Mencari Kerja, Kontrak Kerja Datang Bersamaan ? Tips Memilihnya !

Bagikan :

Di zaman sekarang, mencari kerja tentu bukan perkara mudah. Para pelamar dihadapkan dengan banyaknya kompetior serta minimnya lapangan kerja. Diterima di satu perusahaan saja rasanya sudah senang, bukan? Banyak di antara kamu pasti pernah mengalami tawaran kontrak kerja lebih dari satu sekaligus. Hal ini tentu membuat kamu bingung buat memilih yang mana antara kontrak kerja satu dengan lainnya.

Kamu pasti kesal, ketika mencari kerja kemudian tawaran tersebut datang secara bersamaan. Lama menganggur bingung, mendapatkan tawaran sekaligus tambah bingung. Meskipun di satu sisi turut bangga juga akhirnya mendapatkan kesempatan setelah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun menganggur. Bagaimanakah harus menentukan pilihan? berikut tipsnya.

Sumber Gambar (www.downpict.com)

1. Pertimbangkan Jarak Antara Calon Kantor dan Rumah atau Tempat Tinggal

Ketika mencari kerja, jarak antara rumah dan kantor mungkin jadi pertimbangan paling diperhitungkan selain gaji. Apakah aksesnya sangat mudah dijangkau atau gak. Apalagi bagi kamu yang menggunakan angkutan umum. Ongkos transportasi termasuk penyumbang terbesar ludesnya gaji kita. Mendapatkan pekerjaan yang jaraknya jauh, berarti kita mesti siap buat menghabiskan waktu berjam-jam di jalan dan juga rela keluar ongkos lebih. Kalau jauh tapi bisa satu kali naik angkutan sih gak masalah, tapi kalau harus berpindah-pindah kayaknya repot juga.

Kalau misalnya kamu dihadapkan dengan dua pilihan kontrak kerja yang memiliki tawaran kerja yang sama, gaji yang sama, dan jenjang karier yang sama-sama bagus, maka sudah saatnya kamu pertimbangkan jaraknya. Semakin dekat dan mudah buat dijangkau maka pengeluaran yang kamu keluarkan akan semakin sedikit. Bagi mereka yang transportasinya ditanggung sih gak masalah, tapi kalau yang gak dapat tunjangan transportasi kan lumayan.

Sumber Gambar (www.suara.com)

2. Budaya yang terdapat di dalam Perusahaan

Selama sekitar 8 jam bahkan lebih hari-hari kamu bakal dihabiskan di kantor, jadi pilihlah perusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang nyaman. Kamu bisa menggali informasi tentang budaya ini melalui internet atau bertanya langsung ke karyawan perusahaan.

Ketika mencari kerja, kamu bisa bertanya ketika sesi wawancara, tanyakan langsung ke pewawancara lingkungan kerja di perusahaan tersebut seperti apa. Saat menunggu giliran buat diwawancara, kamu juga bisa melakukan observasi kecil-kecilan tentang bagaimana mereka bergaul, dan bagaimana lingkungan kerjanya. Apakah terlalu ketat atau justru santai.

Nah, semuanya itu sesuaikan dengan keinginan kamu. Pastikan sejak awal bahwa lingkungannya sangat cocok dengan kamu, karena indikator satu ini gak bisa dinegosiasi layaknya gaji. Berdasarkan penelitian, budaya kerja turut andil besar dalam menentukan produktivitas kerja lho!

3. Pertimbangkan Etika

Meski meninggalkan perusahaan padahal belum lama bekerja tidak dilarang, Anda tetap harus berhati-hati. Sebagian perusahaan menetapkan sistem kontrak pada pekerja baru sehingga Anda tidak bisa sembarangan pergi begitu saja. Selain itu, ada kemungkinan Anda dianggap sebagai seorang pekerja yang kurang profesional. Hal ini tentu akan berbahaya terutama jika Anda bekerja di bidang yang komunitasnya sempit, seperti keamanan IT atau fashion. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk menerima tawaran baru, pertimbangkan terlebih dahulu konsekuensi jangka panjangnya.

Sumber Gambar (www.dreamlife.com)

4. Ikuti Kata Hati

Menggunakan intuisi buat kondisi-kondisi bimbang seperti ini gak ada salahnya. Pilihan yang didasari dengan kata hati biasanya lebih melegakan ketimbang mengikuti kata orang-orang.

Kalau misalnya kamu merasa perusahaan A lebih baik ketimbang B, tapi hati kecil kamu lebih condong ke B, ya ambil saja pilihan B. Tapi sebisa mungkin kamu memilih berdasarkan pikiran rasional ya!

Membuat keputusan itu memang bukan perkara mudah, apalagi terkait kontrak kerja. Perlu mempertimbangkan beberapa hal dengan sangat matang. Karena ini urusannya dengan kariermu ke depannya, jadi tidak bisa main-main juga. Kalau kamu main-main dalam mengambil keputusannya maka akan sulit untuk meraih ke kesuksesan di masa depan. Semoga artikel MENCARI KERJA, KONTRAK KERJA DATANG BERSAMAAN ? TIPS MEMILIHNYA ! dapat bermanfaat.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Tips dan Triks

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id