Beberapa Aplikasi ini Penting Selama Work from Home (WFH), Apa Saja?

Beberapa Aplikasi ini Penting Selama Work from Home (WFH), Apa Saja? – Mengingat persebaran covid-19 semakin cepat dan Indonesia tidak bisa memprediksi kapan pandemi ini berakhir, kegiatan bekerja dari rumah atau Work from Home (WFH) juga tetap terus dilakukan. Bagi sebagian orang yang sering bekerja secara remote atau diluar kantor, kegiatan WFH ini tidak menjadi masalah besar. Tetapi ada sebagian orang yang kesulitan menyesuaikan diri, setelah berpindah kerja dari kantor ke rumah. Nah, salah satu yang perlu disiapkan adalah aplikasi yang bisa mendukungmu untuk WFH. Apa saja?

 

 

Aplikasi Pengingat Target & Jadwal

Sumber: Pexels.com

Salah satu godaan WFH adalah waktu kerja yang kurang termonitor. Jangankan untuk memonitor tim kerja, bahkan untuk memonitor target pribadi pun tidak ada. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan sebagai pengingat adalah sebagai berikut:

  1. Calendar dari berbagai macam platform. Calendar dan agenda bisa saling dibagikan ke tim kerjamu
  2. Trello yang merupakan aplikasi task and to-do list, bisa membantumu dan tim kerjamu mengingat langkah dan target kerja masing-masing
    Sumber: Pexels.com

 

 

 

Aplikasi untuk Meeting Virtual

Guna mendukung diskusi jarak jauh selama WFH, kamu dan rekan kerjamu bisa menggunakan aplikasi penting dari beberapa pilihan berikut:

  1. Webex Meeting
  2. Google Hangout Meet
  3. Zoom Meeting
  4. Microsoft Teams dan Skype for Business
  5. Whatsapp Call
  6. Line Video Call

Pastikan aplikasi yang digunakan adalah yang bisa mengakomodasi kebutuhanmu dan tim kerjamu. Misalkan kamu butuh aplikasi meeting virtual yang bisa melakukan video atau voice recording untuk menyimpan hasil diskusi. Aplikasi yang kamu gunakan juga sebaiknya memiliki fitur share-screen dan desktop, atau juga yang sekaligus bisa memberi akses ke participant ke screen atau desktop yang sedang ditunjukkan dalam forum.

 

Aplikasi Pengakses Data Internal

Sumber: Pexels.com

Kamu dan perusahaanmu bisa memberikan akses terbatas untuk semua karyawan yang ingin mengakses data yang tersimpan di server atau bank data internal perusahaan. Perusahaan dapat memberikan akses dengan aplikasi VPN (Virtual Private Network) ke masing-masing karyawan, dengan memperhatikan pembatasan waktu dan jalur pengaksesannya. Dengan VPN, kamu dan karyawan lainnya dapat mengakses data selama WFH tanpa mengalami kesulitan.

 

 

Aplikasi Kolabrasi Data

Sumber: Pexels.com

Pastinya kamu akan sangat mudah untuk berdiskusi dengan tim kerjamu selama WFH jika ada aplikasi kolaborasi data yang real time. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Microsoft Share Point
  2. Microsoft OneDrive
  3. Google Sheets

Beberapa aplikasi diatas memungkinkan kamu dan rekan kerjamu untuk melakukan editing document tanpa harus saling mengirim data melalui email atau media lain. Kamu cukup membagikan file atau folder data tersebut kepada teman kerjamu, dan sewaktu-waktu data tersebut bisa diedit bersama.

Bagikan :