Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Bagikan :

Sebagai seorang “jobseeker” tentu kita akan berharap mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion atau latar belakang pendidikan yang kita miliki, namun untuk mendapatkannya dibutuhkan beberapa strategi agar perusahaan atau instansi yang kita lamar melirik kita. Strategi yang kita gunakan tentu bertujuan untuk dapat dengan maksimal mempromosikan diri baik kemampuan dan kelebihan yang dimiliki agar kemungkinan diterima oleh perusahaan yang kita lamar semakin besar. Salah satu strategi yang perlu diperlu disiapkan matang-matang adalah bagaimana kita membuat Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD.

Membuat Surat Lamaran Kerja | sumber: www.pexels.com

Membuat Surat Lamaran Kerja | sumber: www.pexels.com

 

Sejauh ini tidak banyak para pelamar kerja memperhatikan penulisan surat lamaran kerja yang baik dan disukai HRD, contohnya ialah dari gaya bahasa, susunan penulisan, kelengkapan informasi. Dengan keterbatasan waktu yang dimiliki dalam proses merekrut karyawan, biasanya seorang HRD akan secara cepat melihat data pribadi pelamar, yang pertama dilihat tentu informasi yang ada di surat lamaran kerja. Oleh karena itu penting membuat surat lamaran kerja yang simple dan menarik agar HRD tergugah untuk mengundang kita ke tahap interview.

Untuk memudahkan rekan-rekan dalam membuat surat lamaran, berikut adalah langkah-langkah dan contoh format membuatnya.

Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD | sumber: www.pexels.com

Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD | sumber: www.pexels.com

Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD

Informasi yang harus diisi

  1. Mencantumkan tempat dan tanggal penulisan surat
  2. Menuliskan perihal surat tersebut beserta jumlah lampiran
  3. Menuliskan kepada siapa surat itu ditujukan dengan mencantumkan nama beserta gelar atau jabatan dan alamat lengkap perusahaan.
  4. Menuliskan salam hormat
  5. Menuliskan kata pengantar atau pembukaan yang berisikan informasi dimana kita mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang kita lamar dan dituliskan posisi yang dilamar.
  6. Mencantumkan biodata pribadi yang berisi nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, pendidikan terakhir, alamat, nomer telepon yang dapat dihubungi.
  7. Menuliskan pengalam kerja dan kemampuan yang dimiliki
  8. Menuliskan dokumen apa saja yang dilampirkan sebagai bahan pertimbangan
  9. Penutup yang berisikan ucapan terimakasih.

Setelah mengetahui langkah-langkahnya, sekarang saatnya membuat format surat lamaran kerja seperti dibawah ini :

Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD | sumber: www.pexels.com

Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD

 

Para jobseeker selain mempersiapkan diri dengan matang, berdoa memohon kepada Tuhan agar dimudahkan segala urusan juga menjadi hal yang penting lo, karena restu dariNya akan menuntun kita. Baik demikianlah contoh Surat Lamaran Kerja yang Disukai HRD, semoga bermanfaat untuk rekan-rekan jobseeker sekalian. Baca juga 5 Langkah Untuk Menjadi Wirausaha Muda bagi kalian yang tertarik dengan dunia entrepreneur!

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id