Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris – Komunikasi akan menjadi semakin baik ketika kita memiliki pengetahuan terhadap kosakata yang cukup banyak. Kosakata merupakan hal paling dasar dalam berkomunikasi baik dalam bahasa verbal apapun. Terlebih dalam bahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, memiliki kemampuan berbahasa Inggris seperti sudah menjadi syarat utama ketika kita ingin melamar pekerjaan. Meskipun kebanyakan orang memiliki pengetahuan secara teori ataupun grammar bahasa Inggris, akan tidak enjadi maksimal ketika pengetahuan akan kosakata hanya sedikit.

Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris | sumber: www.pexels.com
Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris | sumber: www.pexels.com

Sering kali ketika berbicara ataupun menulis dalam bahasa Inggris kita menghadapi kendala karena tidak tau bahasa Inggrisnya apa dari kata-kata yang akan kita gunakan. Hasilnya? Teori dan grammar yang dikuasai jadi tak berarti. Sebenarnya, memperbanyak kosakata bahasa Inggris itu tidaklah sulit. Berikut adalah Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris yang efektif dan membuat tidak mudah dilupakan lagi!

1. Menggunakan Metode Clustering

Metode Clustering adalah metode dengan cara melakukan pengembangan dari satu kata ke kata lain. Mulailah dengan memilih satu kata apa saja. Kemudian kembangkan dengan mencari kosakata lainnya yang berhubungan dengan kata itu. Misal, kata School. Dari satu kata yaitu school kita dapat mengembangkan ke kata lain yang berkaitan erat dengan kata school (sekolah), seperti Student, teacher, table, book, building, lessons, learn.
Konsistenlah untuk mengembangkan satu kata setiap harinya. Maka dalam satu tahun kamu sudah akan sangat kaya kosakata bahasa Inggris, dengan syarat jangan langsung dilupakan. Agar tidak mudah lupa, setiap ada kata baru, maka buatlah kalimat dengan kata tersebut kemudian ucapkan dan tulis kalimat tersebut, ini akan membantu mengingat kata-kata yang pernah kamu hafalkan.

2. Membiasakan Diri Membaca Artikel Bahasa Inggris

Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris | sumber: www.pexels.com
Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris | sumber: www.pexels.com

Cara ini bener-bener ampuh. Mulailah dari artikel atau bacaan yang ringan yang kamu sukai. Ketika kamu menemukan kosakata yang tidak dimengerti maksudnya, catatlah dan cari terjemahannya. Selain menggunakan kamus, bisa juga menggunakan Google Translate agar lebih praktis. Agar mudah menggunakan Google Translate, pasanglah Extension Google Translate di browser kamu (Google Chrome). Dengan begitu ketika ada kata yang tidak kamu mengerti maka tinggal diblock saja, kemudian secara otomatis akan muncul terjemahannya.

3. Mulai Berani Untuk Menulis!

Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris | sumber: www.pexels.com
Tips Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris | sumber: www.pexels.com

Ini memang sedikit sulit kalau kalian masih awam dengan grammar. Tetapi kalau kalian sudah cukup menguasai grammar dan ingin memperbanyak kosakata bahasa Inggris maka cara ini cukup efektif untuk dilakukan. Ketika kalian menulis sesuatu dengan bahasa Inggris, sangat mungkin kalian akan menuliskan suatu kata yang tidak tau apa bahasa Inggrisnya, nah di sinilah kalian bisa memperbanyak kosakata.
Kalian bisa menulis di word atau media lainnya. Bagi yang suka ngeblog, bisa tulis di blog. Atau di akun sosial media kalian seperti Twitter, caption Instagram, bio Facebook, dan lain-lain. Jangan merasa malu jika nanti ada yang mengomentari atau mengkritik tulisan kalian yang salah. Dalam proses belajar, kesalahan itu wajar. Jadi, terus lah menulis dan perbaiki kesalahannya!

Nah dari ketiga tips tersebut, yang paling penting adalah niat, kerja keras dan pantang menyerah. Mungkin kalian akan menghadapi beberapa kesulitan. Tapi jangan sampai kesulitan tersebut membuat kalian berhenti belajar. Karena proses belajar tidak ada yang instan. Yuk dicoba dari sekarang untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kalian agar lebih siap menghadapi persaingan dunia kerja yang semakin global. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan :