Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial

Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial

Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial – Di era yang serba digital ini, Media Sosial sudah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Fungsi dari social media ini pun mulai bergeser dari sebuah media komunikasi menjadi sebuah sarana untuk menunjukan eksistensi diri. Menurut data, penggunaan media sosial yang aktif di Indonesia pada Januari 2017 lalu telah mencapai 106 juta jiwa. Angka tersebut merupakan angka yang termasuk tinggi jika dibandingkan dengan pengguna media sosial di negara-negara berkembang lainnya.

Melihat betapa “hype” nya masyarakat Indonesia tentang media sosial ini, terciptalah beberapa keuntungan yang bisa kita manfaatkan. Salah satunya adalah menjadikan media sosial sebagai pundi-pundi uang kita. Ini adalah beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial dan sangat cocok oleh para generasi millenial!

Pekerjaan Cocok Untuk Generasi Milenial

1. Social Media Strategist

Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial
Social Media Strategist | www.pexels.com

Dari angka pengguna Media Sosial yang tinggi di Indonesia membuat beberapa pembisnis serta perusahaan menggunakannya sebagai alat untuk membuat bisnis mereka lebih besar. Bukan hanya perusahaan dalam negeri saja yang melakukan hal ini, perusahaan multinasional dan luar negeri pun sudah menggunakan Media Sosial sebagai alat untuk memperluas jaringannya.

Hal tersebut membuat terciptanya sebuah pekerjaan baru yang bernama Social Media Specialist. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membantu perusahaan untuk membuat strategi pemasaran melalui Media Sosial. Tugas dari Social Media Strategist adalah mengoptimalkan penggunaan media sosial perusahaan agar proses pemasaran hingga promosi dapat berjalan lebih luas.

2. Selebgram

Selebgram
Ilustrasi Seorang Selebgram | www.pexels.com

Untuk kamu yang suka buka Instagram, sudah pasti tidak asing dengan pekerjaan ini. Pekerjaan ini memang baru saja menjadi tren di kalangan anak muda karena terlihat kekinian dan juga menghasilkan. Tetapi untuk menjadi seorang Selebgram tidaklah semudah seperti kelihatannya. Modal utama yang harus dimiliki untuk menjadi Selebgram adalah followers yang banyak serta foto-foto yang menarik. Selain itu, jika akun Instagram kamu sudah diverifikasi, maka semakin besar kesempatan kamu untuk menjadi Selebgram ini.

Penghasilan utama dari seorang Selebgram ini adalah dari Endorsement dan kerjasama yang berhubungan dengan brand-brand terkenal. Seorang Selebgram bisa mendapatkan puluhan juta rupiah hanya dengan meng-upload foto produk. Selain uang, Selebgram juga bisa mendapatkan produk tersebut secara gratis. Menguntungkan sekali bukan?

3. Youtuber atau Vlogger

Youtuber atau Vlogger
Ilustrasi Seorang Youtuber atau Vlogger | www.pexels.com

Beberapa waktu yang lalu, Youtube hanyalah sebuah media yang digunakan untuk melihat video klip dari lagu atau sebuah trailer film saja. Tetapi sekarang ini, Youtube bisa menjadi lahan penghasilan kamu lho!

Bagaimana caranya? Jadilah kreator video youtube atau biasa disebut juga dengan julukan Youtuber. Menjadi seorang Youtuber bukan berarti kamu hanya membutuhkan modal berupa kamera saja. Kamu juga harus memiliki ide-ide yang menarik serta kemampuan untuk mengedit video agar menarik.

Dari segi penghasilan, Youtuber bisa dibilang cukup menjanjikan. Dari satu Video yang ditonton atau dilihat sebanyak 100 ribu kali, kamu bisa mendapatkan 50-100 dolar AS atau setara dengan 1,3 juta rupiah. Bayangkan saja jika kamu meng-upload 2 video dan dalam setiap video kamu ditonton oleh 1 juta kali. Lumayan kan?

4. Blogger

Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial
Ilustrai Seorang Blogger | www.pexels.com

Untuk kamu yang memiliki hobi menulis tetapi tidak ingin menjadi penulis sebuah buku, kamu bisa mencoba untuk menjadi blogger. Untuk menjadi blogger profesional, tentunya kamu perlu beberapa modal terlebih dahulu. Salah satunya adalah memiliki top level domain seperti .com, .co.id dan lain sebagainya. Setelah itu kamu juga harus memiliki tema blog yang sesuai dengan tulisan kamu. Selain itu kamu juga dituntut untuk selalu disiplin dan telaten dalam mengurus blog kamu agar dapat menghasilkan uang.

Penghasilan seorang Blogger biasanya didapat dari Content Parter, Afiliasi dan iklan-iklan yang bisa kamu dapatkan setelah kamu memasang Google Adsense. Untuk meningkatkan kemampuan serta menambah trafik blog kamu, kamu bisa bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang ada.

5. Content Writer

Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial
Ilustrasi Content Writer | Image Source : Unsplash.com

Apakah kamu pernah memperhatikan setiap postingan dari akun brand terkenal atau intansi pemerintah? Tahukah kalian bahwa yang memposting hal tersebut bukanlah brand atau instansi pemerintah itu sendiri. Biasanya mereka bekerjasama dengan seorang Content Writer yang memang memiliki tugas untuk mengisi setiap postingan dalam akun mereka.

Sebagai seorang Content Writer, kamu dituntut untuk selalu memiliki ide-ide yang fresh agar tema dari setiap akun yang kamu kelola dapat terwakili dengan baik. Selain itu, kamu juga harus melakukan riset untuk bahan postingan kamu selanjutnya agar dapat menjadi tren di media sosial.

6. Desainer Grafis

Desain Grafis
Ilustrasi Desain Grafis | www.pexels.com

Tiga elemen penting yang ada di dalam Media sosial adalah Tulisan, gambar dan suara. Tetapi yang paling menonjol untuk saat ini adalah tulisan dan gambar. Hal ini membuka peluang untuk kamu yang memiliki hobi desain untuk menjadi desainer grafis.

Apa itu Desainer Grafis? Desainer Grafis ini ada untuk membuat konten tulisan agar lebih menarik. Kalau kamu pernah melihat sebuah Infografik atau gambar animasi pada sebuah akun brand terkenal, itu adalah hasil karya dari Desainer Grafis. Untuk masalah penghasilan, tentu saja tidak kalah dengan pekerjaan kekinian yang lainnya.

7. Social media Traveler

Social Media Traveler
Ilustrasi Social Media Traveler | www.pexels.com

Pekerjaan ini sangat cocok buat kamu yang hobi jalan-jalan dan selalu update media sosial kamu. Walaupun terlihat santai, tetapi kamu masih tetap perlu modal yang lumayan untuk menjadi Media Social Traveler ini. Kamu harus memiliki alat perekam yang digunakan untuk mengabadikan perjalanan kamu.

Selain itu, kemampuan verbal kamu juga dibutuhkan karena kamu tidak hanya mejelajahi Indonesia saja, tetapi juga di seluruh penjuru dunia. Biasanya kamu akan ditawari kerjasama dengan Hotel, Maskapai Penerbangan hingga agen perjalanan agar kamu memberikan review akan sebuah produk ataupun service mereka.

Untuk kamu yang masih bingung mau mencari pekerjaan seperti apa dan memiliki minat pada 7 pekerjaan kekinian di atas, kamu bisa mencobanya lho! Intinya, lakukanlah semuanya dengan sungguh-sungguh. Karena sesuatu yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pasti tidak akan membuat kamu kecewa.

Sekian artikel Media Sosial, Pekerjaan Kekinian yang Cocok untuk Generasi Millenial ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Jangan lupa untuk simak juga berbagai artikel menarik lainnya hanya disini.

Bagikan :