Jadwal Sholat Jakarta Januari 2024

Jadwal Sholat Jakarta Januari 2024

Jadwal Sholat Jakarta Januari 2024 – Jadwal sholat Kota Jakarta dapat menjadi pedoman bagi umat Islam yang berdomisili di Jakarta untuk menunaikan kewajiban sholat lima waktu. Bagi kamu yang seorang muslim diwajibkan untuk sholat subuh, zuhur, asar, maghrib, dan isya pada awal waktu. Selain ibadah sholat wajib, dalam sehari semalam, umat Islam dapat menambah ibadah dengan menunaikan shalat sunnah rawatib. Di antaranya, yang paling utama, adalah sholat qobliyah sebelum subuh dan zuhur, juga sholat ba’diyah setelah zuhur, maghrib, dan isya. Disini terdapat Jadwal Sholat Jakarta yang dapat membantu kamu dalam menentukan pada jam berapa sebaiknya kamu menunaikan kewajiban sholat lima waktu agar tidak terlambat.

Jadwal Sholat di Jakarta Januari 2024

Jadwal Sholat Januari 2024
Jadwal Sholat Januari 2024 – Sumber : jadwalsholat.org

Penentuan Jadwal Waktu Sholat

Penentuan waktu sholat didasarkan pada “Gerak Matahari” yang diamati dari permukaan bumi. seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak kemudahan telah diciptakan untuk membuat segala sesuatu, termasuk ibadah khususnya shalat fardu, lebih praktis. Pada masa lampau, sebelum kaum Muslim menggunakan hisab, perhitungan falak, atau ilmu astronomi, waktu shalat ditetapkan berdasarkan pengamatan langsung terhadap fenomena alam, khususnya pergerakan matahari. Selanjutnya, perkembangan tersebut melibatkan pembuatan Jam Surya atau Jam Matahari, serta Jam Istiwa atau yang sering disebut Tongkat Istiwa dengan menggunakan kaidah bayangan matahari.

Dalam mengerjakan sholat lima waktu, umat Islam mesti memperhatikan waktu adzan. Pasalnya, salah satu keutamaan sholat wajib bukan hanya sekadar dikerjakan tepat waktu, tetapi yang utama adalah pada awal waktu. Rasulullah ﷺ. pernah ditanya tentang amalan yang paling afdhol. Beliau menjawab, “sholat pada awal waktu”.

Dengan mengetahui keutamaan shalat pada awal waktu, penting bagi umat Islam untuk memperhatikan jadwal adzan hari ini di Kota Jakarta. Begitu panggilan untuk sholat berkumandang dari masjid terdekat, bagi umat islam dapat bersegera mengerjakan ibadah fardhu tersebut.

Daftar Masjid yang Ada di Kota Jakarta

Umat Islam, terutama laki-laki, dianjurkan untuk mengerjakan sholat wajib secara berjemaah di masjid. Berikut ini merupakan daftar masjid – masjid yang ada di Jakarta.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal – Sumber : Istock

Masjid Istiqlal adalah sebuah masjid yang terletak di Jakarta, Indonesia. Istiqlal berasal dari bahasa Arab yang berarti “kemerdekaan”. Masjid ini dibangun sebagai simbol kemerdekaan Indonesia dan sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang diperoleh pada tahun 1945. Dibangun pada tahun 1978, Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia dan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Masjid Baitul Ihsan

Masjid Baitul Ihsan
Masjid Baitul Ihsan – Sumber : Pinterest

Pembangunan Masjid Baitul Ihsan dimulai pada bulan November 1999 dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 2001 oleh Gubernur Bank Indonesia pada saat itu, yaitu Syahril Sabirin. Tempat ibadah ini terletak di Jalan Budi Kemuliaan No 23, Jakarta Pusat, memiliki luas yang mencukupi dan dapat menampung ribuan jamaah.

Masjid Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa
Masjid Agung Sunda Kelapa – Sumber : masjid-sundakelapa.id

Masjid Agung Sunda Kelapa dibangun pada 1966 oleh swadaya masyarakat Menteng dan dukungan pemerintah daerah DKI Jakarta pada saat itu, yaitu Gubernur Ali Sadikin. Diresmikan pada 1971 masjid ini diharapkan dapat menjadi tempat warga sekitar melaksanakan ibadah shalat maupun mengikuti kajian-kajian yang diselenggarkan di dalamnya dalam rangka mencerdaskan masyarakat muslim sekitar.

Masjid Al-Ikhlas

Masjid Al-Ikhlas
Masjid Al-Ikhlas – Sumber : paramadharma.co.id

Masjid Al-Ikhlash merupakan sebuah Masjid sederhana yang dibangun di atas lahan fasilitas umum di Perumahan Vila Mutiara Cikarang Blok A, Jakarta. Bangunan Masjid seluas kurang lebih 210 m2 mulai dibangun pada tahun 2003 melalui sumbangan pengembang dan dana swadaya masyarakat. Pada tahun 2018 Masjid Al Ikhlash mengalami renovasi total menjadi dua lantai dengan desain baru yang lebih artistik dan modern.

Masjid Cut Meutia

Masjid Cut Meutia
Masjid Cut Meutia – Sumber : masjidcutmeutia.com

Masjid Cut Meutia merupakan masjid yang terletak di Jalan Cut Meutia Nomor 1 Menteng Jakarta Pusat. Bangunan masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dari zaman penjajahan kolonial Belanda.Masjid Cut Meutia diresmikan pada 18 Agustus 1987.

Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa Jadwal Sholat Jakarta
Masjid Ramlie Musofa – Sumber : Instagram @jktgo

Salah satu Masjid yang indah yang ada di Jakarta, arsitektur masjid ini menyerupai bangunan Taj Mahal yang ada di India. Tempat ibadah ini dibangun pada tahun 2011 dan diresmikan pada tahun 2016.

Nah, sekian artikel tentang Jadwal Sholat Jakarta Januari 2024, simak artikel menarik lainnya selalu di lokerjakarta.id.

Bagikan :