Contoh CV Mahasiswa Aktif Yang ATS Friendly

Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Template CV Menarik

Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Template CV Menarik – Saat akan melamar kerja, tentunya kamu harsulah menyiapkan surat lamaran kerja beserta Curriculum Vitae atau CV. Kedua dokumen ini sangat penting dan ketika kamu akan melamar pekerjaan. Membuat kedua dokumen inipun tidak bisa kamu buat dengan sembarangan, karena dengan kedua dokumen ini perusahaan akan mengetahui latar belakangmu, seperti pendidikan dan pengalaman.

Karena menjadi sumber informasi, tentu saja kedua dokumen ini haruslah kamu buat dengan baik dan benar serta jelas sehingga dapat dimengerti. Maka dari itu, sangat tidak dianjurkan membuat surat lamaran kerja dan CV dengan sembarangan, karena akan berpengaruh kepada diterima atau tidaknya kamu di perusahaan tersebut.

Meskipun kerap digunakan dan sudah tidak asing lagi, tak menutup kemungkinan bahwa masih ada beberapa orang membuatnya sembarangan. Kurangnya pemahaman tentunya akan membuat si pelamar kerja akan kebingungan saat membuat surat satu ini. Maka dari itu, pentingnya kamu memahami dahulu cara pembuatan kedua dokumen ini agar tidak salah dalam pembuatannya.

Sebenarnya membuat surat ini tidaklah susah, terlebih pada perkembangan teknologi seperti saat ini. tentunya terdapat refrensi surat lamaran kerja dan CV yang baik dan benar. Kini juga suda hadir pembuatan CV online yang dapat memudahkan dan menjadikan CV kamu menarik karena banyak desain template yang dapat kamu gunakan.

BikinCV salah satunya, ialah platform pembuatan CV online yang akan memberikanmu kemudahan dalam membuat CV. Membuatnya mudah dan dapat kamu lakukan dimana saja, terlebih banyak template yang disediakan yang tentunya dapat anda gunakan. Tentunya ini akan memberikanmu kemudahan, yuk buat CV menarik di BikinCV saja.

Untuk anda yang masih kebingungan dalam membuat surat lamaran kerja dan CV yang baik dan benar, berikut kami akan berikan contoh dari kedua dokumen ini. Tapi alangkah baiknya, kamu pahami dulu sedikit tentang kedua dokumen yang penting ini. Yuk simak penjelasannya dibawah ini,

Apa itu Surat Lamaran Kerja dan CV?

Surat lamaran kerja merupakan surat yang dibuat oleh pelamar kerja untuk dikirimkan ke suatu badan usaha/instansi bertujuan agar mendapatkan pekerjaan. Sedangkan Curriculum Vitae (CV) merupakan daftar riwayat hidup yang berisikan perjalanan hidup seseorang dari segi pendidikan dan pengalaman kerja. Kedua dokumen ini memang berkaitan, maka dari itu saat melamar kerja, kedua dokumen ini wajib anda kirim.

Pembuatan surat lamaran kerja dan CV ini tidak bisa dibuat dengan sembarangan karena merupakan dokumen yang bersifat penting. Sangat diwajibkan untuk membuat kedua dokumen ini dengan semenarik mungkin agar HRD/ Pihak perekrut dapat tertarik. Selain itu, pembuatan lamaran kerja dan CV yang baik dan benar serta menarik akan memberikan nilai Plus agar dapat diterima.

Tentunya dalam mebuat CV dan surat lamaran kerja, ada beberapa hal yang wajib untuk kamu perhatikan, seperti berikut :

Hal Penting Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Harus Efektif

Surat lamaran tidak hanya berfungsi sebagai duta bagi si pengirimnya, akan tetapi juga harus dapat menarik perhatian dari calon atasan atau perusahaan. Jika surat lamaran ditulis secara efektif, maka kemungkinan besar anda akan mendapatkan balasan yang cukup baik dari pihak perusahaan.

2. Ketahui siapa pembaca surat lamaran anda

Yang perlu diingat adalah anda menulis surat untuk melamar kerja, bukan sedang menulis surat cinta. Jadi harus tahu dan paham siapa saja yang nantinya akan membaca surat lamaran kerja anda, jadi buat yang paling terbaik dan profesional.

3. Perhatikan susunan isi surat lamaran

Saat menulis surat lamaran kerja, anda harus memperhatikan dengan baik karena surat lamaran yang baik dan benar tidak terlepas dari susunan isi yang saling berkesinambungan.

4. Sesuaikan dengan kualifikasi yang ada

Sebaiknya, anda tidak mencoba-coba untuk mengirim surat lamaran kerja dengan kualifikasi pekerjaan yang tidak terdaftar dalam lowongan pekerjaan yang ada. Maka, anda harus memeriksa kembali apakah kualifikasi pekerjaan yang anda inginkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pihak SDM (sumber daya manusia) dari perusahaan yang anda lamar.

5. Kualifikasi CV ( Curriculum Vitae)

CV yang baik harusnya mempunyai beberapa hal berikut yaitu bersifat objektif, memuat riwayat pengalaman kerja yang anda miliki, membuat riwayat pendidikan anda, memuat keahlian dan kualifikasi anda, serta beberapa data pribadi anda. Lihat Cara Buat CV disini atau Cek Template CV Menarik disini.

Hal Penting Dalam Membuat Curriculum Vitae (CV)

1. Data Pribadi

Data pribadi atau personal information adalah data terutama yang harus ada didalam CV. Dengan adanya data pribadi, perusahaan akan mengetahui calon pekerja yang akan bekerja di perusahaan tersebut.

Didalam data pribadi berisikan nama, tempat tanggal lahir, agama, status, agama, alamat, no.hp dan email. Perhatikan no.hp dan email agar tidak salah, karena HRD akan menghubungi anda melalu no.hp ataupun email yang anda cantumkan. Maka dari itu, perhatikanlah agar tidak salah.

2. Deskripsi Diri

Pada bagian ini, diharapkan untuk mengisi hal yang menarik dan menonjolkan tentan kemampuan yang anda miliki. Ini bertujuan untuk mempromosikan dirimu agar dinilai lebih oleh HRD.

Cantumkan keunggulan yang kamu miliki seperti prestasi yang pernah kamu capai dengan ringkas. Dengan begitu HRD akan mempertimbangkan nilai anda untuk masuk ke tahap berikutnya. Cantumkan kalimat dengan singkat padat dan jelas, tidak bertele-tele.

3. Riwayat Pendidikan

Hal ini sangat wajib dicantumkan harus lengkap mulai dari SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Cantumkan riwayat pendidikan lengkap dengan tahun masuk dan lulus serta mencantukan jurusan serta IPK saat lulus perguruan tinggi. Jika anda mengikuti kursus atau pelatihan, anda bisa mencantumkannya dilengkapi dengan sertifikat sah yang anda dapat.

4. Pengalaman Berorganisasi

Penulisan pengalaman berorganisasi bertujuan untuk memberi tahu tentang keaktifan anda dalam kehidupan bersosialisasi dengan orang sekitar. Sehingga HRD mengetahui anda dapat bekerjasama dengan team atau rekan kerja dalam bekerja saat anda direkrut.

Cantumkan pengalaman berorganisasi mulai dari nama organisasi, jabatan organisasi, tahun masuk dan keluar, dan kegiatan pada organisasi tersebut.

5. Keahlian Akademik dan Non Akademik

Salah satu hal yang penting dan akan mendapatkan nilai plus dari HRD. Ini bertujuan agar HRD mengetahui apakah anda cocok diposisikan pada posisi yang anda lamar. Contoh, jika anda melamar pada teknisi jaringan, maka cantumkanlan sertifikan CISCO dan yang lainnya agar dinilai lebih oleh HRD.

6. Prestasi Yang Anda Capai

Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi yang pernah anda capai. Baik dari akademik maupun non akademik. Jelas dengan singkat, padat dan jelas jenis prestasi apa saja yang pernah anda capai.

7. Pengalaman Kerja

Hal ini sangat penting untuk anda cantumkan. Karena HRD ingin mengetahui pengalaman kerja anda sebelumnya. Ini menjadi salah satu petimbangan yang penting bagi HRD untuk menerima anda dan menjadi nilai plus untuk anda. Maka, jika anda sebelumnya pernah bekerja, cantumkanlah pengalaman anda lengkap berisikan tahun masuk dan keluar.

Hal-hal diatas harus anda perhatikan saat membuat surat lamaran kerja dan CV agar baik dan benar serta menarik. Selanjutnya kami akan memberikan Contoh surat lamaran kerja dan CV yang menarik untuk anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Bandung, 27 Juni 2021

 

Kepada Yth.

PT. Kawan Sakti Nusantara

Bandung

 

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama Lengkap                     : Bagus Harianto Warsana

Tempat & tanggal lahir        : Bandung, 7 Juni 1994

Alamat                                    : Jl. Cinta Bumi No.1, Bandung

No Tlp                                    : 087655898576

Dengan ini mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu Pimpinan PT. Kawan Sakti Nusantara. Untuk dapat diterima menjadi staff karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya lampirkan :

  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Fotocopy SKCK (Surat Keterangan Kelakuan Baik)
  • Fotocopy KTP
  • Pas foto 4×6 (2 lembar)

Demikian surat yang saya buat, besar harapan saya untuk dapat diterima di Perusahaan ini. Atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan berikut, saya ucapkan banyak terimakasih.

 

Hormat Saya,

Ttd

Putu Bagus Arya Ariwangsa, SE

 

Contoh CV Menarik Untuk Malamar Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Template CV Menarik
Contoh Desain CV BikinCV | Image Source : Bikincv.com

Sekian artikel tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Beserta Template CV Menarik. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang kebingungan dalam membuat kedua dokumen ini. Jangan lupa untuk simak artikel menarik lainnya hanya di Loker Jakarta Blog. Serta jangan lupa follow Instagram Loker Jakarta @lokerjakarta.id untuk mengetahui informasi tentang lowongan kerja terbaru.

Bagikan :