Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi

Bagikan :

Di jaman yang sudah serba canggih seperti sekarang ini, segala sesuatu yang kita lakukan serasa lebih mudah. Seperti salah satunya berkomunikasi. Berkomunikasi baik secara langsung maupun tidak langsung sekarang ini sangat mudah untuk dilakukan. Dengan orang lain yang meskipun jaraknya jauh, dengan penemuan-penemuan teknologi membuat jarak lagi masalah. Namun, tak jarang juga beberapa orang dibuat lupa akan etika-etika dalam berkomunikasi manakala mereka merasa berkomunikasi itu kini sangat mudah untuk dilakukan. Seperti yang sering terjadi adalah melupakan etika komunikasi tidak langsung baik melalui pesan elektronik, Whatsapp, LINE, BBM, dan sejenisnya.

Tentu kalian pernah memulai komunikasi tidak langsung dengan orang lain. Seperti misalnya ingin belanja online lalu menanyakan harga barang, memesan kamar hotel, atau memesan table untuk makan malam. Nah dalam artikel ini akan dibahas hal yang tidak boleh dilupakan dalam berkomunikasi berkaitan dengan etika komunikasi.

 

1. Ucapkan salam

Mengucapkan salam meskipun terkesan sepele tapi merupakan kesan pertama terhadap kita lho. Mengucapkan salam seperti “halo, selamat pagi” atau “halo, selamat sore” adalah hal yang harus diucapkan ketika memulai komunikasi sebelum kalian memperkenalkan diri. Selain merupakan etika dalam berkomunikasi, hal ini juga menimbulkan kesan ramah bagi penerima.

Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi | sumber: pexels.com

Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi | sumber: pexels.com

2. Perkenalkan diri

Setelah mengucapkan salam, baru lah kalian perkenalkan diri kalian. Perkenalkan diri secara jelas seperti nama kalian dan darimana kalian berasal. Apabila kalian menelfon atau mengirim pesan dalam kapasitas kebutuhan kantor, kalian bisa juga melengkapi identitas kalian dengan menyebutkan kantor kalian dan jabatan kalian di kantor tersebut.

Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi | sumber: pexels.com

Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi | sumber: pexels.com

3. Menjelaskan maksud dan tujuan

Setelah mengucapkan salam dan memperkenalkan diri dengan jelas, baru lah kalian menyampaikan masud dan tujuan kalian. Misalnya kalian ingin menanyakan harga suatu produk kepada online shop, kalian bisa menjelaskan dengan detail produk apa yang kalian maksud dan tanyakan harga produk tersebut. Hal ini memudahkan si penerima memahami maksud yang ingin kita sampaikan dan efisien waktu karena tidak bertele-tele alias to the point.

Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi | sumber: pexels.com

Hal yang Tidak Boleh Dilupakan Dalam Berkomunikasi | sumber: pexels.com

4. Ucapkan terima kasih dan salam penutup

Setelah menyampaikan semua maksud dan tujuan, dan mendapat informasi yang jelas, kalian bisa mengakhiri komunikasi dengan mengucapkan terima kasih dan salam penutup. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih ketika kalian telah mendapatkan informasi yang kalian perlukan. Setelah mengucapkan terima kasih barulah ucapkan salam penutup untuk mengakhiri komunikasi.

Nah itulah hal-hal penting yang jangan sampai kalian lupakan ketika berkomunikasi dengan orang lain baik langsung maupun tidak langsung. Secanggih apapun teknologi memudahkan kita berkomunikasi, jangan pernah melupakan etika dalam berkomunikasi yah. Semoga artikel ini bermanfaat. Baca juga Tips Bersaing Secara Sehat Dengan Rekan Kerja untuk kalian yang sedang merasa ada kompetisi dengan teman kerja kalian di kantor.

Bagikan :

Artikel dan Fitur Lainnya

Cari Lowongan

Kategori Loker

Apa itu LokerJakarta.id

LokerJakarta.id adalah situs online yang menyajikan Informasi Lowongan Kerja di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Lowongan BUMN terbaru. Pencari kerja dapat melamar pekerjaan dan Perusahaan dapat memasang Iklan Lowongan Kerja di LokerJakarta.id