Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif

Bagikan :

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat menuntut orang-orang untuk lebih giat bekerja. Untuk memenuhi kebutuhannya, tidak jarang setiap orang mencari sumber penghasilan lain alias bekerja sampingan. Hal tersebut sering kali membuat mereka merasa kekurangan waktu. Mulai jarang bisa berkumpul bersama keluarga dan teman, jarang liburan, dan jarang menghabiskan waktu di rumah. Apalagi para anak muda fresh graduate yang masih sangat semangat bekerja. Sering kali mereka berpikir bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik agar tidak terbuang sia-sia. Terkadang memanfaatkan waktu ini bisa membuat seseorang terlihat sibuk, atau produktif. Lalu apa bedanya sibuk dengan produktif? Jika kalian ingin mengembangkan diri dan memanfaatkan waktu dengan baik, apakah kalian harus menjadi sibuk atau cukup dengan menjadi produktif? Nah dalam artikel ini akan dibahas mengenai Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif.

Menjadi Orang Sibuk

Jika mendengar kata ‘sibuk’, sering kali yang terbesit di benak kita adalah kondisi dimana seseorang tidak memiliki waktu sama sekali untuk bersantai. Seperti seluruh waktu 24 jam yang tersedia dalam 1 hari dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga tidak ada ruang kosong untuk beristirahat sejenak atau menikmati hidup. Apakah kalian termasuk orang yang sibuk? Menjadi sibuk tidaklah selalu berarti buruk. Ada baiknya jika kalian memiliki kesibukan untuk memanfaatkan waktu luang kalian. Namun, jangan sampai menjadi sibuk tidak karuan. Menjadi sibuk yang harus kalian hindari adalah sibuk tidak karuan tanpa tujuan. Umumnya, orang sibuk cenderung bingung dengan misi dan tujuan hidupnya. Hal ini dikarenakan mereka terlalu mudah mengatakan ‘iya’ pada setiap tawaran yang diterima, hanya karena berpikir agar waktunya tidak terbuang sia-sia. Sering kali orang yang sibuk keliru dalam memanfaatkan waktu, apakah ia melakukan kegiatan yang akan membantu dia mendekatkan diri dengan tujuan dan misi hidupnya, atau justru hanya menambah kegiatan lain yang tidak relevan dengan misinya. Oleh karena itu, jika kalian ingin memanfaatkan waktu dengan baik, jangan hanya sekadar menjadi orang sibuk. Mulailah menimbang kegiatan yang ingin kalian lakukan. Jangan terkecoh oleh anggapan orang agar terlihat sibuk saja. Namun, ukurlah kemampuan dan fokuslah pada satu tujuan yang menjadi misi hidup kalian.

Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif | sumber: www.pexels.com

Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif | sumber: www.pexels.com

Menjadi Orang Produktif

Menjadi produktif adalah keputusan yang bijak jika kalian ingin memanfaatkan waktu dengan baik. Produktif adalah bagaimana kalian mengatur pemanfaatan waktu agar berguna dan menmberi hasil positif untuk kehidupan kalian. Orang produktif cenderung mengambil langkah yang konkret untuk mencapai misi dan tujuan hidupnya. Meskipun menerima banyak tawaran pekerjaan sampingan, aktivitas, atau kegiatan-kegiatan sosial lainnya, mereka yang produktif cenderung memilah-milah mana saja yang harus mereka ‘iyakan’ dan mana yang tidak. Hal ini karena mereka yang produktif memiliki skala prioritas dan planing untuk mencapai target mereka. Sehingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan memberi hasil kerja nyata dan dapat mendukung pencapaian misi dan tujuan hidupnya. Selain itu, orang produktif juga cenderung memikirkan dan mengevaluasi hasil pekerjaan mereka. Hal ini dilakukan untuk mengukur kemampuan yang mereka miliki. Apakah sudah meningkat, atau belum. Jika belum, orang produktif cenderung akan berusaha memperbaiki kekurangan mereka. Sebagai orang produktif, mengukur kemampuan serta memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan baik, dapat membantu kalian mencapai tujuan dengan baik. Maka dari itu, menjadi produktif adalah cara yang terbaik untuk memanfaatkan waktu yang dimiliki.

Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif | sumber: www.pexels.com

Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif | sumber: www.pexels.com

Nah itu dia Perbedaan Orang Sibuk dengan Orang Produktif. Jadi kalian mau menjadi sibuk, atau produktif? Apapun pilihannya, yang terpenting adalah manfaatkan waktu yang kalian miliki dengan baik. Fokus dan terus berjuang juga tidak kalah penting. Semoga artikel ini bermanfaat! Baca juga artikel tentang Tips Menjaga Kesehatan Mata untuk tambahan wawasan seputar kesehatan.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id