Mengenal Profesi Social Media Specialist

Bagikan :

Bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan, mungkin sudah bosan dengan lowongan pekerjaan yang konvensional alias itu-itu saja. Beberapa dari kalian mungkin menginginkan pekerjaan yang berbeda dan mengikuti jaman. Yap, di era digital seperti sekarang ini sangat banyak lowongan pekerjaan baru yang mungkin masih belum familiar di telinga kalian. Terlebih dengan semakin menjamurnya sosial media di kehidupan kita sehari-hari. Ternyata, era digital yang membawa pengaruh pada kehidupan sosial di dunia maya juga membawa pengaruh pada dunia kerja lho! Pada saat ini, pekerjaan yang berhubungan dengan sosial media semakin beragam dan semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun perusahaan yang baru merintis. Salah satu profesi itu adalah Social Media Specialist. Nah apa sih profesi Social Media Specialist itu? Yuk kita simak artikel berikut untuk Mengenal Profesi Social Media Specialist!

1. Tugas dan tanggung jawab Social Media Specialist

Mengenal Profesi Social Media Specialist | sumber: www.pexels.com

Mengenal Profesi Social Media Specialist | sumber: www.pexels.com

Social Media Specialist adalah mereka yang bertugas untuk mengelola akun media sosial perusahaannya. Mengelola disini sangatlah kompleks. Bukan hanya sekedar memposting konten di akun sosial media, tetapi juga melakukan analisa yang berkaitan dengan kebutuhan perusahaan dengan target tertentu. Yang menarik dari analisa yang dilakukan oleh seorang Social Media Specialist adalah mereka melakukan analisa pada kehidupan di dunia maya. Mereka mempunyai tanggung jawab untuk mengevaluasi reaksi audiens di berbagai media sosial, berinteraksi dengan pelanggan, menciptakan dan memperkuat identitas brand, memelihara kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan, mengecek kompetitor, hingga memahami SEO alias search engine optimization. Sederhananya, seorang Social Media Specialist bertanggung jawab dalam memegang kendali atas seluruh isi jejaring sosial sebuah perusahaan.

2. Kemampuan dasar yang harus dimiliki Social Media Specialist

Mengenal Profesi Social Media Specialist | sumber: www.pexels.com

Mengenal Profesi Social Media Specialist | sumber: www.pexels.com

Dengan tugas dan tanggung jawab yang cukup padat, seorang Social Media Specialist harus memiliki beberapa skill yang menjadi modal mereka bertugas. Adapun salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah kecintaan terhadap dunia sosial media. Sebagai Social Media Specialist, yang menjadi sasaran target analisa adalah customer yang ‘tidak terlihat’ tapi ada. Lho? Maksudnya gimana tuh? Sebagaimana yang kita ketahui media sosial yang ada di dunia maya itu sebenarnya sangat kompleks dan mempunyai pola. Media sosial memiliki peran sebagai pendorong kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau memiliki minat memakainya, sampai bisa mengaburkan batas antara media dan audience. Selain itu, media sosial sangat mungkin membuat adanya perbincangan ataupun pemakaian secara dua arah. Banyak media sosial berkembang pesat karena mempunyai suatu kemampuan yang bisa melayani keterhubungan antar pemakainya, melalui suatu fasilitas tautan (link) ke website, sumber informasi dan bagi pemakai lainnnya. Sebagai Social Media Specialist, kemampuan untuk menganalisa hal yang terjadi di sosial media tersebut haruslah dimiliki.  Tidak hanya menganalisa apa yang terjadi, tetapi juga memahami keinginan pasar dengan melihat interaksi yang terjadi di sosial media tersebut.

3. Tantangan yang dihadapi Social Media Specialist

Mengenal Profesi Social Media Specialist | sumber: www.pexels.com

Mengenal Profesi Social Media Specialist | sumber: www.pexels.com

Setiap pekerjaan tentu punya tantangan tersendiri. Begitu pula profesi Social Media Specialist. Sebagai seorang Social Media Specialist salah satu tantangan yang akan dihadapi adalah merawat pelanggan melalui media sosial. Di sosial media, pelanggan dapat dengan mudah menggapai suatu perusahaan. Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, sosial media bisa mengaburkan batas antara media dan audience. Sehingga menjadi tantangan yang cukup berat bagi para Social Media Specialist untuk menjaga kredibilitas perusahaan namun tidak mengesampingkan keinginan dan aspirasi pelanggan.

Nah itu dia sekilas informasi untuk Mengenal Profesi Social Media Specialist. Bagaimana, apakah kalian tertarik untuk terjun dan berkarir sebagai Social Media Specialist? Tidak ada salahnya untuk mencoba hal baru dan menekuni pekerjaan yang menjanjikan satu ini lho! Bagi kalian yang tertarik, selamat mencoba dan semoga berhasil! Baca juga artikel Cara Mengajukan Resign Dengan Baik buat kalian yang ingin resign dan mencoba profesi sebagai Social Media Specialist.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id