan yang tengah dilamar. Hindari jawaban bahwa saat ini perusahaan ini tengah membuka lowongan sehingga kamu melamarnya. Sebaiknya kamu tunjukan antusias / semangatmu dalam melakukan interview.

Contoh Jawaban Yang Baik dan Benar

Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview
Ilustrasi Interview Kerja | Image Source : istockphoto.com

Untuk kamu yang ingin mengatahui jawaban dari pertanyaan “Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?” yang baik dan benar, kami akan berikan beberapa contohnya. Contoh dibawah bisa kamu jadikan refrensi ketika kamu akan melakukan interview kerja.

  1. Menyambungkan visi misi perusahaan dengan pengalaman dan keterampilan

“Saya membaca di situs resmi perusahaan Anda, bahwa perusahaan ini memiliki visi untuk menyediakan produk kecantikan yang aman dan terjamin. Latar belakang pendidikan saya sebagai lulusan teknik kimia tentu akan sangat membantu perusahaan Anda dalam mencapai target produk kecantikan nomor 1 di Indonesia”.

  1. Memanfaatkan peluan dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan

“Perusahaan Anda sedang berencana ekspansi ke pasar luar negeri. Dengan penglaman saya dalam bisang pemasaran serta kemampuan Bahasa Inggris yang baik, saya yakin keterampilan tersebut akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaan”.

  1. Menggunakan sudut pandang pribadi serta pengetahuan tentang produk perusahaan

“Saya adalah seorang fresh graduate. Saya ingin mendapatkan pekerjaan pertama saya dan saya memutuskan untuk bekerja di perusahaan Anda karena saya mempercayai semua produk yang dibuat oleh perusahaan Anda”.

Sekian Cara Menjawab Pertanyaan “Mengapa anda ingin bekerja di Perusahaan kami?” Saat Interview. Jika kamu ingin melakukan interview, ingatlah untuk melakukan riset perusahaan terlebih dahulu. Selain itu, pelajari juga beberapa pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh perekrut. Selain itu, pelajari juga cara menjawab pertanyaan saat interview, agar dapat menjawab dengan baik dan benar.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat membantu kamu yang akan melakukan interview kerja. Pelajari cara menjawab pertanyaan saat interview agar lolos tahap satu ini. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah dalam mencari kerja. Simak juga berbagai artikel menarik lainnya Tips Dunia Kerja hanya di Lokerjakarta Blog.